Trik Sukses Budidaya Brokoli Subur Makmur

1427 views

Budidaya brokoli memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Hal ini karena selain memiliki rasa yang enak, ternyata brokoli juga bernutrisi tinggi. Bahkan, brokoli juga dipercaya dapat mencegah serta mengobati beberapa macam penyakit. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh kandungan di dalam brokoli diantaranya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan tulang, mencegah penyakit jantung, membantu penglihatan agar lebih tajam. Tidak hanya itu saja, brokoli juga mampu membantu mencegah kanker, mengontrol tekanan darah, memperbaiki kerusakan kulit. Bahkan brokoli membantu melawan depresi, mencegah penyakit kardiovaskular, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan serta menyukseskan diet penurunan berat badan. Dengan manfaat yang banyak didapat dari brokoli tersebut, membuat brokoli semakin diidolakan.

trik-sukses-budidaya-brokoli-subur-makmur

Brokoli bahkan tidak pernah kehilangan pangsa pasar. Terlebih lagi kebutuhan akan brokoli dari tahun ke tahun semakin meningkat. Sehingga cukup pantas jika bisnis budidaya brokoli menjadi salah satu alternatif yang pantas untuk dilirik. Apalagi untuk membudidayakan sayuran brokoli ini pun terbilang cukup mudah. Sejak pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1970, brokoli telah sangat digemari oleh banyak masyarakat. Selain rasa dan kandungan vitamin yang dimiliki brokoli, tanaman ini juga sangat mudah ditumbuhkan di Indonesia. Tanaman brokoli itu sendiri sangat mudah tumbuh pada lahan perkebunan dengan paparan atau intensitas sinar matahari yang baik. Sayuran brokoli penuh dengan nutrisi ini akan lebih mudah tumbuh dengan baik pada tanah yang subur.

Jika anda memiliki lahan yang memenuhi kriteria tersebut di atas, maka anda sudah dapat memulai menanam atau budidaya tanaman brokoli sekarang juga. Beberapa khasiat brokoli lainnya yaitu dapat meningkatkan produksi kandungan protein di dalam tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam tanaman brokoli tersebut juga dapat membantu melindungi kesehatan jantung kita dari sel-sel yang bersifat merusak. Jika anda mengkonsumsi brokoli secara rutin juga dapat menurunkan resiko timbulnya stroke, kanker, anemia, serangan jantung, serta penyakit katarak. Untuk itu, simak saja trik sukses budidaya brokoli subur berikut ini.

Trik Ampuh Budidaya Brokoli

Lahan

Lahan yang akan digunakan sebagai budidaya tanaman sayuran brokoli terlebih dahulu dibersihkan dari sisa-sisa akar tanaman sebelumnya. Tanah yang sudah bersih tersebut selanjutnya digemburkan dengan cara dibajak atau dicangkul. Setelah itu, dibuat guludan-guludan (tumpukan tanah yang memanjang) selebar hingga 100 cm di atas lahan sebagai media penanaman brokoli. Tinggi ideal guludan-guludan tersebut adalah sekitar 35 cm dengan jarak antar guludan sekitar 40 cm. Bagi anda yang ingin melakukan budidaya brokoli sangat disarankan PH tanah diatas 5,5. Selain itu, jika lebih rendah sebaiknya dilakukan pengapuran tanah. Lahan yang telah siap tersebut kemudian diberi pupuk kandang dengan jumlah secukupnya sesuai dengan luas lahan. Hal ini mengandung maksud agar tanah menjadi lebih subur sehingga tanaman brokoli dapat memberi hasil yang maksimal. Setelah lahan selesai dipersiapkan, anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

Pembenihan

Dalam melakukan budidaya brokoli, benih terlebih dahulu harus disterilisasi. Dengan cara direndam ke dalam air panas bersuhu 550C selama 15 – 30 menit. Atau bisa juga dengan merendam benih ke dalam larutan fungisida dengan dosis sesuai anjuran. Benih yang sudah disterilisasi selanjutnya diseleksi dengan cara merendam biji benih ke dalam air. Biji benih yang baik, akan tenggelam sementara yang jelek akan mengapung atau melayang di dalam air. Benih brokoli yang baik tersebut kemudian direndam selama kurang lebih 12 jam. Atau bisa sampai benih terlihat pecah, dengan tujuan agar benih cepat berkecambah.

