Tanaman Hias Bunga Paling Populer yang Mudah Perawatannya

Tanaman hias berupa bunga adalah tanaman hias paling populer yang digunakan untuk memperindah lingkungan rumah. Tanaman hias berupa bunga ini dapat ditanam langsung di tanah atau menggunakan pot. Pada umumnya, ada berbagai tanaman hias berupa bunga yang bisa dijadikan pilihan. Tak sedikit masyarakat yang lebih memilih bunga berdasarkan keindahannya. Bunga yang cantik dapat dilihat dari warna dan bentuknya yang indah. Bentuk bunga yang unik dengan warna yang cerah selalu menjadi idola masyarakat.

Selain nilai estetika tanaman bunga, segi pemeliharaan dan perawatannya pun juga menjadi faktor pemilihan tanaman hias. Banyak orang yang lebih menyukai tanaman hias yang mudah dirawat dibandingkan tanaman hias yang sulit hidup tanpa perawatan khusus. Masyarakat tidak mau ambil pusing dengan perawatan tanaman bunga yang sulit. Untuk informasi lebih detailnya, simak saja berbagai jenis tanaman hias berupa bunga yang populer di Indonesia dengan mudah dalam perawatannya berikut ini.

Tanaman Hias Bunga Paling Populer yang Mudah Perawatannya

Jenis Tanaman Hias Bunga Populer

Jenis tanaman hias yang populer dan mudah dirawat adalah bunga anggrek. Bunga anggrek atau biasa disebut puspa pesona adalah salah satu tanaman hias yang banyak dibudidayakan. Setidaknya terdapat sekitar 5.000 hingga 6.000 tanaman hias bunga anggrek di Indonesia. Beberapa jenis bunga anggrek yang terbilang langka seperti anggrek kebutan, anggrek hitam, dan anggrek koribas. Banyak orang yang menyukai bunga anggrek karena sisi keindahannya diidentikkan dengan rasa cinta, keindahan, dan juga kemewahan.

Selain bunga anggrek, tanaman hias yang juga populer lainnya yaitu tanaman hias bunga mawar. Bunga mawar memiliki setidaknya 100 jenis. Beberapa diantaranya yaitu bunga mawar merah, bunga mawar putih, bunga mawar kuning, bunga mawar biru, dan bunga mawar peach. Bunga mawar banyak dipilih karena memberikan kesan indah dan juga sebagai simbol rasa cinta dan kasih sayang. Selain indah, bunga mawar juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Aroma harum bunga mawar dapat mengatasi rasa depresi dan stres. Bahkan kandungan zat kimia bunga mawar dapat digunakan sebagai terapi penghilang sakit kepala. Tak heran, jika bunga mawar banyak dicari.

Jenis tanaman hias selanjutnya yaitu bunga melati. Melati putih (Jasminum sambac) merupakan salah satu bunga nasional Indonesia. Ciri-ciri tanaman hias melati ini yaitu bunga yang berwarna putih dengan aroma yang begitu harum. Tanaman melati ini sangat tahan terhadap hama sehingga tergolong tanaman hias yang mudah perawatannya. Apalagi bunga melati ini termasuk jenis tanaman perdu sehingga bisa ditanam di halaman maupun pot. Agar tetap rapi, anda bisa memangkas rantingnya. Bunga melati biasanya digunakan dalam upacara tradisional. Bunga melati ini juga tak jarang dipergunakan sebagai penghias rambut pengantin dalam budaya atau adat Jawa dan Sunda.

Tanaman hias populer berikutnya yaitu kembang sepatu. Kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis) ini merupakan tanaman hias bunga outdoor yang dapat tumbuh dengan subur di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Kembang sepatu bukanlah tanaman hias bunga indoor karena dapat tumbuh besar. Oleh karena itu penanaman kembang sepatu sangat dianjurkan pada pot. Hal ini dilakukan agar ukuran dan pertumbuhan kembang sepatu dapat dikendalikan dengan baik. Dengan begitu, keindahan kembang sepatu akan selalu tetap terjaga.

Itulah ulasan mengenai tanaman hias bunga selengkapnya untuk anda. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar kumpulan jenis tanaman hias populer yang mudah perawatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *