Tips Budidaya Delima Merah Agar Berbuah Lebat

3023 views

Budidaya delima merah biasanya dibudidayakan dalam pot menjadi tanaman hias atau tanaman buah dalam pot. Buah delima sendiri memiliki 3 jenis yang banyak dibudidayakan, yaitu delima putih, delima merah, dan delima ungu. Tanaman delima (punica granatum) atau sering juga disebut buah pome merupakan tanaman buah yang berasal dari timur tengah. Buah delima merah sekilas hampir mirip dengan buah tin namun lebih besar. Untuk membudidayakan buah delima harus dilakukan dengan cara yang benar agar menghasilkan buah delima yang berbuah lebat. Tabulampot delima merah merupakan buah yang memiliki rasa yang nikmat dan gurih. Tanaman delima merah tersebut memiliki bentuk dan aroma yang khas. Dengan begitu, bagi siapa saja yang menikmati delima merah tersebut pasti ingin selalu menikmatinya lagi. Tetapi tabulampot buah delima tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan tentang buah manis dan populer ini. Budidaya delima merah memiliki peluang bisnis yang besar. Anda harus teliti dan cermat dalam melakukan budidaya delima merah.

tips-budidaya-delima-merah-agar-berbuah-lebat

Buah delima merupakan buah yang memiliki bentuk yang khas, rasa yang manis, memiliki warna yang terang saat sudah makan. Budidaya delima merah memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita terutama untuk kesehatan tubuh. Tanaman delima merah itu sendiri merupakan komoditi yang banyak memiliki peminat di Indonesia. Buah delima dapat dimanfaatkan dalam berbagai olahan, salah satunya adalah sirup. Bagi anda yang ingin untuk memulai membudidayakan buah ini ada baiknya anda mengetahui langkah langkah yang tepat untuk membudidayakan buah delima. Selain bertujuan sebagai budidaya, tabulampot buah delima merah juga dapat dijadikan sebagai penghias halaman rumah. Karena tabulampot delima memiliki tampilan tanaman yang menarik dan pohonnya pun tidak bisa tumbuh besar alias kerdil. Tabulampot buah delima juga memiliki manfaat  dan khasiat yang besar untuk kesehatan dan perawatan kecantikan. Anda tidak akan kecewa melakukan pembudidayaan tanaman delima merah tersebut karena manfaat yang terkandung didalamnya. Untuk info lebih jelasnya, simak saja budidaya delima merah berikut ini.

Tips Budidaya Delima Merah

Biasanya tabulampot buah delima agar pohon delima cepat berbuah cocok ditanam di mana saja. Tabulampot buah delima merah ini tidak memilih cuaca untuk dapat tumbuh. Dengan begitu, budidaya delima merah terbilang mudah untuk dilakukan. Selain itu, buah delima dapat berbuah dengan waktu 6 bulan sekali. Terlebih lagi, buah delima memiliki bermacam-macam warna, yang paling terkenal yaitu warna merah. Warna yang lainnya orang belum banyak yang mengetahuinya. Langkah-langkah yang tepat sebelum memulai budidaya tanaman buah delima merah sangat penting, karena akan mempengaruhi hasil panen.

Buah delima memiliki banyak sekali manfaatnya, dan khasiat utamanya dalam mengobati penyakit. Karena terlalu banyak manfaat yang dikandung maka permintaan untuk memiliki buah ini sangat tinggi dibandingkan buah lainnya. Tak heran jika buah delima merah banyak dibudidayakan. Budidaya delima merah dalam pot sangat bagus bila ditanam di panas matahari secara langsung. Tetapi itu, hanya berlaku untuk delima yang berwarna merah. Sedangkan tabulampot berwarna lainnya tidak bisa ditanam di bawah sinar matahari secara langsung, karena memiliki kandungan zat yang berbeda. Teknik penanaman untuk tabulampot tanaman buah delima merah, sama dengan teknik penanaman tanaman lainnya. Meski begitu, ada sedikit perbedaan dalam beberapa teknik penanaman saja.