trik-sukses-budidaya-brokoli-subur-makmur

Dalam menyemaikan benih-benih brokoli tersebut dengan dua cara. Yang pertama yaitu dengan menebarnya ke atas lahan dan yang kedua yaitu dengan menanamnya di plastik-plastik polybag. Untuk menjaga kelembaban udara agar benih segera tumbuh menjadi kecambah, kita bisa menutupi benih-benih yang sedang disemaikan dengan daun-daun pisang. Kemudian setelah kecambah tumbuh dan memiliki daun sekitar 3 atau 4 helai daun maka penanaman pun siap untuk dilakukan. Biasanya benih-benih akan siap di tanam di atas lahan setelah penyemaian selama 1 bulan.

Persemaian

Tempat persemaian benih budidaya brokoli dilakukan di bedengan. Sebelum dibuat bedengan, tanah terlebih dahulu dicangkul dengan kedalaman 30 cm. Setelah itu dibuat bedengan atau guludan dengan lebar 110 – 120 cm, dan panjang sesuai dengan kebutuhan. Penyemaian dilakukan dengan dua cara, pertama disebar diatas bedengan dan kedua dengan memakai plastik polibag. Media semai yang digunakan adalah campuran tanah halus dan ayakan pupuk kandang matang dengan perbandingan 1 : 2 atau 1 : 1. Setelah media semai budidaya brokoli siap, masukkan benih satu persatu ke dalam plastik polibag yang telah diisi media tanam sedalam 0,2 – 1,0 cm dan tutup tipis dengan tanah atau pupuk kandang matang. Siramlah benih tersebut pada pagi dan sore, serta tutuplah dengan daun pisang untuk menjaga kelembaban agar kecambah cepat tumbuh. Begitu tumbuh kecambah, daun pisang dapat dibuang.

Penanaman

Penanaman bibit brokoli dilakukan dengan memindahkan bibit-bibit yang siap tanam ke atas guludan-guludan yang telah dipersiapkan. Teknik penanaman diatur dengan jarak tanam sekitar 50 cm x 50 cm di atas guludan. Cara menanam bibit-bibit tanaman sayuran brokoli tersebut dengan memasukkan bagian akar ke dalam tanah guludan secara hati-hati agar akar maupun daun tidak sampai rusak.

Perawatan

Tahap pemeliharaan brokoli terdiri atas beberapa bagian, diantaranya adalah penyulaman. Penyulaman bertujuan untuk mengganti tanaman yang rusak atau mati. Tahap penyulaman hanya dapat dilakukan sebelum tanaman berumur dua minggu. Perempelan atau pemangkasan brokoli. Lakukan perempelan cabang seawal mungkin agar ukuran dan kualitas masa bunga yang terbentuk dapat lebih optimal. Setelah terbentuk masa bunga, ikatlah daun-daun tua sedemikian rupa, sehingga masa bunga dapat ternaungi matahari. Penutupan berfungsi untuk mempertahankan warna bunga agar tetap putih. Dengan cara ini, brokoli yang anda lakukan akan berhasil. Sebagai petani yang baik, anda harus berhati-hati dan teliti dalam melakukan budidaya brokoli.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Untuk mengendalikan hama dan penyakit dalam brokoli dapat dilakukan dengan pemakaian benih yang bebas penyakit. Banyak cara yang dilakukan, diantaranya yakni dengan merendam benih ke dalam air panas bersuhu 500 C. Selain itu, cara lainnya yakni direndam ke dalam fungisida atau bakterisida selama 15 menit. Pengendalian hama brokoli juga bisa dilakukan lewat rotasi tanaman, sanitasi kebun, menanam kultivar /varietas yang tahan penyakit. Anda juga bisa melakukan sterilisasi media semai, menghidari tanaman dari kerusakan mekanis atau gigitan serangga. Bahkan mencabut tanaman yang terserang penyakit, serta pengapuran pada tanah masam. Sedangkan untuk mencegah serangan hama penyakit, anda bisa lakukan penyemprotan pestisida meskipun belum ada gejala serangan hama. Penyemprotan tersebut dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Penyiangan

