Tanaman Hias Bambu Air

261 views

Memiliki hunian atau rumah dengan nuansa kehijauan dari tanaman hias akan membuat rumah terlihat lebih asri, hidup dan segar. Kemajuan zaman sekarang ini membuat desain interior dituntut pula untuk maju sesuai perkembangan jaman. Sekarang ini banyak tanaman hias banyak digunakan sebagai penghias rumah yang bergaya minimalis, tanaman hias yang digunakan yaitu bambu air. Bambu air yang memiliki nama latin Equisetum Hyemale L, tanaman hias ini banyak dijumpai di Amerika, Eropa dan Asia Utara. Habitat asli dari tanaman ini adalah daerah yang basah dan banyak air, meskipun bernama bambu tetapi tanaman ini tidak termasuk jenis bambu-bambuan karena tanaman ini hanya memiliki bentuk yang mirip seperti bambu.

Tanaman bambu air biasanya diletakkan di dalam pot sebagai pemanis halaman, kolam renang maupun pagar rumah. Selain dapat memperindah rumah, banyak orang yang percaya bila tanaman hias ini akan membawa keberuntungan. Bambu air ini dapat tumbuh hingga ketinggian 3 meter dengan batang yang berwarna hijau segar. Ciri-ciri lain yang ada pada tanaman hias ini yaitu bambu air memiliki bunga yang lebih kecil bila dibandingkan dengan bambu pada umumnya, terdapat bentuk cincin berwarna kecoklatan diantara sendi-sendi rongga batang yang akan ditumbuhi daun.

Bambu Air

Bambu Air

Menggunakan bambu air sebagai pemanis rumah maupun halaman sangatlah mudah ada 2 cara yang dapat dilakukan yaitu:

  • Dengan menanam langsung di tanah

Menanam bambu air langsung di tanah, caranya yaitu:

  1. Pilihlah bambu yang sehat yang memiliki batang berwarna hijau segar dan beraroma  segar.
  2. Sediakan pot dan tanah berlumpur yang telah dicampur dengan tanah.
  3. Tancapkan batang-batang bambu ke tengah-tengah pot yang telah diisi tanah berlumpur.
  4. Siram pot dengan banyak air hingga pot penuh dengan air.

 

  • Dengan menanam menggunakan air

Menanam bambu air juga dapat dilakukan dengan menggunakan air murni, caranya yaitu:

  1. Pilih pot yang tidak berlubang di bawahnya dan memiliki diameter 5 cm lebih besar dari bambu air yang akan ditanam.
  2. Isi pot dengan batu koral atau batu kerikil secukupnya
  3. Tancapkan bambu air ke tengah-tengah pot yang berisi batu koral atau batu kerikil
  4. Isi pot dengan air hingga 2,5 cm diatas batu koral.

Menggunakan tanaman hias bambu air sebagai pemanis rumah memerlukan beberapa perawatan supaya bambu air dapat tumbuh dengan segar, perawatan bambu air meliputi:

  1. Bila bambu air ditanam menggunakan tanah maka tanah dalam pot tidak boleh kering, karena bambu air hanya dapat hidup di daerah lembab. Rajin-rajinlah menyiram pot dengan air segar supaya tanah tetap lembab.
  2. Batang bambu air yang mulai mengering harus dipotong, bambu air yang mengering dapat terlihat dari warna batang yang berubah warna menjadi kecoklatan.
  3. Bila tanaman bambu air sudah mulai memenuhi pot, maka tanaman harus dipindah ke pot baru yang lebih besar supaya tidak mengganggu pertumbuhan.
  4. Bila menanam batang air dengan menggunakan media air maka harus rajin mengganti air didalam pot, minimal satu minggu sekali supaya akan dalam pot tidak mengalami pembusukan.

Demikianlah informasi tentang tanaman hias bambu air yang dapat membuat rumah minimalis menjadi lebih indah dan segar. Tanaman bambu air ini sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat rumah karena perawatan tanaman hias ini relatif mudah. Saat berada di rumah anda akan merasa rileks dan tenang, karena saat anda melihat bambu air ini maka stress anda akan hilang. Selamat mencoba