Tanaman Pengusir Nyamuk

118 views

Kebun.Net – Musim hujan sudah mulai datang di beberapa daerah. Turunya hujan juga membawa berkah bagi manusia, tapi juga membawa gerombolan nyamuk keluar dari tempat persembunyianya. Tentu akan sangat mengganggu bagi kita apabila kedatangan hujan disambut dengan keluarnya nyamuk ini.

Berikut ada beberapa jenis tanaman yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk mengurangi gangguan serangga kecil yang suka menggigit kulit kita ini.

Bunga Krisan

Tanaman Pengusir Nyamuk

Bunga Krisan


Selain cantik warnanya, ternyata bunga yang satu ini juga bisa untuk mengusir nyamuk. Itu disebabkan oleh aroma yang dikeluarkan oleh bunga krisan akan sangat tidak disukai oleh nyamuk. Sehingga Tanaman hias ini selain dapat mempercantik taman juga bisa membantu mengusir nyamuk-nyamuk nakal.

Kayu Putih


Tanaman Pengusir Nyamuk

Banyak dari kita pasti sudah banyak tahu beberapa merek minyak kayu putih yang dapat mencegah gigitan nyamuk. Ternyata ini memang benar adanya. Selain aromanya yang menenangkan, kayu putih juga bisa membantu mengurangi gangguan nyamuk. Kayu putih sendiri bisa ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan.

Akar Wangi

Tanaman Pengusir Nyamuk

Rumput akar wangi merupakan tumbuhan yang berasal dari India. Keberadaannya di Indonesia tidak ada yang tahu sejak kapan. Yang pasti, akar wangi termasuk jenis tanaman pengusir nyamuk demam berdarah alami yang ternyata sudah lama juga dijadikan parfum dan losion untuk memberi perlindungan bagi kulit dari gigitan nyamuk.

Cengkeh
Aroma dari rempah yang satu ini juga tidak disukai oleh nyamuk. Sehingga kita juga bisa memanfaatkanya untuk mengusir nyamuk dari rumah kita agar hidup lebih tenang (hehehe)

Tanaman Pengusir Nyamuk

Kecombrang

Tanaman Pengusir Nyamuk
Aroma yang dimiliki oleh kecombrang terasa asam sehingga para nyamuk akan menjauh dari rumah Anda.

Bunga Geranium

Tanaman Pengusir Nyamuk

Kalo tanaman yang satu ini pasti sudah pada tahu kegunaannya karena sudah dijadikan model salah satu lotion anti nyamuk dan sering nongol di layar kaca alias TV.

Bawang Putih

Tanaman Pengusir Nyamuk

Sebagaimana cengkeh dan juga kecombrang, bawang putih juga tidak disukai nyamuk karena aromanya. Bahkan kalo kita memasukkan bawang putih dalam air yang ada jentik nyamuk bisa membunuh jentik-jentik itu karena bawang putih mengandung belerang.

Sereh atau serai wangi

Tanaman Pengusir Nyamuk

Sereh atau serai wangi adalah tanaman perdu yang sering digunakan oleh para ibu rumah tangga sebagai bumbu masakan. Tanaman serai wangi selain berguna untuk campuran bumbu masakan, ternyata juga mampu membuat nyamuk minggat dari rumah dikarenakan mengandung sitronnellol dan geraniol yang banyak. Kandungan tersebut mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk, dan bahkan, zat sitronnellolnya bisa membuat nyamuk mati.

Daun Selasih

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman pengusir nyamuk berikutnya adalah daun selasih. Tentu Anda sudah sangat mengenal dengan nama selasih, bukan? Selasih dengan nama ilmiah Ocimum basillicum (atau daun basil) merupakan tumbuhan semak tahunan yang bisa kita tanam di dalam ruangan. Selain membuat semakin cantik, keberadaan selasih juga membantu Anda untuk menghalau komplotan nyamuk yang berterbangan di dalam rumah Anda. Selain ditanam di dalam ruangan, selasih juga bisa diletakkan di luar ruangan, peletakannya di dekat pintu atau jendela.