PEPEROMIA SEMANGKA  MENARIK BUAT TANAMAN HIAS RUANGAN

1390 views

Semakin kesini tanaman hias seperti kebutuhan sekunder buat perlengkapan hias rumah. Tanpa adanya tanaman hias rumah serasa tandus, unsur keindahannya kurang maksimal. Berbeda kalau rumah dilengkapi dengan tanaman hiasan rumah akan lebih terasa sejuk, enak di mata dan bisa buat perasaan menjadi tenang (relaksasi).

Sekarang banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa diaplikasikan di ruangan sebagai hiasan rumah seperti monstera, sukulen, kaktus, sirih, peperomia semangka, dan masih banyak lagi. Disini yang akan saya bahas tanaman peperomia semangka.  Dinamakan peperomia semangka karena merupakan genus dari peperomia argyreia. Dinamakan semangka karena daunnya penampilannya mirip  seperti buah semangka.

PEPEROMIA SEMANGKA

PEPEROMIA SEMANGKA

Tanaman ini berasal dari negara Amerika Selatan, dengan ukuran yang lebih kecil dan bentuk daun yang menarik. Kalau peperomia semangka di negara Indonesia ukurannya lebih besar sedikit bisa tumbuh sampai 12 inch sedangkan yang peperomia mini hanya bisa tumbuh setinggi 6 inch saja. Karena ukuran peperomia cenderung kecil sehingga membentuk rosette semak dan membuat penampilannya sangat cantik serta cocok untuk dijadikan tanaman outdoor sebagai ground cover. Selain itu, tanaman ini juga cocok di tanam di media pot dan sebagai hiasan meja.

Bentuk daun peperomia semangka ini mempunyai ukuran yang cukup lebar dan berbentuk oval dengan mempunyai tangkai di bagian tengah. Peperomia semangka ini mempunyai warna sangat menarik yaitu percampuran warna hijau dan stripe perak. Memiliki daun tebal yang menempel pada batang yang berwarna merah.

Tanaman peperomia semangka ini sangat mudah sekali di budidayakan. Jadi tidak perlu khawatir bagi para pemula yang belum pernah bergelut dengan tanaman sama sekali. Tanaman ini dengan cukup cahaya dan penyiraman yang tidak terlalu berlebihan dan kondisi yang tidak terlalu panas maka tumbuhan ini akan  tetap tumbuh dan bertahan hidup.

Media tanam untuk peperomia ini bisa di pot atau di tanah langsung, tapi jika ingin buat hiasan rumah lebih cocoknya di tanam di pot saja biar lebih kelihatan lebih teratur dan lebih menarik. Hal yang perlu diperhatikan jika menanam dalam pot adalah harus adanya drainase yang baik  yaitu pot pada bagian bawah harus ada bolongnya. Untuk medianya bisa menggunakan campuran kompos dan sekam bakar. Dan untuk pupuknya bisa menggunakan  pupuk NPK yaitu pemberiannya sebulan sekali selain itu bisa juga dikombinasikan dengan pupuk daun (growmore) pemberiannya setiap 3 minggu sekali.

Ideal penyiraman untuk peperomia semangka ini cukup 2x dalam seminggu atau tunggu sampai media tanam terlihat kering di bagian atas baru bisa untuk disiram karena tanaman ini tidak begitu suka dengan air, kalau kelebihan air maka batangnya langsung membusuk. Begitu pula sebaliknya jika penyiramannya kurang atau terlambat tanaman ini juga akan layu.

Untuk pencahayaan tanaman ini tidak bisa terkena matahari langsung, jadi sangat cocok jika di taruh di dalam ruangan atau tidak diletakkan di teras rumah yang masih ada atapnya untuk cahaya matahari tidak masuk secara langsung.

Perkembangbiakan tanaman peperomia semangka ini sangat mudah dan simpel yaitu dengan cara stek daun. Caranya pertama ambil daun beserta tangkainya terlebih dahulu menggunakan hormon perakaran pada potongan, sebelum dilakukan penanaman di media yang baru. Setelah itu tanam stek tadi dengan kedalaman sekitar  1 inch dan juga untuk menjaga kelembaban media tanam. Kalau untuk daun agar besar itu dengan bertambahnya usia dan tidak adanya trouble maker maka daun akan tumbuh dengan sempurna.

Demikian ulasan tentang tanaman hias Peperomia Semangka yang dapat digunakan sebagai pemanis rumah. Memiliki hunian yang dihiasi oleh tanaman hias akan membuat rumah terasa asri dan nyaman.

Tinggalkan pesan "PEPEROMIA SEMANGKA  MENARIK BUAT TANAMAN HIAS RUANGAN"

Penulis: 
    author