Pupuk NPK Mutiara Manfaat Dan Cara Penggunaannya

5998 views

Pupuk NPK Mutiara Manfaat Dan Cara Penggunaannya. Pupuk NPK Mutiara adalah salah satu jenis pupuk majemuk yang mengandung sedikitnya 5 unsur hara makro dan mikro yang sangat dibutuhkan tanaman. Pupuk ini berbentuk butiran granul berwarna biru pudar yang biasanya dikemas dalam kemasan plastik. Pupuk NPK Mutiara dibuat menggunakan proses Odda melalui pelarutan batuan fosfat menggunakan asam nitrat.

Pupuk NPK Mutiara hingga saat ini masih diimpor dari Norwegia oleh karenanya harganya masih tergolong cukup mahal, yakni Rp. 25.000,- per 900 gram-nya. Kendati sangat mahal, pupuk ini tetap laris dipasaran karena khasiatnya yang cukup baik bagi pertumbuhan tanaman dengan reaksi yang cukup cepat.

Pupuk NPK mutiara hingga saat ini masih menjadi primadona bagi sebagian para petani untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman budidaya, termasuk tanaman hortikultura buah dan sayur-sayuran.

Pupuk NPK mutiara memang sangat bagus untuk merangsang tanaman agar lebih cepat menghasilkan buah, serta pada beberapa tanaman sayur mayur akan menjadikan daun dan organ tanaman lainnya menjadi lebih segar, daun dan batangnya menjadi lebih hijau cerah, serta batang, akar dan buahnya menjadi lebih kokoh, sehingga buah dan bunganya tidak gampang rontok.

Jenis pupuk NPK mutiara ini telah banyak dijual dan dikomersialkan untuk banyak petani di Indonesia. Walaupun begitu, penggunaan pupuk ini tidak sembarangan diberikan pada tanaman, melainkan harus sesuai dengan sesuai prosedur yang benar, artinya pemberian pupuk harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan per umur tanaman.

Pada dasarnya ada dua cara dalam penggunaan pupuk mutiara ini, yakni dengan cara diencerkan terlebih dahulu baru diberikan kepada tanaman, atau dapat ditebar langsung ke pusat tumbuh tanaman tanpa diencerkan (masih dalam bentuk padatan).

pupuk-npk-mutiara-manfaat-dan-cara-penggunaannya

Penggunaan Pupuk NPK Mutiara

Penggunaan Pupuk NPK Mutiara Cair

Sebelum menggunakan pupuk cair ini, sebaiknya anda ikuti terlebih dahulu tatacara dalam pembuatan larutan pupuk NPK mutiara cair berikut ini:

Bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan:

  • Siapkan 2 Liter air bersih
  • Siapkan 1 kg pupuk NPK mutiara yang masi
  • Siapkan ember yang dapat menampung larutan dengan massa (berat) lebih dari 2 Liter;
  • Siapkan pengaduk dari batang kayu/sejenisnya;

Cara/step/langkah kerjanya adalah sebagai berikut:

  • Masukkan 1 kg pupuk NPK mutiara pada 2 Liter air bersih di dalam ember, lalu aduk dengan batang pengaduk dari bantang kayu/sejenisnya;
  • Aduklah hingga pupuk NPK mutiara padat tersebut larut dalam air, kemudian diamkan selama 5 – 10 menit hingga benar-benar menjadi larutan PNK mutiara cair;
  • Lewat dari waktu tersebut, setelah itu dapat segera digunakan. (gunakan langkah yang akan diberikan di bawah ini)

Cara penggunaan larutan pupuk NPK mutiara cair

  • 2 Liter larutan pupuk NPK mutiara cair yang sudah dibuat tadi, selanjutnya dapat digunakan untuk beberapa kali pakai. Kalaupun larutan pupuk NPK cair habis, segera dapat anda buat lagi sesuai kebutuhan mengikuti langkah kerja di atas;
  • Cara penggunaannya: Untuk 2 Liter larutan pupuk cair yang sudah dibuat selanjutnya dilakukan pengenceran terlebih dahulu, caranya dengan dimasukkan 2 Liter NPK cair tersebut ke 8 Liter air, kemudian kocor/aduk-aduk hingga merata, barulah setelah itu disiramkan ke masing-masing tanaman/tepat di bawah akar tanaman, yakni dengan dosis per tanamannya adalah 200 mL atau setara dengan besar gelas air minum sehari-hari khusus untuk tanaman sayur mayur dan tanaman buah monokotil (berakar serabut, contohnya: sayur bayam, tomat rampai, mentimun, sawi, dan lainnya), sementara khusus untuk tanaman sayur mayur dari golongan tumbuhan dokotil (berakar tunggang, misalnya pohon jambu hasil cangkok, durian cangkok, mangga cangkok, dan lainnya), sebaiknya gunakan 4 Liter larutan NPK mutiara cair yang sudah diencerkan ke tiap-tiap tanaman.

