Tanaman Penyebab Leukemia Hoax dan Tips Budidayanya

Penyakit leukimia merupakan jenis penyakit berbahaya yang disebabkan oleh produksi sel darah putih berlebih yang tidak terkendali. Peristiwa ini menyebabkan fungsi normal darah mengalami gangguan. Penderita penyakit leukimia ditandai dengan gejala seperti mimisan, radang gusi, memar, penyakit anemia, bintik merah, detak jantung yang cepat, sakit lambung, kulit pucat, infeksi, serta berat badan yang menurun secara drastis.

Tanaman Dollar

Beberapa pekan lalu, masyarakat Indonesia telah dihebohkan oleh kabar hoax yang menyebutkan bahwa tanaman hias unik pohon Dollar merupakan salah satu penyebab penyakit leukimia. Namun dengan diadakannya berbagai penelitian telah disimpulkan bahwa tanaman hias pohon Dollar tersebut tidak berbahaya. Dengan kata lain, tanaman hias dengan nama latin Zamioculcas zamiifolia ini bukanlah penyebab penyakit leukimia.

Budidaya Pohon Dolar

Pohon Dollar berasal dari benua Afrika. Pohon Dollar ini dapat dibudidayakan dengan cara stek, baik stek daun maupun stek batang. Dengan cara stek daun, daun pohon Dollar ditanam sebagian ke media tanam dengan posisi berdiri. Setelah daun tersebut membentuk bonggol maka ia telah siap untuk dipindahkan ke pot tunggal. Biasanya cara ini akan memakan waktu sekitar 1 sampai 3 bulan.

Cara lain dalam membudidayakan pohon Dollar yaitu dengan stek batang. Potong batang bawah sepanjang 10 cm. Tak butuh waktu lama, batang tersebut akan keluar akar dan juga ditumbuhi dedaunan. Pohon Dollar dapat tumbuh dan berkembang biak di tempat yang minim cahaya matahari. Lakukan perawatan rutin dengan menyiraminya setiap pagi dan sore hari.

Itulah ulasan mengenai tanaman penyebab leukimia hoax dan tips budidayanya selengkapnya untuk Anda. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda yang mencari informasi terkini seputar tanaman hias, pertanian, perkebunan, kehutanan, dan juga teknik budidaya.