Penyiangan tanaman sayuran brokoli pertama dilakukan pada 7 hingga 10 hari setelah tanam. Teknik penyiangan tanaman sayuran brokoli tersebut bersamaan dengan penggemburan tanah serta pemupukan. Penyiangan tanaman sayuran brokoli kedua dilakukan pada 20 hari setelah tanam, dan penyiangan ketiga pada 30 -35 hari setelah masa tanam. Ketika melakukan penyiangan dan penggemburan, harus dilakukan dengan hati – hati dan jangan terlalu dalam supaya akar tidak rusak Penyiangan baru dihentikan pada masa akhir pertumbuhan vegetatif (memasuki masa pembungaan). Cara ini juga bisa diterapkan pada budidaya brokoli dalam polybag, budidaya brokoli dataran rendah, budidaya brokoli organik, budidaya brokoli hidroponik, dan bahkan budidaya brokoli kuning.

Pemupukan Tambahan

Pada umur satu minggu, tiga minggu, dan lima minggu setelah tanam, pupuk susulan diberikan di sekeliling tanaman sejauh 10 hingga 15 cm dari batang tanaman sayuran brokoli. Dosis pemupukan tersebut adalah sebagai berikut. 1 minggu setelah tanam Urea / ZA 44 kg + TSP 93 kg + KCL 45 kg. 3 minggu setelah tanam Urea / ZA 44 kg + TSP 93 kg + KCL 45 kg. 5 minggu setelah tanam Urea / ZA 44 kg + TSP 93 kg + KCL 45 kg. Dosis tersebut di atas dipakai untuk setiap satu hektar lahan. Dengan pemupukan tambahan ini, tanaman sayuran brokoli akan terpenuhi semua nutrisi yang diperlukannya. Dengan begitu tanaman sayuran brokoli akan tumbuh dengan subur.

Panen

Pada fase pertumbuhan tanaman sayuran brokoli awal atau masa pembentukan bunga, kondisi tanah harus senantiasa dijaga agar tetap dalam keadaan basah. Untuk itu lakukan penyiraman tanaman sayuran brokoli seminggu 2 hingga 4 kali. Pada saat masa bunga tanaman sayuran brokoli mencapai ukuran maksimal. Atau ketika tanaman brokoli telah berumur 55 hingga 100 hari. Hal ini tergantung varietas / kultivar tanaman, barulah brokoli bisa dipanen. Brokoli yang sudah dipanen selanjutnya diletakkan di tempat yang teduh sebelum dilakukan proses penyortiran. Sortir dilakukan berdasarkan diameter kepala bunga yang terbagi 4 kelas yaitu 30 cm, 25 hingga 30 cm, 20 hingga 25, dan 15 hingga 20 cm. Untuk penyimpanan tanaman sayuran brokoli, sebaiknya diletakkan di ruang gelap pada temperature 200 C, dengan kelembaban 75 -85 %. Atau bahkan juga bisa di dalam kamar dingin dengan temperatur 4,40 C dengan kelembaban 85 -95 %.

Khasiat Brokoli Bagi Kesehatan

Brokoli (Brassica Oleracea) merupakan tanaman yang sudah sangat terkenal diseluruh dunia. Bahkan sejak ribuan tahun lalu, tanaman sayuran brokoli sudah dibudidayakan dan digunakan sebagai salah satu olahan makanan yang kaya akan gizi. Hampir seluruh kebutuhan akan asupan gizi ada di tanaman sayuran brokoli ini. Tanaman sayuran brokoli memang sekilas mengingatkan kita terhadap bunga kol atau kubis yang memiliki bentuk serupa. Di Yunani, tanaman sayuran brokoli menjadi sajian utama dan olahan makanan sehari-hari. Bahkan tanaman sayuran brokoli tersebut menjadi menu utama bagi para bangsawan karena harganya yang mahal.

trik-sukses-budidaya-brokoli-subur-makmur

1. Kesehatan Kulit

Brokoli mampu membuat kulit tampak sehat dan cantik. Dalam tanaman sayuran brokoli terdapat senyawa glucoraphanin. Senyawa dalam tanaman sayuran brokoli tersebut dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan. Selain itu, dapat membantu untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan membuat kulit yang sehat dan bercahaya. Secara umum, mengkonsumsi tanaman sayuran brokoli sangat baik untuk proses doteksifikasi kulit. Vitamin C, beta-karoten dan vitamin B kompleks hadir di sayuran ini. Vitamin E di dalam brokoli sangat bagus untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati.