Lihat dan catat hasil eksperimen, jika tanaman mengalami pertumbuhan yang bagus, berarti anda telah berhasil mengamalkan resep di atas.

Penggunaan Pupuk NPK Mutiara Padat

NPK mutiara padat dapat langsung disebarkan pada tanaman sayur mayur atau buah-buahan baik yang ditanam di area perkebunan hortikultura, halaman rumah, lahan persawahan, ladang, dan lain sebagainya.

  • Khusus untuk tanaman buah-buahan berbatang pendek dan tidak berkayu (monokotil) seperti, meliputi tomat, mentimun, jagung, kacang hijau, timun suri, semangka, dan tanaman monokotil (berkeping satu) sebaiknya berikan pupuk NPK mutiara sebanyak 0,1 kg tatau setara dengan 1 genggam tangan orang dewasa untuk tiap-tiap tanaman (per tanaman), diberikan pada tingkat usia tanaman tertentu, biasanya diberikan pada saat tanaman berumur di atas rata-rata 1 bulan ke atas. Sedangkan untuk tanaman buah yang berkayu seperti pohon jeruk nipis, jeruk manis, durian cangkokan, mangga cangkok, alpukat cangkok, dan tanaman dikotil (berkeping dua) lainnya, sebaiknya berikan 1 kg pupuk NPK mutiara tersebut untuk tiap tanaman. Pemberian pupuk NPK mutiara pada tanaman jenis dikotil jangan terlalu sering, melainkan setiap 2 bulan sekali saja. Atau bisa juga diberikan tiap 3 bulan sekali.
  • Dosis pemberian/penggunaan pupuk NPK mutiara pada tanaman sayur mayur yakni 2 genggam/tanaman, atau pupuk tersebut dapat disebar secara acak dengan ditaburkan acak pada semua penjuru tanah tempat tanaman tersebut tumbuh.

Itulah tadi 2 cara bagaimana cara penggunaan pupuk mutiara untuk tanaman hortikultura, baik penggunaan secara diencerkan terlebih dahulu, maupun dengan cara diterbarkan langsung karena memang dari padatan pupuk NPK mutiara tersebut.

manfaat-npk-mutiara-untuk-tanaman

Manfaat NPK Mutiara Untuk Tanaman

Pupuk NPK Mutiara mengandung 16% N (Nitrogen), 16% P2O5 (Phospate), 16% K2O (Kalium), 0.5% MgO (Magnesium), dan 6% CaO (Kalsium). Karena kandungan tersebut pupuk ini juga dikenal dengan istilah pupuk NPK 16-16-16. Pupuk ini memiliki banyak keunggulan dibanding pupuk NPK lainnya seperti pupuk NPK Phonska dan pupuk NPK Pelangi. Keunggulan tersebut diantaranya adalah:

  1. Mengandung unsur hara NPK sekaligus hara mikro CaO dan MgO yang sangat dibutuhkan tanaman.
  2. Dibuat menggunakan proses Odda sehingga bersifat mobile dan cepat bereaksi pada tanaman.
  3. Menjaga keseimbangan unsur hara makro dan mikro pada tanah.
  4. Pengapliaksiannya yang cukup mudah sehingga biaya pemupukan relatif lebih kecil.

Penggunaan pupuk ini tidak terbatas hanya untuk tanaman tertentu. Baik tanaman pangan, hortikultura, ataupun perkebunan, semuanya dapat menerima khasiat dan manfaat dari pupuk NPK mutiara ini. Pada tanaman keras seperti tanaman perkebunan, pupuk ini dapat diaplikasikan dengan menaburkannya sebanyak satu sendok teh pada tanah di sekitar perakaran tanaman. Sedangkan untuk tanaman hortikultura penggunaannya dapat dengan diencerkan terlebih dahulu, baru kemudian dikocorkan ke tanaman.

  • Manfaat pupuk NPK Mutiara yang pertama adalah dapat mempercepat, memperbanyak, memperkuat, serta memperpanjang akar tanaman. Sehingga dengan demikian akar akan mudah menyerap hara pada tanah.
  • Mencegah tanaman agar tidak kerdil.
  • Mempercepat pertumbuhan tunas pada tanaman.
  • Memperkecil kemungkinan tanaman mengalami kerontokan bunga dan juga buah, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian.
  • Dapat meningkatkan fotosintesis tanaman sehingga pembentukan zat gula, tepung dan protein lebih meningkat.
  • Meningkatkan produksi buah.
Untuk Keunggulan Pupuk NPK Mutiara ini sangatlah banyak,diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Untuk menjaga keseimbangan unsur hara makro dan mikro pada tanah.
  • Mengandung banyak unsur hara NPK serta unsur hara mikro seperti CaO dan MgO yang jelas sangat dibutuhkan tanaman.
  • Sangat mudah dalam penggunaannya karena pupuk ini mudah larut.