Tanaman Hias Untuk Pagar Rumah

250 views

Kebun.Net – Memiliki rumah dengan pagar yang terbuat dari besi sudah biasa dan terlihat membosankan. Kini mendesain pagar menggunakan tanaman hias sedang banyak digunakan orang. Orang-orang mulai menggunakan tanaman hias untuk mempercantik pagar, sehingga rumah terlihat lebih hidup. Selain membuat tampilan rumah menjadi lebih hidup, tanaman hias ini akan membuat tambahan resapan air, membuat udara disekitar rumah menjadi lebih segar dan pembuatan pagar menggunakan tanaman hias tidak membutuhkan dana yang tidak banyak bila dibandingkan membuat pagar menggunakan material solid.

Memiliki pagar dari tanaman hias selain ramah lingkungan juga akan membuat halaman lebih luas. Pagar dari tanaman hias tidak akan mudah patah dan berkarat sehingga dapat menghemat pengeluaran. Beberapa tanaman hias yang dapat dijadikan sebagai pagar rumah antara lain:

  • Petrea Volubilis
Petrea Volubilis

Petrea Volubilis

Petrea Volubilis atau yang lebih dikenal dengan nama petrea biru ini merupakan tanaman bunga yang berasal dari Amerika Tengah. Tanaman hias ini dapat hidup di daerah yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia. Tanaman hias ini memiliki bunga yang berwarna ungu dan dapat berbunga di sepanjang batangnya. Bunga petra volubilis akan mengalami perubahan warna dari warna ungu cerah kemudian memucat hingga akhirnya memudar dan berubah warna menjadi hijau lalu gugur. Petra Volubilis sangat cocok bila dijadikan sebagai pagar, karena tanaman hias jenis ini dapat tumbuh merambat pada dinding maupun pagar.

  • Clematis
Bunga Clematis

Bunga Clematis
Sumber : www.gardeners.com

Clematis merupakan tanaman yang menjalar, clematis memiliki bunga yang berwarna putih, biru, ungu, merah muda, kuning serta merah seperti mawar dan akan selalu berbunga  sepanjang tahun. Tanaman ini mampu hidup selama 89 tahun dan mampu menjalar hingga 6 meter sehingga sangat cocok bila dijadikan sebagai pagar. Warna bunga yang bermacam-macam akan membuat pagar rumah menjadi lebih berwarna.

  • Asoka

Tanaman-hias-Bunga-Asoka

Bunga Asoka yang memiliki nama latin Saraca Indica ini bagi masyarakat yang beragama Hindu dianggap bunga yang suci. Di Indonesia, tanaman ini digunakan sebagai pagar rumah, bunga Asoka yang mekar akan berwarna merah menyala. Bunga Asoka termasuk tanaman perdu yang dapat tumbuh dengan lebat dan mudah dipangkas sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Untuk perawatan, bunga asoka cukup disiram setiap hari dan diberi pupuk sebulan sekali.

  • Air Mata Pengantin
Air Mata Pengantin

Air Mata Pengantin

Bunga air mata pengantin yang memiliki nama latin Antigonon Leptopus ini merupakan salah satu tanaman hias yang mudah merambat. Bunga air mata pengantin ini memiliki warna yang sangat indah yaitu merah muda. Tanaman ini dapat menutupi pagar karena dapat tumbuh dengan merambat dan lebat. Untuk perawatan, tanaman ini sangat mudah karena tidak memerlukan pemupukan yang rutin.Meski tanaman ini berasal dari Meksiko, tanaman ini mudah dijumpai di Indonesia.

  • Pohon Cedar/Aras

 

Pohon Cedar atau Aras merupakan salah satu tumbuhan yang berasal dari keluarga Pinaceae. Pohon Aras yang tumbuh dengan baik dapat tumbuh dengan tinggi hingga 60 meter. Daun pohon aras berbentuk runcing mirip seperti jarum dan akan selalu berwarna hijau di sepanjang tahun. Pohon aras mampu bertahan di cuaca dingin atau penghujan sehingga banyak digunakan sebagai pagar rumah.

Demikian ulasan tentang beberapa jenis tanaman hias yang dapat digunakan sebagai pagar rumah. Pagar rumah yang dihiasi beraneka warna tanaman hias akan membuat rumah menjadi asri dan adem. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan, lebih baik perhatikan dan cocokkan bentuk rumah dengan pagar dari tanaman hias yang akan anda buat, karena pagar dengan tanaman hidup akan membuat suasana seperti dekat dengan alam dan akan memiliki nilai estetika tersendiri.