Tips Menanam Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat

1496 views

Kacang panjang merupakan jenis buah yang merupakan salah satu dari jenis sayuran yang mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. Selain rasanya yang manis dan gurih, Sayuran jenis ini biasanya di gunakan sebagai sayur tumis dan juga dapat di gunakan sebagai lalapan. Golongan tanaman ini seringkali dimanfaatkan para petani untuk memulihkan kandungan nitrogen tanah dengan cara menjadikannya tanaman sela. Namun, disamping fungsinya sebagai tanaman sela, bercocok tanam kacang panjang juga berpotensi dari sisi ekonomi.

Tips Menanam Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat

Kacang panjang tumbuh menjalar serta melilit tiang junjungnya.  Sebab itu hal penting dalam bertanam kacang panjang adalah menyiapkan junjung. Apalagi kacang panjang memiliki kemampuan adaptasi terhadap iklim yang baik, sehingga dapat ditanam sepanjang musim. Banyak orang yang setiap hari mengkonsumsi kacang panjang sebagai sayuran. Jadi bagi orang yang ingin bercocok tanam tanaman kacang panjang ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.

Karakteristik Kacang Panjang

Sayuran berbentuk panjang ini, menyukai udara yang panas, karena itu, pertumbuhannya akan lebih optimal jika berada di rentang suhu 15-24oC dan curah hujan 600-1500 mm per tahun. Kacang panjang juga sangat menyukai tipe tanah dengan drainase yang baik, gembur, serta terkena sinar matahari secara langsung. Kacang panjang sama seperti halnya tanaman palawija lainnya, mudah ditanam dan gampang perawatannya. Tetapi bukan berarti boleh dibiarkan tumbuh begitu saja. Karena untuk bisa memperoleh hasil yang maksimal, ada langkah-langkah yang mesti dilakukan.

Lahan yang cocok untuk menanam tanaman kacang panjang ini adalah sawah berpengairan teknis dengan ketinggian tempat sekitar 600m dpl, suhu 25-35 0C, Ph tanah 5,5-6,5 dengan struktur tanah yang gembur dan kaya bahan organik. Musim yang tepat untuk budidaya kacang panjang pada musim kemarau (MK). Iklimnya kering, curah hujan antara 600-1.500 mm/tahun. Lain halnya dengan budidaya tanaman buah delima.

Penanaman Tanaman Kacang Panjang

Untuk penanaman kacang panjang anda harus memilih bibit yang berkualitas.  Biji memiliki bentuk yang lebih besar atau sekitar 80% dari biji kacang pada umumnya. Biji seperti ini memiliki daya tumbuh yang tinggi.  Biji yang akan dijadikan benih harus murni, artinya tidak tercampur biji-biji lain yang berasal dari varietas tidak jelas. Benih tidak perlu disemaikan, benih dapat ditanam langsung pada lubang lubang yang telah disiapkan.

Bersihkan lahan dari rumput-rumput liar bisa dengan Obat Rumput berbahaan aktif Glifosat semacam Rambo serta Ruso alias dengan obat rumput berbahan aktif Parakuat semacam Noxone serta Divaxon seusai rumput kering, dicangkul/dibajak hingga tanah menjadi gembur. Lakukan pengapuran apabila pH tnah lebih rendah dari 5,5. Siram lahan dengan pupuk POC NASA yang telah dicampur dengan air diatas bedengan. Hasil akan lebih bagus apabila menggunakan SUPER NASA dengan perbandingan botol SUPER NASA dengan 3 liter air.

Buat lubang pada tanah dengan jarak untuk merambat adalah 20 x 50 cm, 40 x 60 cm, dan 30 x 40 cm. Jarak tanam tipe tegak adalah 20 x 40 cm serta 30 x 60 cm. Lalu masukkan benih kedalam lubang tanam sebanyak 2 biji untuk setiap lubang. Tutup lubang dengan tanah tipis atau dengan abu dapur. Apabila dalam waktu 3 – 5 hari benih kacang panjang tumbuh berarti benih sehat, apbila tidak tumbuh lakukan penyulaman. Setelah berusia 2 – 3minggu lakukan penyiangan pada rumput yang tumbuh di sekitar kacang panjang.

Pangkas daun kacang panjang yang terlalu rimbun agar tidak menghambat pertumbuhan bunga kacang panjang. Berilah pupuk, pupuk sebaiknya diberikan pada lubang pupuk yang terletak di kiri dan kanan dari lubang tanam. Jumlah pupuk yang diberikan juga tergantung pada jarak tanam. Lakukan pengairan secara rutin dan semprot dengan pestisida agar tidak terkena hama. Panen kacang panjang dapat dilakukan pada usi tanam sekitar 3,5 – 4 bulan, ciri ciri kacang yang siap panen adalah ukuran polong yang sudah maksimal. Cara untuk memanen adalah memotong dengan menggunakan pisau atau gunting potong yang tajam.