Pupuk Alami Bunga Mawar Agar Lebih Indah

1229 views

Kebun.Net – Siapa yang tidak tahu dengan bunga mawar? Bunga ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang jadi kegemaran banyak orang.  Selain itu, bunga ini juga sering dijadikan sebagai lambang cinta. Barangkali Anda juga salah satu penggemar bunga berduri ini. Dengan menanam bunga ini di sekitar lingkungan akan menjadikan lebih asri dan sedap dipandang. Apabila bunga ini tumbuh subur dan berbunga akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Bunga Mawar

Supaya kebun mawar sederhana kita terlihat lebih artistik maka diperlukan beberapa cara yang efektif serta berguna untuk menjadikan tanaman bunga kita ini tumbuh dan berkembang dengan baik. Untuk melakukan hal tersebut terkadang kita menggunakan jenis pupuk buatan untuk mempercepat pertumbuhan bunga mawar. Penggunaan pupuk bunga mawar buatan ini memang dapat menjadikan perkembangan tanaman lebih cepat. Akan tetapi penggunaan yang berlebihan dari pupuk bunga mawar kimia bisa menjadikan tanaman mawar Anda dipenuhi bintik–bintik pada batang dan daunnya. Selain itu, akan menjadikan hama lebih tertarik untuk datang ke tanaman Anda. Sehingga tak ada salahnya jika Anda mencoba memvariasikan pemakaian pupuk bunga mawar buatan dengan pupuk bunga mawar alami. Ini adalah pilihan yang paling bagus untuk mencegah pencemaran lingkungan di sekitar Anda.

Adapun beberapa jenis pupuk yang dapat Anda gunakan untuk kebun mawar Anda. Untuk memperoleh pupuk organik ini sangatlah mudah dan murah. Hasil yang diperoleh dengan memakai jenis pupuk bunga mawar organik ini tidaklah kalah dengan hasil dari penggunaan pupuk kimia. Tanaman Anda akan tetap tumbuh dengan subur dan menghasilkan bunga yang indah.

Berikut beberapa jenis pupuk bunga mawar organik yang dapat kita gunakan.

Berbagai macam bahan pupuk organik

Ampas Kopi

Ampas kopi memiliki kandungan yang baik untuk kita pakai sebagai pupuk bunga mawar alami. Ampas kopi sendiri memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, seperti magnesium (Mg), potasium atau Kalium (K), nitrogen (N) dan kandungan lainnya yang sangat diperlukan untuk media tanam kita. Kandungan nutrisi–nutrisi tersebut dapat meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan tanaman serta bunga mawar kesayangan milik kita. Untuk penggunaannya adalah dengan segenggam bubuk ampas kopi ditaburkan ke tanah atau media tanam tanaman kita.

Cuka Putih

Cuka putih amat gampang untuk kita dapatkan. Cuka putih dapat menambah keasaman dari media tanam dimana ini sangat diperlukan untuk perkembangan bunga mawar. Untuk memperoleh hasil unsur hara tanah yang terbaik, kita dapat menambahkan ampas kopi pada saat pengaplikasian cuka putih ini.

Campuran Rumput Laut Dan Molasses

Pupuk campuran dari rumput laut dengan molsses ini mampu menambah perkembangan bunga serta daun yang baru pada bunga mawar. Selain campuran dari rumput laut dengan molasses, kita juga bisa menambahkan campuran cuka sari apel, air dan garam epsom.

Kulit Pisang

Selain berguna untuk tubuh kita, pisang juga dapat memberikan nutrisi yang bagus bagi pertumbuhan tanaman bunga mawar. Bagian pisang yang dapat kita pakai tentu yang tidak kita makan, yaitu kulit pisang. Bagaimana kulit pisang dapat memberi nutrisi yang bagus untuk tumbuhan bunga mawar? Kulit pisang diketahui memiliki kandungan potasium atau Kalium (K) yang tinggi dan baik bagi tanaman. Penggunaannya sendiri cukup dengan menumpukkan kulit pisan pada media tanam yang kita ginakan.

Air Aquarium

Air Aquarium yang sudah lama jangan kita buang begitu saja. Karena ternyata dalam air tersebut terdapat senyawa Nitrogen (N) yang dapat menjadikan tanaman kita lebih hijau. Namun jangan gunakan air aquarium yang sudah sangat kotor tentunya. Karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman kesayangan kita.

Kulit Telur

Kulit telur merupakan salah satu suber kalsium karbonat (CaCO3) yang bagus bagi perkembangan tanaman bunga mawar kita. Dengan menghancurkan kulit telur menjadi bubuk bisa menjadikan kulit telur ini pupuk kompos yang bagus untuk tanaman kita.

Garam Epsom

Garam epsom merupakan pupuk bunga mawar organik yang dapat dibilang paling bagus untuk tanaman mawar Anda. Garam epsom ini merupakan sumber sulfat (SO4-2) dan magnesium (Mg) yang sangat diperlukan oleh mawar kita. Unsur magnesium (Mg) bisa dipakai pada proses fotosintesis sedangkan sulfat (SO4-2) bisa meningkatkan daya tanaman mawar untuk mengikat unsur hara secara maksimal.

Demikan beberapa pupuk bunga mawar organik yang bisa dipakai untuk budidaya tanaman mawar kita . Dengan memakai pupuk organik ini maka kita nisa mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan dari pemakaian pupuk bunga mawar kimia. Dengan membatasi pemakaian pupuk kimia maka kita sudah membantu menyelamatkan lingkungan sekitar.

Tinggalkan pesan "Pupuk Alami Bunga Mawar Agar Lebih Indah"

Penulis: 
    author