Cara Pembibitan Buah Delima

Cara perkembangbiakan buah delima dapat dilakukan melalui biji, cangkok atau stek batang, dan tunas. Untuk menghasilkan pohon buah delima yang cepat berbuah, maka sebaiknya gunakan cara budidaya buah delima dengan cangkok batang. Lakukan cara mencangkok delima merah yang benar seperti cara mencangkok budidaya tanaman buah belimbing madu atau pohon buah lainnya. Jika anda tidak ingin repot, anda dapat membeli bibit buah delima cangkokan di kios-kios penjual bibit tanaman di dekat tempat tinggal anda. Untuk menyiapkan bibit tanaman buah delima dari biji, maka perlu menyiapkan media semai terlebih dahulu.

Teknik  pertama yang harus dilakukan dalam membudidayakan tanaman delima merah adalah kita harus menentukan bibit delima merah yang terbaik untuk penanaman tabulampot delima. Bibit delima yang terbaik pasti akan menghasilkan tanaman yang baik pula. Pilih buah delima merah yang sudah sangat tua, belah dan ambil bijinya. Jemur biji delima delima selama 1 hari di terik matahari, angkat dan letakkan di tempat teduh. Biarkan selama 1 malam sebelum dilakukan penyemaian. Sebelum disemai, rendam terlebih dahulu biji buah delima merah dengan air hangat selama 4 jam (jangan kepanasan). Setelah itu tiriskan, setelah airnya tidak menetes kembali, lakukan penyemaian di lahan semai yang telah disiapkan. Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari, sampai bibit buah delima tumbuh dan siap dipindah ke lahan tanam permanen.

Penyiapan Lahan Delima

Budidaya delima merah sangat menyukai lahan tanam yang gembur dan subur serta tidak tergenang air. Jika anda ingin membudidayakan pohon delima di kebun atau lahan perkarangan rumah anda. Maka anda perlu mempersiapkan lokasi tanam yang tidak tergenang air dan memiliki tekstur tanah yang gembur. Gali lubang dengan ukuran 50 cm x 50 cm dengan kedalaman 50 cm. Kemudian isi lubang dengan pupuk kandang sampai 2/3 bagian terisi. Jika anda ingin menanam delima merah lebih dari 1 batang, maka buatlah lubang dengan ukuran yang sama pada jarak 5 meter dari lubang sebelumnya. Lalu isi lubang yang akan anda tanami buah delima tersebut juga dengan pupuk kandang. Diamkan lubang yang akan ditanami delima merah tersebut dalam kurun waktu selama 3 minggu sebelum ditanami sambil menunggu bibit siap dipindahkan.

tips-budidaya-delima-merah-agar-berbuah-lebat

Jika delima merah akan dibudidayakan di dalam pot sebagai tanaman buah dalam pot (tabulampot) maka siapkan pot dengan ukuran besar, isi pot dengan campuran tanah gembur dengan pupuk kandang. Dalam penentuan pot, kita harus memilih pot yang berukuran sedang, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Setelah itu, masukkan media tanam dengan tanah yang sudah bercampur dengan pasir, kompos serta pupuk kandang, dengan perbandingan yang sama dan rata. Setelah media tanam di masukkan ke dalam pot tersebut. Barulah masukkan pupuk NPK, dan 2 kg tepung arang. Yang terakhir dilakukan adalah penyiraman. Penyiraman yang dilakukan harus menggunakan air yang bersih dan sudah dicampur dengan zat kimia. Jika teknik penanaman dilakukan dengan benar, maka tabulampot delima akan berbuah dengan cepat. Yang terpenting juragan di rumah di perhatikan kualitas bibitnya sebelum memulai menanam. Sebab bibit delima yang bagus dan berkualitas juga sangat menentukan tanaman buah delima tersebut.

