Prospek dan Cara Budidaya Pohon Zaitun Dari Induk Utama

Cara budidaya pohon zaitun sangat dibutuhkan masyarakat yang ingin membuka peluang bisnis dengan keuntungan tinggi. Pohon zaitun memang telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Salah satu hal terpenting dalam membudidayakan pohon zaitun ialah tanaman zaitun ini harus mendapatkan sinar matahari yang cukup dengan suhu di atas 25 derajat Celcius. Budidaya pohon zaitun tersebut bisa dilakukan di polybag dan ditaruh di dalam green house. Pohon zaitun ini adalah tanaman asli Timur Tengah yang dapat tumbuh subur di daerah panas. Budidaya pohon zaitun yang termasuk dalam salah satu tanaman mediterania ini lebih sulit ketimbang jenis tanaman lain. Bahkan, tingkat kematian tanaman ini bisa mencapai lebih dari 50% dari total yang dibudidayakan.

Pohon zaitun itu sendiri memiliki nama latin Olea europaea (minyak eropa) yang merupakan bagian dari spesies family tumbuhan kecil Oleaceae. Pohon zaitun tersebut tumbuh secara alami di wilayah Afrika, Mediterania, Arab Penisula, dan Asia. Pohon zaitun merupakan pohon sebangsa kayu yang berumur panjang lebih dari seratus tahun dan dapat menghasilkan buah secara terus-menerus. Berbagai penelitian ilmiah pun telah menyatakan bahwa buah zaitun tergolong zat makanan yang bagus. Cara membudidayakan pohon zaitun dapat dimulai dari induk pohon zaitun di Australia. Budidaya tanaman zaitun ini dilakukannya dengan mencangkok ranting induk pohon zaitun tersebut. Untuk info budidaya lengkapnya, dapat anda simak cara budidaya pohon zaitun berikut ini.

Prospek dan Cara Budidaya Pohon Zaitun Dari Induk Utama

Teknik Budidaya Pohon Zaitun

  • Penyiapan Bakal Bibit Zaitun

Pohon zaitun banyak tumbuh di daerah Mediterania ini dapat dibudidayakan melalui metode micro cutting. Teknik dan cara budidaya pohon zaitun tersebut yaitu cara budidaya zaitun dengan memeotong beberapa ruas ranting muda dari tanaman induk. Untuk bakal bibit zaitun yang dipakai, yang paling perlu diperhatikan adalah pemotongannya dari tanaman induk yang harus sesua tepat dibawah ruas daun. Kemudian 2-3 ruas daun (4- 6 daun) paling bawah dibuang daunnya untuk meminimisasi penguapan- selama akar tanaman zaitun tersebut belum tumbuh.

  • Penyiapan Media Tanam Zaitun

Pada saat pembentukan akar (rhizogenesis), media tanam yang digunakan sebaiknya yang ringan dan berporositas tinggi. Tujuan menyiapkan media tanam dengan syarat tersebut adalah ketika kita nanti menyiraminya dengan manual maupun otomatis untuk menjaga kelembaban daun, air yang tumpah ke media tanam mudah mengalir ke bawah. Pasalnya, air yang terjebak pada media tanam secara berlebihan bisa membuat bakal bibit zaitun menjadi lebih cepat busuk sebelum munculnya akar. Media tanam yang porous ini juga membuat akar muda mudah bergerak dan bercabang untuk terus tumbuh. Salah satu media tanam zaitun yang memiliki porositas tinggi yakni campuran dari pasir, arang sekam, tanah dan kompos. Komposisi media tanam sebagai cara budidaya pohon zaitun yang benar tersebut sekitar 1:1:1 :3.

  • Zat Nutrisi Tanaman Zaitun

Dalam melakukan cara budidaya pohon zaitun, perlu ditambahkan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT). Beberapa zat pengatur tumbuh yang dibutuhkan tanaman zaitun diantaranya adalah auxins, cytokinin, gibberellin, ethylene, polyamin, abscisic acid, dan phenolics. Di antara ZPT-ZPT tanaman zaitun tersebut, yang paling efektif terbukti mempercepat proses pembentukan akar pada tanaman zaitun adalah auxin. Auxin ini secara alami sebenarnya ada di tanaman. Auxin alami tersedia dalam bentuk apa yang disebut Indole Acetic Acid (IAA). Selain yang alami, auxin sintetis juga banyak diproduksi oleh para produsen bahan kimia pertanian, Indole -3-Butyric Acid (IBA) dan Naphthaleneacetic Acid (NAA).

