Tanaman Air Tawar Aquascape yang Paling Banyak Digemari

Tanaman hias air tawar banyak digunakan untuk menghias isi aquarium. Jenis tanaman yang dapat tumbuh di aquarium disebut dengan tanaman aquascape. Bukan hanya sebagai penghias aquarium, melainkan tanaman aquascape tersebut juga memiliki peranan penting lainnya seperti sebagai tempat tinggal ikan maupun sumber makanannya. Anda harus cermat dalam memilih jenis tanaman hias air tawar yang akan anda gunakan pada aquarium. Sangat dianjurkan untuk memilih jenis tanaman hias air tawar berwarna hijau karena tidak membutuhkan banyak pencahayaan.

Untuk jenis ataupun nama tanaman air tawar aquascape tersebut sangatlah beragam. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing sehingga menjadi banyak digemari dan populer di kalangan pecinta ikan dalam aquarium. Keindahan dan fungsi yang diberikan tanaman hias air tawar tersebut juga beragam. Keindahannya dapat tercermin dari bentuk fisiknya. Untuk mengetahui lebih detailnya, anda sebaiknya langsung simak jenis tanaman hias air tawar aquascape berikut ini.

Tanaman Air Tawar Aquascape yang Paling Banyak Digemari

Jenis Tanaman Air Tawar Aquascape

Jenis tanaman air tawar untuk aquarium diantaranya yaitu Hygrophila Difformis. Tanaman Hygrophila Difformis juga sering dikenal dengan sebutan Water Wisteria. Jenis tanaman Hygrophila Difformis ini dapat tumbuh dengan cepat. Hygrophila Difformis semakin menjadi idola karena segi perawatannya yang mudah. Jenis tanaman Hygrophila Difformis dapat bertahan hidup dalam suhu air 23 hingga 28 derajat celcius, ia hanya memerlukan pencahayaan yang sedang. Hygrophila Difformis bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 20 hingga 50 cm, sementara lebar sekitar 15 sampai 25 cm. Tanaman Hygrophila Difformis ini sangat sesuai jika digunakan sebagai karpet di aquarium. Tanaman Hygrophila Difformis paling banyak digemari para pecinta ikan di dalam aquarium sehingga membuat namanya cukup populer hingga ke seluruh pelosok di dunia.

Tanaman akuarium yang mudah didapat selanjutnya adalah jenis tanaman Java Moss. Tanaman Java Moss ini berasal dari Asia Tenggara dan biasanya banyak menempel pada batu, akar, dan juga kayu apung. Tanaman Java Moss dapat menerima semua jenis air dan segala jenis kualitas pencahayaan sehingga mudah hidup di berbagai tempat. Java Moss adalah jenis tanaman air yang dapat tumbuh dengan baik pada suhu 70 hingga 75 derajat fahrenheit atau 21 hingga 24 derajat celcius. Tanaman Java Moss ini banyak digunakan sebagai tempat bayi ikan dan juga berudu karena dapat melindungi mereka dari sergapan ikan dewasa kanibalisme. Selain itu, tanaman Java Moss ini juga berfungsi sebagai sumber makanan sekunder bayi ikan. Dengan begitu, tanaman Java Moss tersebut sangat penting untuk kelangsungan hidup biota aquarium.

Tanaman air hias untuk aquarium selanjutnya adalah Vallisneria. Tanaman Vallisneria memiliki tiga spesies yang banyak beredar di pasaran. Vallisneria adalah jenis tanaman hias air tawar aquascape yang berasal dari Eropa Selatan dan juga Afrika Utara, tetapi banyak ditemukan di daerah tropis. Ciri-ciri tanaman Vallisneria diantaranya yaitu bentuk daun yang memanjang seperti padi tetapi tipis dan lentur. Daun Vallisneria tersebut memiliki panjang yang bervariasi antara 30 hingga 1 meter dengan kisaran lebar 1 hingga 2.5 cm. Sementara untuk spesies Vallisneria spiralis bercirikan daun yang memelintir berbentuk spiral. Selain tanaman air tawar aquascape ini, sebaiknya anda juga membaca ulasan mengenai jenis tanaman hias bunga indoor yang tak kalah menariknya.

Demikianlah ulasan mengenai tanaman air tawar selengkapnya untuk anda sekalian. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar produk, teknologi, teknik perkebunan, budidaya, pertanian, tanaman maupun kehutanan.