Tips Memilih Bibit Tanaman Buah Langka Tin Di Indonesia

164 views

Tips Memilih Bibit Tanaman Buah Langka Tin Di Indonesia – Bibit tanaman tin dikenal sebagai jenis bibit tanaman buah langka. Hal ini tidak lepas dari bibit tanaman tersebut yang memang tidak mudah untuk ditemukan, apalagi jenis bibit berkualitas. Tidak heran jika bibit tanaman tin pun seringkali dijual dengan harga tinggi. Bagi Anda yang tengah mencari bibit tanaman buah langka yang satu ini dan hendak membelinya untuk kemudian ditanam dan dikembangkan, maka pastikanlah untuk memilih bibit unggul. Dengan pemilihan bibit tersebut, Anda pun dapat memperbanyak jumlah pohon atau tanaman tin yang Anda inginkan. Namun sebelum memberinya, pastikan untuk mengikuti beberapa tips di bagian bawah ini terlebih dahulu.

Tips memilih tanaman buah tin

Bibit Buah Tin Langka

Buah Tin Lebat

Berikut ini adalah beberapa tips tepat dalam memilih bibit dari tanaman buah langka tin yang dapat Anda lakukan, di antaranya :

  1. Pencarian bibit dengan kualitas baik 

Bibit tanaman buah tin yang berkualitas baik tentunya didapatkan dari indukan yang berkualitas baik pula, seperti halnya indukan yang telah menghasilkan buah tin berkualitas.  Bibit tanaman tin umumnya didapatkan dari cara okulasi atau cangkok. Hal ini berkaitan dengan bibit yang berasal dari biji umumnya membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan tanaman hingga ia berbuah kembali. Karena itulah okulasi atau cangkok menjadi cara terbaik untuk menjadikan bibit tanaman buah tin dengan lebih mudah.

  1. Ketahui tempat tumbuhnya bibit

Selain dikenal sebagai tanaman buah langka, bibit dari tanaman tin pun tidak tumbuh di sembarang tempat. Meskipun banyak orang berpendapat bahwa bibit tanaman tin dapat tumbuh dimana saja. Namun untuk buah yang dihasilkannya tentu tidak demikian. Seperti halnya tanaman strawberry yang mana dapat tumbuh dimana saja, namun ketika ia disimpan di lokasi yang beriklim panas, maka tanaman tersebut pun tidak akan berbuah.

  1. Perhatikan kekuatan akar 

Tips lainnya yang juga patut untuk Anda perhatikan ketika memilih bibit tanaman buah tin adalah melihat kekuatan akar yang dimilikinya. Pada dasarnya bibit tanaman tersebut akan dijual dalam polybag, sedangkan cara untuk memastikan kekuatan akar yang dimilikinya yaitu dengan mengangkat bibit dari bagian atas. Apabila polybag ikut terangkat, maka dapat dipastikan akar yang dimiliki bibit tersebut telah berada dalam jumlah banyak dan padat sehingga memenuhi polybag. Karena itulah polybag yang dimilikinya pun ikut terangkat pula.

  1. Pembelian bibit di waktu yang tepat

Pada dasarnya untuk pembelian bibit dari tanaman buah tin memang dapat Anda lakukan kapan pun Anda menginginkannya. Namun jika Anda ingin memastikan apakah bibit yang Anda pilih tersebut dapat menghasilkan kualitas dari buah tin terbaik, maka pastikanlah Anda membelinya di waktu musim buah. Dengan kata lain ketika musim dari tanaman tersebut berbuah, sehingga Anda dapat mengetahui bahwa bibit yang Anda beli tersebut dapat menghasilkan buah tin yang berkualitas atau tidak.

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi, tentunya Anda pun dapat memilih bibit tanaman buah langka yaitu buah tin dengan lebih tepat dan mudah.

Tinggalkan pesan "Tips Memilih Bibit Tanaman Buah Langka Tin Di Indonesia"

Penulis: 
    author