Tips Mencangkok atau Stek Tanaman dengan Baik dan Benar

Kebun.net – Salah satu usaha yang biasa digunakan dalam pembudidayaan tanaman baik itu langka atau tidak adalah mencangkok atau stek. Biasanya, alasan kebanyakan orang mencangkok atau stek tanaman adalah tidak ingin menunggu terlalu lama untuk panen dan juga ingin mendapatkan hasil panen yang maksimal. Untuk lebih jauh soal mencangkok atau stek, mari kita bahas satu-satu.

A. Mencangkok

Umumnya, mencangkok merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan akar ada ranting ataupun cabang dari suatu tumbuhan. Proses mencangkok biasanya dimulai dengan mengerat kulit batang pada cabang tumbuhan, kemudian dibuang floemnya, sedangkan untuk bagian kayu akan tetap dibiarkan untuk membantuk pengaliran air beserta zat-zat mineral dari akar menuju daun. Namun ketika terjadi proses pencangkokan, biasanya zat-zat akan tidak akan dapat diangkut menuju ke bagian tubuh tumbuhan lainnya akibat kulit pada cabang tumbuhan itu telah dikerat. Selanjutnya, akan terjadi yang namanya proses penumpukan bahan makanan tepat dibagian yang dikerat tadi. Nah, dari situlah kemudian tumbuh sebuah akar tanaman baru.

Untuk lebih detail mengenai proses mencangkok, berikut ini akan tips buat kamu untuk melakukan proses mencangkok yang baik dan benar. Bagaimanakahh caranya? Simak ulasan berikut ini!

Tips mencangkok dengan baik dan benar

Berikut ini adalah cara mencangkok tanaman dengan baik dan benar :

  • Langkah pertama yaitu dimulai dengan memilih dahan yang memiliki garis tengah sekitar 2-5 cm.
  • Selanjutnya, mengupas kulit luarnya selebar 10cm di atas pangkalnya. Berarti, panjang pengupasannya adalah sekitar 10cm.
  • Setelah selesai mengelupas, lalu membersihkan kambium dengan cara melakukan pengorekan pada bagian lendir yang terdapat pada permukaan kayu untuk mebuat bagian kayu tumbuhan tersebut tidak licin lagi.
  • Berikutnya adalah menutup bagian kayu tumbuhan tersebut dengan menggunakan tanah dari kebun dan diselubungi menggunakan sabut kelapa atau ijuk. Namun kamu juga bisa mengguanakan alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan tumbuhan lumut yang sudah dikeringkan dan juga direndam dengan menggunakan air.
  • Terakhir, ingatlah untuk membasahi tanah beserta selubung tersebut rutin setiap hari untuk membuat tetap lembat dan juga basah. Bagian luar selubung, ada baiknya ditutup dengan menggunakan plastik untuk mencegah terjadinya penguapan dan usahakan air agar tidak terlalu menggenang hingga menyebabkan tumbuhan jadi membusuk.

 

B. Stek

Stek merupakan salah satu teknik pembudidayaan tanaman yang paling mudah untuk dilakukan.  Ada setidaknya dua  jenis stek yang harus kamu tahu, diantaranya yaitu stek batang, stek daun. Untuk tumbuhan bunga violet, biasa distek dengan menggunakan stek tangkai daun serta helaiannya. Sedangkan untuk tumbuhan seperti begonia dan juga lidah mertua, biasanya dilakukan stek daun. Stek batang biasanya diterapkan pada jenis-jenis bunga seperti bunga kamboja Jepang, bugenfil, ketela pohon dan juga bunga sepatu. Dan terakhir untuk stek pucuk, biasanya digunakan untuk menyetek tanaman seperti teh.

Untuk lebih detail mengenai proses stek, berikut ini akan tips buat kamu untuk melakukan proses stek yang baik dan benar. Bagaimanakahh caranya? Simak ulasan berikut ini!

Baca juga:
Cara Mencangkok Pohon Jambu Air Yang Benar dan Cepat
Tips Budidaya Delima Merah Agar Berbuah Lebat
Cara Bercocok Tanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah
Bibit Buah Naga Super Red Hybrid Varietas

Tips Menyetek dengan baik dan benar

Berikut ini merupakan proses stek pada umumnya yang biasa dilakukan pada tanaman, yaitu :

  • Langkah pertama yaitu, melakukan pemotongan pada bagian tanaman yang memang ingin kamu stek dan disesuaikan dengan jenis tanaman, seperti tangkai, batang, akar, pucuk dan lain sebagainya.
  • Setelah proses pemotongan selesai, maka kemudian hasil pemotongan tersebut ditancap dalam tanah, tetapi ada juga yang biasanya hanya cukup diletakkan di atas tanah saja. Sedangkan untuk beberapa permasalahan, hasil pemotongan bagian tanaman tersebut ada yang terlebih dulu dimasukkan dalam air sambil menunggu akarnya tumbu.

Bagaimana? Apa kamu masih bingung mau mencangkok atau stek? Tenang saja, baik mencangkok atau stek sebenarnya tidak ada bedanya, karena ya pada akhirnya tujuannya juga untuk mendapatkan tanaman dalam waktu dekat. Hanya saja, teknik pelaksanaannya berbeda dan harus penuh hati-hati agar mendapatkan hasil yang maksimal.