Tanaman Hias Bunga Indoor, Jenis dan Tips Perawatannya

2036 views

Ada banyak jenis tanaman hias bunga yang populer dibudidayakan masyarakat. Pada umumnya, jenis tanaman hias terbagi menjadi dua kategori yaitu jenis tanaman hias indoor dan outdoor. Dibandingkan tanaman hias outdoor, tanaman hias indoor memiliki ukuran yang relatif lebih kecil. Tanaman hias indoor dapat mempercantik ruangan anda. Tanaman hias indoor memiliki ketahanan hidup dalam temperatur ruangan dan tahan terhadap kelembapan yang rendah. Ketahanan tanaman hias indoor dalam ruangan minimum sepanjang 2 minggu.

Selain sebagai penghias, tanaman hias indoor juga mampu membersihkan udara, menyerap polutan dan gas-gas berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang beredar udara. Dengan adanya tanaman hias indoor ini, udara dalam ruangan akan menjadi bersih dan sehat. Untuk memenuhi faktor keindahan, pemilihan jenis tanaman hias merupakan hal penting dalam penyesuaian dengan runangan. Untuk info lebih lengkapnya, simak saja jenis tanaman hias indoor berikut ini.

Tanaman Hias Bunga Indoor, Jenis dan Tips Perawatannya

Jenis Tanaman Hias Indoor

Jenis tanaman hias indoor yang populer adalah lidah buaya. Lidah buaya (Aloe vera)adalah jenis tanaman hias indoor penyerap polutan yang mampu menetralisir racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya. Lidah buaya banyak dimanfaatkan sebagai penyubur rambut dan penyembuh luka. Lidah buaya ini juga mulai dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, dan makanan-minuman kesehatan. Meskipun sebagai salah satu tanaman hias indoor, lidah buaya juga dapat bertahan hidup di luar ruangan.

Jenis tanaman hias indoor lainnya yaitu anthurium. Tananaman anthurium memiliki keindahan tersendiri yang sesuai jika digunakan sebagai penghias ruangan. Tanaman anthurium terdiri dari sekitar 500 spesies dan beberapa varietas. Tanaman anthurium dapat tumbuh dengan baik melalui biji dan vegetatif atau dengan stek batang. Pengertian tanaman hias indoor anturium daun yaitu jenis tanaman hias daun dengan ukuran daun lebar. Crystallium adalah jenis tanaman hias daun anthurium.

Jenis tanaman hias dalam ruangan lainnya yaitu calathea. Tanaman hias calathea memiliki warna daun belang-belang yang indah untuk menghias ruangan. Beberapa jenis bunga calathea yang populer saat ini yaitu calathea lutea dan violacea. Tanaman hias bunga calathea yang paling digemari masyarakat yaitu jenis bunga calathea makoyama. Bunga calathea makoyama adalah jenis bunga yang unik dan menarik karena jenis bunga ini menyerupai bulu merak dengan garis-garis pada daunnya.

Cara Merawat Tanaman Hias Indoor

Cara merawat tanaman hias dalam ruangan dapat dimulai dengan memperhatikan media tanamnya. Keberlangsungan hidup berbagai tanaman hias bunga dalam ruangan tergantung pada media tanam yang dipakai. Media tanam yang baik untuk tanaman hias indoor harus berkarakter porous. Media tanam yang memiliki sifat porous ini dapat menahan sedikit air. Media tanam yang sesuai dengan kriteria tersebut yaitu sekam bakar, cacahan pakis, dan cocopeat. Media tanam yang baik juga butuh tambahan humus daun atau pupuk kandang yang telah diolah.

Perbedaan ketahanan berbagai tanaman hias pada lingkungannya, membuat tanaman hias tersebut mempunyai sistem perawatan yang berbeda. Jenis tanaman hias indoor ada yang membutuhkan perawatan intensif dan ada juga yang mudah perawatannya. Berbagai tanaman hias dalam ruangan yang mudah dalam hal perawatannya yaitu sanseviera, dracaena, philodendron. Sedangkan jenis tanaman hias dalam ruangan yang membutuhkan perawatan intensif yaitu aglaonema, anthurium, calladium, anggrek.

Demikianlah ulasan mengenai tanaman hias bunga indoor selengkapnya untuk anda. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar kumpulan jenis tanaman hias populer dan tips perawatannya.

Tags: #Bunga #Hias #Indoor #Jenis #Perawatan #tanaman #Tips