Penanaman Delima Merah

Setelah bibit hasil semaian budidaya delima merah siap dipindahkan dengan tinggi bibit sekitar 20 cm. Maka lakukan pemindahan bibit delima merah dengan mencabutnya. Pencabutan harus dilakukan dengan mengikutsertakan tanah semaiannya. Hati-hati dalam melakukan pencabutan budidaya delima merah tersebut. Cabut dengan menggunakan bantuan pisau untuk menggali tanahnya agar tidak pecah. Jika tanahnya menjadi pecah, maka dikhawatirkan delima merah yang akan anda budidayakan tersebut kehilangan tingkat kesuburannya. Dengan begitu tanaman buah delima merah akan gagal dibudidayakan. Setelah itu, tanamlah bibit delima merah ke lubang tanam atau pot yang telah disediakan, lakukan penyiraman setelah penanaman selesai dilakukan. Penyiraman delima merah tersebut dilakukan agar delima merah tumbuh dengan baik di tempat tersebut.

Untuk menanam bibit buah delima merah pada tanah, pastikan dahulu bahwa kondisi tanah sudah digemburkan. Tanah juga sudah dicampur dengan pupuk dasar. Pupuk delima merah yang baik digunakan adalah pupuk kandang. Setelah tanah sudah siap anda dapat menanam bibit dengan jarak masing masing adalah 5 m antar tanaman. Saat menanam potonglah pucuk yang berada disamping saat proses menanam serta pangkas cabang literal agar bibit dapat membentuk canang tunggal. Tumbuhan anakan hanya diperlukan untuk membangkitkan vigor teminal dengan cara menghimpitnya. Hal ini dilakukan agar tidak merusak budidaya delima merah. Setelah itu lakukan penyiraman secara rutin selama 2 bulan. Untuk memperkuat pertumbuhan dapat dilakukan pemangkasan serta pembajakan.

Pemeliharaan Delima Merah

Untuk pemeliharaan budidaya delima merah, anda harus memperhatikan pengairan serta penyiraman untuk tanaman delima merah ini. Perhatikan pula pola untuk memberikan pupuk. Hal ini bertujuan agar perawatan budidaya delima yang dilakukan sesuai dengan kondisi yang diperlukan oleh tanaman. Pemberian pupuk dilakukan pada saat akhir akhir musim kemarau atau panas. Perawatan budidaya delima merah terhadap hama serta penyakit yang menyerang tanaman juga harus dilakukan secara rutin. Penyakit dan jamur yang menyerang pohon akan mengakibatkan pohon lama atau akan menghasilkan buah yang kurang baik. Hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan penemprotan fungisida yang sesuai dan juga dapat membungkus buah pada saat buah mulai tumbuh besar. Hal ini bertujuan agar hama tidak dapat memakan buah yang akan matang sehingga buah akan rusak.

Pemeliharaan dengan cara memberikan pupuk pada waktu akhir musim kemarau atau panas. Banyaknya penyakit dan hama yang menyerang dirasa sangat menyulitkan penanaman. Seperti ulat penggerek buah bernama virachola Isocrates menjadi musuh paling berbahaya pada delima merah. Ada pula buah delima yang disebabkan dari jamur yang menyerang ketika iklim hujan atau basah. Penggerek buah delima merah menjadi ancaman tersendiri karena sangat sulit untuk dimusnahkan, sebab penyerangannya dengan meneteskan satu persatu telurnya pada  bunga. Hal ini hanya bisa diatasi dengan memberikan pestisida atau dibungkus buahnya dan berikan fungisida. Ketika masa pematangan, buah delima merah rentan dengan keretakan. Jika belum matang maka buah delima merah akan berkualitas rendah. Sebaiknya sebelum pangkal buah berubah menjadi kuning, tidak perlu dipanen terlebih dahulu. Untuk mengambil buahnya harus dipotong menggunakan gunting pemangkas. Setelah buah delima merah masak maka dapat disimpan dan dikapalkan.

