Pesona Tanaman Lee Kwan Yew

417 views

Kebun.Net – Tanaman rambat Lee kwan yew atau disebut juga tanaman janda merana adalah jenis tanaman hias yang belakangan ini semakin popular di kalangan masyarakat, karena tanaman ini memberikan kesan rindang dan artistik bagi orang yang melihatnya.

Biasanya tanaman lee kwan yew ini digunakan sebagai roof Garden dan vertical garden.

Oleh karena itu banyak sekali orang yang tertarik pada tanaman ini untuk dijadikan tambahan dekorasi rumah.

Tanaman ini mudah sekali didapatkan karena sudah banyak toko bunga terdekat yang menjualnya, kalau di daerah yang belum ada mungkin bisa dengan membelinya secara online.

Dengan harga yang murah, bibit tanaman lee kwan yew bisa didapatkan yaitu dengan ukuran kurang lebih 3-5 cm isi 5 batang tanaman ini dibandrol dengan harga Rp. 3500,- saja.

Pesona Tanaman Lee Kwan Yew

Pesona Tanaman Lee Kwan Yew

Untuk mendapatkan hasil juntaian yang panjang, lebat dan subur layaknya tirai hidup ternyata tanaman lee kwan yew ini tidak perlu susah – susah untuk cara menanam dan merawatnya.

Dengan diletakkan di pot saja dan diberi sedikit pupuk serta air secukupnya tanaman ini sudah bisa tumbuh dengan mudah, akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus lagi, tanaman ini lebih cocok jika ditanam di media tanah langsung. Karena lebih optimal dan leluasa maka tanaman ini akan cepat tumbuh dan daunnya pun lebih segar dan lebih lebar dari yang di tanam di media pot. Untuk jarak penanamannya semakin sempit maka akan semakin bagus hasilnya.

Tanaman ini biasanya di tanam di atas jendela, atap bangunan, dekat pagar atau tembok pagar. Dengan cara di stek batang proses perkembiakan dilakukan, yaitu dengan menggunting batang tanaman lee kwan yew yang sudah cukup tua diusahakan pemotongannya menyerong. Setelah itu rendam batang yang dipotong tadi ke cairan perangsang akar selama 5-10 menit, kemudian masukkan batang tersebut ke media tanam boleh dengan pot atau non pot (tanah) yang sudah dikasih pupuk secukupnya, setelah itu usahakan untuk mengurangi daun yang ada di batang tadi proses ini dikarenakan agar penguapan pada tanaman berkurang, sehingga tanaman lee kwan yew cepat untuk proses tumbuhnya.

Untuk perawatannya sendiri tanaman ini sangat simpel sekali yaitu dengan menyiramnya saja secara rutin dan berkala.

Tapi untuk hasil yang lebih maksimal bisa sesekali ditambah pupuk NPK daun, tapi ada juga yang menggunakan bahan penyedap masakan, hal ini dipercaya dapat membuat daunnya lebih hijau dan segar.

Disamping itu perlu pemangkasan juga bagian ranting yang tumbuh tidak beraturan karena nantinya akan merusak keindahan si janda merana tersebut.

Untuk lokasi atau tata letak lee kwan yew ini tidak membutuhkan tempat yang khusus, seperti harus tempat lembab, teduh, atau terkena sinar matahari. Karena tumbuhan ini mampu bertahan dalam keadaan lingkungan manapun, yang terpenting asupan air terkendali. Semakin tinggi media rambat untuk tanaman ini maka semakin terlihat menjuntai panjang terlihat sangat indah dan mempesona.

Tanaman lee kwan yew ini bersifat ramah lingkungan maksudnya di sini tanaman ini tidak akan merusak tembok rambatan jadi tidak perlu khawatir tembok nantinya akan rusak malah sebaliknya tembok akan terlindungi dari teriknya matahari serta hujan dan tergantikan dengan pemandangan yang indah dari juntaian panjang nan rimbun seperti tirai hidup. Karena tanaman ini memiliki akar pada pangkal pada media tanam saja, tidak seperti pada tanaman rambat lainnya.

Jadi tunggu apa lagi buat para pecinta vertical garden untuk membudidayakan tanaman ini di rumah agar rumah terlihat semakin mempesona dan yang pasti kekinian.