  • Penanaman Tanaman Zaitun

Bila pembibitan tanaman zaitun tersebut berjalan baik maka sejumlah akar bisa mulai muncul sekitar 3 minggu kemudian. Kalau budidaya zaitun digunakan flora foam di pangkal bibit, pada usia 3 pekan ini akar-akar tersebut sudah muncul menembus flora foam-nya. Meskipun akar zaitun sudah mulai bermunculan, jangan langsung dipindahkan keluar incubator karena saat itu akar putih dengan panjang kurang dari 2 cm masih terlalu lemah untuk menopang kehidupan bibit zaitun baru di alam terbuka.

Tunggu sampai akar-akar tersebut memiliki panjang rata-rata antara 3 – 5 cm dan mulai sedikit kecoklatan, saat itulah anda bisa mulai pindahkan bibit zaitun ini ke media tanam. Tanaman zaitun bisa ditaruh di tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh. Cara budidaya pohon zaitun selanjutnya tinggal perawatan tanaman zaitun seperti penyiraman, pemupukan, dan pengendalian hama. Tanaman zaitun tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbaga keperluan manusia. Salah satu manfaat zaitun tersebut ialah dihasilkannya minyak zaitun.

Prospek Budidaya Zaitun

  • Peluang Bisnis Tanaman Zaitun

Setelah mengetahui tips dan cara budidaya pohon zaitun tersebut, kini saatnya kita mengetahui tentang prospek melakukan budidaya tanaman zaitun tersebut. Ternyata hampir 90% jenis pohon zaitun dimanfaatkan minyaknya. Meski begitu, ada juga buah zaitun yang dikonsumsi secara langsung, segar. Dari segi bisnis, buah zaitun yang dimanfaatkan minyaknya jauh memiliki nilai ekonomis dibandingkan buah zaitun segar. Keuntungan yang dicapai bisa berlipa ganda. Minyak yang dihasilkan dari satu zaitun ke zaitun lainnya juga berbeda. Minyak yang diproduksi dari zaitun tergantung dari jenis pohon zaitun. Oleh karena itu, bisa ada ratusan gradasi minyak zaitun dari ratusan jenis pohon zaitun.

Usaha budidaya tanaman zaitun rupanya cukup menjanjikan. Permintaan akan hasil olahan zaitun juga lumayan. Tak heran jika harga pohon zaitun terbilang cukup mahal. Tak terkecuali dengan pohon zaitun tertua sekalipun. Buah zaitun yang sudah tua bisa menghasilkan minyak zaitun yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari kesehatan sampai produk-produk kecantikan yang saat ini telah banyak beredar. Maka, tidak heran jika tanaman zaitun ini menjadi sangat populer, termasuk di Indonesia.

Banyak masyarakat yang fokus membudidayakan bibit pohon zaitun. Mereka tertarik membudidayakan tanaman zaitun ini karena permintaan pohon zaitun di Indonesia cukup tinggi. Sebagai tanaman yang tumbuh di daerah panas, zaitun sangat menyukai cuaca panas. Saat musim panas tersebut, pembudidaya tanaman zaitun bisa menjual lebih 100 pohon per bulan. Dengan harga jual bibit rata-rata Rp 300ribu hingga Rp 500 ribuan per batang. Dengan begitu, pembudidaya yang sukses bisa mengantongi omzet sekitar Rp 30 juta hingga Rp 40 jutaan per bulan. Namun sayangnya, bila sedang musim hujan tiba, omzet bisnis tanaman zaitun tersebut bisa anjlok.

  • Manfaat Tanaman Zaitun

Cara budidaya pohon zaitun tersebut harus selalu digiatkan. Mengingat beragam manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman zaitun tersebut. Di dunia kecantikan, minyak zaitun dapat digunakan untuk keindahan rambut. Salah satunya ialah rambut kering sebagai akibat dari polusi udara, paparan sinar matahari, terlalu banyak berada di dalam ruangan ber-AC atau bahkan terlalu sering menggunakan produk-produk berbahan kimia. Selain itu, minyak zaitun yang murni (Extra Virgin Olive Oil atau Un-refined Olive Oil) juga dapat digunakan langsung pada kulit kepala sebelum melakukan perawatan creambath. Bahkan campuran minyak zaitun dengan minyak jarak, perasan lemon serta larutan air dari seduhan daun peppermint diyakini sebagai resep alami untuk mencegah ketombe dan gatal pada kulit kepala.

Lain halnya untuk untuk perawatan wajah, produk kecantikan yang mengandung minyak zaitun dipercaya dapat membantu mempertahankan kelembaban dan elastisitas kulit sekaligus memperlancar proses regenerasi kulit, sehingga kulit tidak mudah kering dan berkerut. Untuk wajah, minyak zaitun dapat dicampur dengan masker atau diulaskan langsung pada kulit wajah. Sementara untuk tubuh minyak zaitun dapat digunakan sebagai carrier oil untuk campuran minyak esensial sebagai minyak pijat. Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai campuran body lotion atau sabun mandi untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit.

Minyak zaitun tersebut sangat bermanfaat bagi manusia, terutama para wanita yang ingin selalu tampil cantik. Bahkan, minyak zaitun juga berkhasiat untuk mempertahankan bentuk serta kekencangan payudara. Dengan begitu, para wanita akan lebih percaya diri lagi. Sedangkan untuk tangan dan kaki, minyak zaitun tersebut dapat juga digunakan untuk mengurangi kulit yang menebal pada telapak kaki, mempertahankan kehalusan kulit, serta menguatkan kuku. Minyak zaitun tersebut sangat menunjang bentuk dan penampilan fisik seseorang, terutama para wanita. Dengan begitu, para wanita akan selalu tampil cantik dan lebih maksimal. Untuk itu, tidak ada salahnya jika anda mulai melakukan budidaya minyak zaitun tersebut. Tidak hanya melihat aspek untungnya saja, melainkan juga mengetahui aspek manfaat yang akan anda dapatkan dari tanaman zaitun itu sendiri.

Prospek dan Cara Budidaya Pohon Zaitun Dari Induk Utama

Penggunaan minyak zaitun tersebut dapat mengurangi pemakaian obat-obatan penurun tekanan darah tinggi. Hal ini dibuktikan dari sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Aldovaroro di Universitas Napoli Italia dan dipublikasikan dalam Majalah Archives of Internal Medicine, tanggal 27 Maret 2000 M. Telah diadakan studi terhadap 32 pasien yang terkena penyakit tekanan darah tinggi dan mereka itu mengkonsumsi obat-obatan untuk darah tinggi. Hasil studi tersebut menunjukkan penurunan tekanan darah dalam kadar 7 poin di kalangan mereka yang mengkonsumsi minyak zaitun. Minyak zaitun juga berkhasiat dalam mengurangi kolesterol yang berbahaya di dalam tubuh. Minyak zaitun mampu menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol berbahaya, tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat.

Minyak zaitun mampu mengurangi resiko terjadinya penyumbatan (trombosis) dan penebalan (arteriosklerosis) di pembuluh darah. Hal ini dibuktikan dalam sebuah kajian yang dipublikasikan pada bulan Desember tahun 1999 M di Majalah AMJ CLIN NUTRL. Para peneliti menyatakan bahwa nutrisi yang kaya kandungan minyak zaitun bisa mengurangi pengaruh negatif lemak dalam makanan terhadap terjadinya pembekuan darah, dan selanjutnya mengu-rangi terjadinya penebalan pembuluh nadi jantung. Minyak zaitun ini juga berkhasiat dalam mengurangi serangan kanker. Penyebab menurunnya rasio kematian akibat serangan kanker di Laut Putih Tengah adalah karena makanan penduduk negeri tersebut mengandung minyak zaitun sebagai sumber utama lemak.

Minyak zaitun menurunkan resiko kanker rahim. Para peneliti telah menghubungkan antara wanita-wanita yang terkena kanker rahim dengan wanita-wanita yang banyak mengkonsumsi minyak zaitun. Hasilnya, para wanita yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih sedikit yang terkena kanker rahim. Di mana kemungkinan terjadinya kanker pada mereka turun sampai 26%. Selain itu, minyak zaitun juga berkaitan dengan kanker lambung. Sejumlah studi ilmiah modern menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur bisa mengurangi terjadinya kanker lambung. Tapi masih diperlukan berbagai studi ilmiah lanjutan mengenai hal ini.

Minyak zaitun juga dapat berperan sebagai ASI. Telah terbukti, para peneliti menemukan bahwa kebanyakan lemak yang terkandung di dalam ASI termasuk jenis lemak yang berantai tunggal. Jenis lemak ini dikategorikan sebagai lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia, dan itulah jenis lemak yang terkenal terdapat dalam minyak zaitun. Manfaat lainnya yaitu minyak zaitun mampu mengurangi peradangan sendi. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 145 pasien pengidap sakit persendian semacam arthritis di Yunani Utara. Mereka dikorelasikan dengan 108 orang yang sehat. Dalam penelitian tersebut terlihat bahwa pengkonsumsian minyak zaitun bisa memberikan andil dalam melindungi tubuh dari terjadinya penyakit peradangan sendi tersebut.

Bagi anda yang terserang kutu rambut, segeralah berburu minyak kelapa. Pasalnya beberapa studi yang dilakukan di beberapa Universitas dan Akademi di Amerika, tentang kutu kepala, menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun sebagai minyak rambut yang terkena kutu, dalam beberapa jam saja bisa membunuh kutu yang ada di kepala. Minyak zaitun ini pun dapat mencegah munculnya kanker. Seorang peneliti sekaligus professor, Asman mengatakan bahwa pengkonsumsian minyak zaitun bisa melindungi tubuh dari serangan sejumlah kanker lainnya, di antaranya kanker colon, kanker rahim, kanker ovarium, sekalipun jumlah studi ini masih terlalu minim.

Bagi anda yang hobi renang namun takut terkena kanker kulit, tidak usah khawatir dengan bantuan minyak zaitun. Majalah Dertmatdogg Times edisi bulan Agustus 2000 M menyebutkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa menggunakan minyak zaitun setelah renang sebagai krim kulit dan berjemur, akan melindungi terjadinya kanker kulit (melanoma). Selain itu, minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengurangi timbulnya tukak lambung. Gizi yang terkandung dalam minyak zaitun bisa memiliki pengaruh positif dalam melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit tukak lambung. Hal ini dijelaskan oleh Dr. Samût, dari Universitas Harvard Amerika, yang menyampaikan sebuah studi di Kongres Terakhir Organisasi Penyakit Sistem Pencernaan Amerika diadakan pada bulan Oktober 2000 M.

Fakta tentang manfaat mengejutkan lainnya tentang minyak zaitun yaitu minyak zaitun tersebut mampu menurunkan angka kematian. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam majalah Lanst yang terkenal pada 20 Desember 1999 M, menunjukkan bahwa negara paling miskin di Eropa, yaitu Albania, yang berpenduduk muslim, memiliki keistimewaan sedikitnya angka kematian di sana. Angka kematian yang tercatat di Albania tersebut di kalangan pria adalah 41 orang dari setiap 100.000 orang, separoh dari keadaan di Britania. Hal menakjubkan itu dipengaruhi oleh konsumsi minyak zaitun dalam makanan para penduduk Albania. Ada juga beberapa studi yang menunjukkan bahwa pengonsumsian buah-buahan, sayur-sayuran, dan minyak zaitun, memainkan peran penting dalam melindungi tubuh dari serangan kanker colon.

Minyak zaitun juga sering dipakai untuk membersihkan telinga dan mengatasi infeksi pada telinga. Namun kemungkinannya, minyak zaitun tidak efektif mengatasi kondisi tersebut. Risiko anda terkena penyakit jantung mungkin bisa menurun jika mengonsumsi minyak zaitun. Tidak hanya itu, sepertinya mengonsumsi empat sendok makan minyak zaitun tiap hari juga bisa mencegah terjadi serangan jantung. Namun perlu perhatikan penggunaan minyak zaitun bagi anda penderita diabetes, ibu hamil dan menyusui, serta yang ingin menjalani operasi. Sebaiknya hindari pemakaian minyak zaitun jika anda termasuk kalangan tersebut. Beragam manfaat minyak zaitun tersebut sangat luar biasa.

Itulah ulasan terupdate mengenai tips budidaya pohon zaitun yang benar selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar budidaya-budidaya terpopuler.