Pemanenan Delima Merah

Buah delima merah yang sudah matang akan menguning pada pangkal buahnya. Pemanenan delima dapat dilakukan dengan menggunting atau memotong tangkai buahnya. Buah delima dapat dinikmati dalam kondisi segar atau dijadikan sebagai minuman. Tanaman buah delima merah tidak sulit untuk dibudidayakan karena tidak memerlukan syarat tumbuh khusus. Selain enak dikonsumsi, buah delima merah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Diantaranya yakni menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, mengatasi gangguan perut, mencegah anemia, mengobati kolesterol dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Pemangkasan Delima Merah

Perawatan pohon buah delima merah agar menghasilkan pohon yang subur dan cepat berbuah dapat dilakukan dengan memangkas cabang-cabang yang terlalu banyak. Hal ini dilakukan agar nutrisi makanan yang diserap digunakan untuk berbunga. Lakukan pemupukan ulang pada saat umur tanaman buah delima merah sekitar 6 bulan setelah penanaman. Lakukan penyiraman pada tanaman delima merah secara rutin terutama pada musim kemarau. Karena memang tanaman delima merah membutuhkan air dalam jumlah yang cukup, jangan sampai kekurangan air.

Periode Pematangan Buah Delima

Pada periode tanaman delima merah ini buah delima akan rentan dengan keretakan. Apabila buah delima merah tersebut belum masak maka buah yang dipanen akan memiliki kualitas yang rendah. Sebaiknya sebelum pangkal buah delima merah berubah warna menjadi kuning jangan melakukan panen terlebih dahulu. Untuk memanen buah delima merah, sebaiknya menggunakan gunting panen, jangan dicabut. Setelah itu, lakukan pengemasan serta penyortiran pada buah delima manis yang akan dipasarkan. Pilih buah delima merah yang masih segar.

Aneka Khasiat Delima Merah

tips-budidaya-delima-merah-agar-berbuah-lebat

1. Kesehatan Jantung

Jus buah delima merah memiliki dampak besar bagi kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung, karena kandungan Punicalagin mampu menjaga arteri tetap fleksibel dan mengurangi peradangan pada lapisan pembuluh darah. Hal ini diketahui untuk mengurangi aterosklerosis. Aterosklerosis itu sendiri merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung. Delima merah menurunkan risiko penyumbatan dalam arteri yang dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah ke jantung dan otak. Dengan kata lain delima merah memiliki efek anti-aterogenik pada jantung. Buah delima merah juga mampu menurunkan jumlah LDL atau kolesterol jahat yang disimpan dalam tubuh dan meningkatkan jumlah kolesterol baik atau HDL.

2. Pencegah Resiko Kanker

Buah delima merah ternyata memiliki khasiat tingg yakni mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dan penyakit lainnya. Kandungan tinggi antioksidan yang terdapat dalam buah delima merah merangsang sel-sel darah putih untuk menetralkan racun di dalam tubuh sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat dan sehat. Asupan harian delima merah dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat. Selain itu, delima merah pun juga dapat memblokir aromatase, enzim yang mengubah androgen menjadi estrogen, yang tak lain merupakan hormon yang memainkan peran penting dalam perkembangan kanker yang mematikan di payudara atau bisa dibilag kanker payudara.

3. Perawatan Prenatal

Jus delima merah sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Ini adalah sumber besar dari sejumlah vitamin dan mineral termasuk asam folat yang merupakan elemen penting dari diet prenatal. Properti anti inflamasi jus delima merah memastikan aliran darah yang sehat, yang penting untuk pengembangan keseluruhan janin. Kandungan kalium dalam jus delima merah ini juga dapat membantu mencegah kram kaki yang umumnya terkait dengan kehamilan. Bila jus buah delima tersebut dikonsumsi secara teratur oleh ibu hamil, maka telah diketahui untuk menurunkan resiko kelahiran anak prematur atau kelahiran bayi dengan berat badan lahir rendah. Tidak ada salahnya mencoba membudidayakan delima.

Itulah ulasan mengenai tips budidaya delima merah agar berbuat lebat selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar budidaya tanaman buah.