2. Mencegah Depresi

Brokoli memang kaya akan khasiat. Salah satunya ialah tanaman sayuran brokoli mampu mencegah depresi. Seseorang yang kekurangan asam folat di dalam tubuhnya cenderung mengalami suasana hati yang tidak stabil. Mudah mengalami depresi, kelelahan, daya ingat yang buruk, bahkan lebih serius seperti skizofrenia. Tanaman sayuran brokoli memiliki kandungan asam folat dan vitamin B cukup tinggi sehingga bisa memperbaiki suasana hati dan mencegah depresi. Sebagai super food, sudah barang tentu tanaman sayuran brokoli ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Biasanya, brokoli dikonsumsi dengan cara dimasak sebagai tumis. Namun banyak orang yang lebih memilih mengukus brokoli tersebut untuk mendapat khasiat tinggi di dalamnya.

3. Mencegah Kanker

Para ilmuan menyatakan bahwa tanaman sayuran brokoli memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah perkembangan sel kanker seperti kanker payudara, kandung kemih, usus besar, dan kanker ovarium. Hal ini berkat kandungan fitokimia yang bernama indole dan isothiocyanate. Inilah yang disebut-sebut sebagai manfaat tanaman sayuran brokoli yang paling besar. Beberapa penelitian menemukan tanaman sayuran brokoli mengandung senyawa anti kanker dan dapat mencegah asma serta gangguan pernapasan lainnya. Zat gizi yang terkandung dalam brokoli diantaranya serat, antioksidan, vitamin A, B, C, K, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih sehat, banyak orang memasak brokoli hanya dengan dikukus saja dan dijadikan sebagai lalapan. Bahkan, sekarang ini cukup populer jus brokoli.

4. Diet Sehat Penurun Berat Badan

Sayuran yang kaya akan serat seperti tanaman sayuran brokoli sangat mendukung program diet penurunan berat badan anda. Kandungan serat tanaman sayuran brokoli yang tinggi dapat membuat perut kenyang lebih lama. Sayuran berwarna hijau ini juga mengandung vitamin serta mineral, dan rendah kalori juga lemak. Kandungan serat yang tinggi dalam tanaman sayuran brokoli ini pun juga mampu menjaga pencernaan agar berfungsi dengan baik, mencegah penyakit seperti sembelit atau konstipasi. Antioksidan tanaman sayuran brokoli merupakan detoks alami yang membersihkan saluran pencernaan seperti lambung dan usus dari racun.

5. Sistem Kekebalan Tubuh

Sayuran brokoli telah sejak lama dikenal sebagai super food alias makanan super. Istilah super food untuk brokoli ini merujuk pada makanan yang mengandung banyak nutrisi sehingga bermanfaat untuk kesehatan. Tanaman sayuran brokoli merupakan sayuran dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Dimana kedua zat tanaman sayuran brokoli tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, bakteri dan virus. Terlebih lagi, tanaman sayuran brokoli juga mengandung fitonutrien dan fitokimia, termasuk sulforaphane, yang membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta memperkuat ketahanan fisik terhadap flu. Untuk itu, jangan ragu mengonsumsi tanaman sayuran brokoli tersebut.

6. Pencegah Penyakit Jantung

Manfaat sayuran brokoli selanjutnya ialah kemampuannya dalam mengatasi serta mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan momok menakutkan bagi manusia yang hidup di zaman moderen. Namun, penelitian dari Institute for Food Research di Norwich, Inggris berhasil menyilangkan brokoli yang mengandung glucoraphanin hingga 2 sampai 3 kali jumlah normal. Dan itu merupakan senyawa yang diyakini dapat membantu mencegah penyakit jantung. Tidak hanya itu saja, kandungan lutein dan vitamin A yang ada dalam brokoli membuat sayuran ini memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan mata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar lutein yang tinggi dapat mencegah penurunan fungsi mata seperti katarak dan makula. Sementara vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan retina.

Itulah ulasan terupdate mengenai trik sukses budidaya brokoli subur makmur selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat. Terlebih lagi dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar trik budidaya tanaman terbaru maupun terpopuler.