Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi

576 views

Kebun.Net –  Teknik menanam dengan cara hidroponik sangatlah ttidak mudah dan cenderung mahal pada awalnya. Itu dikarenakan diperluaknya pengetahuan dan uji coba agar teknik ini cocok untuk jenis tanaman dak kondisi lingkungan tempat dilakukanya hidroponik. Selain itu juga instalasi awalnya yang membutuhkan banyak peralatan dan sarana membuat hidroponik menjadi “mahal” untuk beberapa kalangan.

Akan tetapi, hidroponik juga dapat dijadikan peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Hal ini didasi dari semakin sadarnya masyarakat akan makanan sehat dan makanan organik yang saat ini bisa dihasilkan dengan teknik tanam hidroponik. Banyak pula hotel-hotel berbintang yang menggunakan hasil panen petani hidroponik untuk pelanggan hotel mereka.

Berikut kami akan berikan beberapa contoh tanaman hiroponik bernilai tinggi yang mungkin bisa kita coba mengembangkannya untuk bisnis.

1. Paprika
Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi
Sulitnya menanan paprika dengan media tanah sebagaimana menanam sayuran cabai atau tomat saat ini sudah bisa diatasi dengan menggunakan hidroponik.

Paprika sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang digunakan untuk bahan masakan atau sekedar sebagai penyedap rasa. Di Indonesia sendiri penggunaan paprika dalam masakan masih sangat jarang. Akan tetapi di luar negeri penggunaannya sudah banyak dilakukan.

Paprika dipandang sebagai jenis tanaman hidroponik yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi disebabkan mampu mencegah timbulnya penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker atau jantung. Selain itu, paprika juga memiliki fungsi untuk kesehatan, seperti menjaga daya tahan tubuh, menjaga metabolisme tubuh, dan menangkal radikal bebas.

2. Tomat

Peluang-Usaha-Budidaya-Tomat-Dan-Analisa-Usahanya

Tomat juga menjadi salah satu tanaman hidroponik dengan nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu, tomat juga mudah ditanam baik dengan hidroponik maupun dengan media tanah. Akan tetapi tomat hidroponik lebih bernilai ekonomi apabila dibandingkan dengan tomat yang ditanam di atas tanah.

3. Timun Jepang

Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi

Timun Jepang atau Zucchini atau Kyuri merupakan sayuran yang agak sulit didapatkan. Hanya ada di supermarket besar di kota-kota besar tentunya. Maka dari itulah sayuran yang satu ini menjadi bernilai ekonomi tinggi. Namun dengan berkembangnya teknologi hiroponik akan mempermudah kita untuk mengembangkannya.

4. Terong Jepang

Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi

Terong yang berasal dari Negeri Sakura ini mempunyai warna ungu tua kehitaman. Berbentuk bulat, ada juga yang panjang dan pendek atau bervariasi. Pada terong Jepang terdapat kandungan senyawa antioksidan dan juga vitamin B yang berguna mencegah berbagai penyakit.

Sayuran yang sudah terkenal di Jepang sebagai tempura dan bahan campuran salad ini juga sudah mulai dikenal masyarakat Indonesia. Selain dijadikan makanan yang menyehatkan, terong jepang atau Hitokuchi nasubi juga kerap digunakan untuk alat pengobatan alami. Kandungan serat di dalam kulit terong misalnya, telah lama diketahui mengandung zat yang dapat mencegah kanker usus.

5. Semangka

Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi

Semangka memberi manfaat yang sangat bagus buat tubuh manusia. Peran penting buah semangka bagi tubuh manusia salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan serta metabolisme dalam tubuh. Kandungan air yang ada dalam buah semangka juga dapat dinikmati untuk menghilangkan rasa dahaga saat cuaca terik. Dan yang pasti, semangka juga merupakan jenis tanaman hidroponik yang mempunyai nilai ekonomi tinggi untuk dibudidayakan.

6. Melon

Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi

Kebanyakan orang beranggapan kalau hidroponik hanya cocok diterapkan untuk tanaman berjenis sayuran. Padahal, beberapa jenis buah juga bisa ditanam secara hidroponik, seperti melon misalnya. Melon bisa dibudidayakan dan dipanen dengan hasil baik apabila Anda memperhatikan setiap proses yang dilewatinya.

7. Anggur

Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi

Siapa yang tidak suka anggur? Tentu semua orang suka. Anggur merupaka buah yang sudah terkenal sejak lama. Di Indonesia, anggur bisa dengan mudah didapatkan di toko-toko buah. Tanaman perdu ini biasa hidup di daerah dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi. Pembudidayaannya sudah dimulai sejak 6000 tahun lalu di tanah Eropa. Kini, ada sekitar 60 jenis varietas anggur yang dikonsumsi oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia.