SIRIH GADING TANAMAN HIAS UNTUK MEMPERCANTIK  HALAMAN

786 views

Kebun.Net – Sirih gading atau Sri gading atau dikenal juga dengan sirih belanda (Epipremnum aureum) adalah merupakan tanaman hias yang populer dijadikan sebagai tanaman penghias ruangan atau juga penghias pekarangan rumah, karena tanaman ini menarik, tahan lama dan mudah untuk tumbuh. Tanaman gading ini merupakan tanaman rambat semi epifit yaitu anggota dari suku talas-talasan (Araceae) memiliki daun yang halus, seperti kulit, berbentuk hati yaitu dengan khas marbling. Tanaman ini punya julukan tersendiri yaitu Golden pothos, devil’s vine atau devil’s ivy yang artinya tanaman ini sangat sulit untuk mati.

SIRIH GADING

SIRIH GADING

Tanaman sirih gading ini sangat mudah sekali dikenali karena warna daunnya yang belang hijau kombinasi kuning dan putih. Tanaman ini bisa tumbuh merambat sampai 20 meter dengan diameter batang sampai 4 cm. Tanaman ini sangat kaya akan manfaat :

  1. Menyerap nitrat

Tanaman ini biasanya diletakkan di atas aquarium karena tanaman ini mampu menyerap nitrat yang ada di aquarium sedangkan nitrat yang diserap tersebut digunakan untuk pertumbuhan sirih gading itu sendiri.

  1. Pembersih udara

Sirih gading ini merupakan tanaman salah satu juara dalam hal pembersihan udara. Tanaman ini bekerja membuang racun dan menghilangkan polutan dalam ruangan karena mengandung senyawa formaldehida, xylene, dan benzena. Seperti halnya kalau tanaman ini di letakkan di dalam ruangan maka tanaman ini akan membuang racun yang ditemukan di dalam plastik, isolasi, cat, karpet, sofa, asap rokok. Maka dari itu tanaman ini sering kali diburu selain sebagai penghias ruangan juga sebagai penyerap racun.

Untuk keperluan dekorasi ruangan cara tanam sirih gading ini cukup simpel dan mudah dengan menempatkan tanaman sirih gading tersebut di dalam vas atau botol dengan diisi air secukupnya , tetapi dengan catatan air harus diganti dalam kurun waktu 2 sampai 3 hari sekali agar tetap bersih dan tidak menjadi sarang jentik-jentik nyamuk. Air yang digunakan disarankan air sumur yang mengandung banyak mineral asli dari tanah. Tetapi jika di tanam di media pot yaitu dengan campuran tanah yang subur dan pupuk organik atau bisa menggunakan pupuk kandang. Media tanam tersebut digunakan untuk menambah nutrisi dan hara tanah agar tanaman sirih gading dapat tumbuh dengan baik. Pot tanam yang digunakan dapat disesuaikan dengan bibit sirih gading yang akan ditanam nanti. Kriteria bibit yang ideal diharuskan memiliki potongan batang yang agak jauh dari pucuk, kira-kira berkisar 10 cm. Dan saat penanaman pun diusahakan arahnya tidak terbalik. Pangkaslah tanaman secara teratur untuk mendapatkan tanaman baru dan membuat tanaman semakin banyak.

Perawatan tanaman sirih gading sangatlah mudah yaitu menjaga kelembaban tanah dengan menyiramnya secara rutin. Tanaman ini hampir tidak membutuhkan lagi pupuk tambahan, cukup dengan menggunakan kompos atau air yang mengandung mineral dan nitrat seperti air sumur dan air aquarium. Pada musim kemarau siramlah tanaman ini setiap hari tapi perlu diingat, semua tanaman jangan disiram saat pada saat terik siang hari apalagi langsung disiramkan pada daunnya. Daun tersebut bisa langsung rusak dan terbakar. Waktu yang tepat menyiram tanaman adalah di waktu pagi dan sore hari karena di waktu tersebut menghindari air lebih banyak menguap daripada terserap oleh tanaman.

Selain sebagai penyerap racun ternyata sirih gading sendiri mengandung racun yang cukup berbahaya bagi hewan peliharaan seperti pada kucing maupun anjing. Biasanya keracunan diawali dengan gejala iritasi mulut,muntah dan kesulitan untuk menelan.

Demikian pembahasan artikel sirih gading tanaman hias kaya manfaat tetapi mengandung racun, semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan pesan "SIRIH GADING TANAMAN HIAS UNTUK MEMPERCANTIK  HALAMAN"

Penulis: 
    author