Tanaman Hias Indoor Penyerap Polutan

344 views

Tanaman Hias Indoor Penyerap Polutan – Suatu ruangan pun memerlukan tanaman hias, dan dalam dunia desain interior terkini tengah menjadi trend  untuk menempatkan indoor plant atau tanaman hias dalam suatu ruangan sebagai salah satu bagian dari dekorasi interiornya, dan rupanya tanaman hias indoor tersebut tak hanya indah dipandang mata, tapi ada juga beberapa tanaman hias tersebut yang juga mampu berfungsi sebagai pembersih udara dan berbagai polutan yang ada di dalam suatu ruangan. Berikut ini beberapa diantaranya.

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Kemudian ada juga tanaman lidah buaya yang asalnya dari Arab, yang juga sering dipergunakan untuk berbagai keperluan, yakni sebagai penyubur rambut atau sebagai bahan dasar pembuat kosmetik, sebagai bahan cream penyejuk kulit  dan lain sebagainya yang indah juga ketika dijadikan sebagai tanaman hias, baik secara indoor maupun outdoor. Selain mempercantik ruangan maka tanaman lidah buaya ini juga mampu untuk berfungsi sebagai pembersih udara dalam suatu ruangan  karena tanaman aloe vera ini mampu untuk menyerap benzene, dan formalin juga beberapa jenis bahan kimia yang lainnya dari udara. Perawatan tanaman lidah buaya ini juga mudah. Cukup dengan mengeluarkannya dari dalam ruangan keluar ruangan, selama seminggu ataupun dua minggu sekali secara rutin, dan menyiramnya juga secara rutin, untuk membuatnya selalu segar. Tinggi tanaman lidah buaya ini bisa mencapai hingga sekitar 90 cm atau sampai 100 cm. Hasil penelitian oleh NASA menemukan bukti ilmiah bahwa tanaman aloe vera atau lidah buaya ini adalah penyerap zat formaldehida dari udara yang cukup efektif.

Anthurium

Tanaman indoor yang berbunga ini sangat menarik saat sedang mekar bunganya dan mampu untuk menyedot zat amonia, serta formaldehida, juga toluena serta xylene. Sehingga bagus diletakkan di sekitar mesin fotokopi, atau printer ketika di perkantoran.

Sirih Gading (Epipremnum Aureum)

Tanaman merambat sirih gading ini telah banyak ditanam dan menjadi sebagai penghias ruangan. Tanaman yang bernama latin Epipremnum Aureum ini bagus dan bisa membantu para penderita asma dan alergi karena mampu menyerap formalin yang mengontaminasi rumah dan juga menyerap urea atau uap zat sisa feses serta urine yang bisa menimbulkan bau yang kurang sedap.

Namun sebenarnya tanaman sirih gading ini merupakan suatu tanaman yang beracun, sehingga sebaiknya dijauhkan dari jangkauan anak-anak serta hewan peliharaan. Dalam perawatannya juga maka jangan terlalu sering menyiram tanaman yang merambat ini karena tanaman sirih gading ini hanya akan membutuhkan sedikit saja air serta juga dengan cahaya matahari yang tidak langsung. Letakkanlah satu atau dua buah pot tanaman sirih gading di dalam garasi rumah guna menyerap gas buang dari knalpot kendaraan.

Itulah beberapa tanaman hias indoor penyerap polutan, yang bagus untuk ditempatkan di salah satu atau beberapa ruangan, guna menyerap berbagai polutan yang ada sekaligus sebagai hiasan pembuat cantik ruangannya.

Tinggalkan pesan "Tanaman Hias Indoor Penyerap Polutan"

Penulis: 
    author