Cara Menanam Tanaman Buah Dalam Pot Agar Subur

276 views

Banyak orang yang menerapkan budidaya buah di dalam pot. Teknik penanaman tanaman buah dalam pot ini bisa disebut dengan tabulampot. Tentu saja anda menginginkan buah yang anda tanam dalam pot bisa berbuah lebat tanpa mengenal musim. Akan tetapi bagaimana caranya?? Yang paling penting, sebelum anda menanam tanaman buah pilihan anda ke dalam pot, kuncinya anda harus memilih bibit yang unggulan. Jika anda ingin tanaman buah dalam pot anda bagus dan subur maka anda juga harus melakukan tahap atau langkah langkah penanaman buah dalam pot dengan sebaik mungkin. Untuk mendapatkan tanaman buah dalam pot bisa cepat berbuah, anda harus memperhatikan tips dan langkah dalam perawatan tanaman buah tersebut.  Para pecinta tanaman hias ini juga sangat menyenangi akan tanaman buah di dalam pot.

cara-menanam-tanaman-buah-dalam-pot-agar-subur

Namun banyak sekali ditemui beberapa jenis tanaman buah di dalam pot yang dikembangkan dan ditanam dalam pot hanya bisa subur daunnya saja. Daunnya sangat lebat tapi tidak ada tanda tanda bahwa tanaman yang ada di dalam pot akan menghasilkan buah buahan. Jangankan buah, bunga dari tanaman buah pun juga tidak akan kunjung terlihat pada tanaman anda tanam dalam pot tersebut. Padahal, jika anda menekuni menanam tanaman buah dalam pot anda bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Selain bisa dijadikan sebagai bisnis, menanam tanaman buah dalam pot bisa menjadikan tanaman hias. Di depan rumah anda akan lebih tampak indah dan asri.

Cara Menanam Buah dalam Pot

Agar tanaman buah dalam pot anda bisa menghasilkan buah yang banyak dan tentu saja tanaman itu juga tumbuh subur. Anda harus melakukan cara cara yang tepat dan benar. Dalam penanaman buah di pot tidak diperkenankan menyiram tanaman dengan air secara berlebihan atau tanpa aturan. Lakukanlah penyiraman tanaman ini sesuai dengan jenis buah. Misalnya saja anda menanam buah jeruk, mangga, jambu air, jambu biji di dalam pot. Semua itu mempunyai cara yang berbeda beda. Contoh jenis buah yang spesifik adalab buah mangga. Tanaman buah mangga yang baru saja ditanam di pot setiap harinya jangan disiram secara terus terusan. Jika tanaman mangga sudah bisa beradaptasi hidup dan tumbuh di dalam pot, anda baru bisa menyiram tanaman secara normal. Ini dilakukan untuk merangsang agar bunga bisa cepat tumbuh dan bisa menjadi buah. lakukan penyiraman tanaman paling tidak 3 hari satu kali.

Apabila tanaman dalam pot kelebihan air maka akarnya akan busuk. Dan tentu saja tanaman anda akan langsung mati. Apabila tidak mati biasanya tanaman itu tidak akan mengeluarkan bunga dan yang subur hanyalah daunnya saja. Tidak hanya menghindari stress air akan tetapi penyiraman yang teratur harus dilakukan 2 hari sekali. Jika saat itu sedang musim panas maka siramlah tanaman itu pada waktu pagi dan sore hari. Nah, jika anda menyiram tanaaman anda pagi hari, janganlah anda menyiram pada bagian daunnya. Karena itu akan mengganggu proses fotosintesis dan menyebabkan daunnya mudah layu.

Semua tanaman pasti membutuhkan cahaya sinar matahari dengan jumlah yang memadai. Manfaat dari sinar matahari adalah mempercepat proses fotosintesisnya. Tapi ada yang perlu diingat, karena tidak semua tanaman menyenangi akan cahaya matahari. Selain intensitas cahaya matahari, pemangkasan juga sangat dibutuhkan untuk perawatan tanaman buah pada pot. Daun daun yang tua sebaiknya di pangkas agar tabulampot bisa tumbuh dengan indah dan cantik dan terawat.