Nutrisi Hidroponik AB Mix, Pupuk Tanaman Terbaik

Alternatif metode bercocok tanam tanpa menggunakan media tanam berupa tanah melainkan dengan media air adalah pengertian dari hidroponik. Metode hidroponik dapat berjalan dengan lancar serta membuahkan hasil yang optimal jika anda memperhatikan beberapa faktor utama seperti kualitas media tanam, teknik penanaman, serta kualitas faktor pendukung. Faktor pendukung yang membantu kesuksesan metode hidroponik adalah cahaya matahari, pH, dan juga kelembaban.

Kunci utama kesuksesan teknik penanaman dengan metode hidroponik lainnya adalah kebutuhan nutrisi baik makro maupun mikro yang dibutuhkan oleh tanaman. Salah satu nutrisi yang berkhasiat tinggi untuk tanaman hidroponik adalah nutrisi AB mix. Nutrisi AB mix adalah bubuk yang dapat langsung digunakan setelah dicampur dengan air. Nutrisi AB mix tersedia dalam berbagai jenis tumbuhan, seperti sayuran daun, buah, tomat, cabe, dan bunga. Untuk info lebih lengkapnya, anda dapat langsung menyimak nutrisi hidroponik alami AB mix berikut ini.

Nutrisi Hidroponik AB Mix, Pupuk Tanaman Terbaik

Nutrisi Pupuk Hidroponik AB Mix

Nutrisi hidroponik AB mix telah banyak beredar di pasaran. Nutrisi AB mix telah memenuhi semua unsur yang dibutuhkan tanaman, baik makro maupun mikro. Semua unsur yang diperlukan tanaman tersebut seperti unsur Nitrogen (N), Fosfat (P), Kalium (K), Kalsium (Ca), Sulfur (S), dan Magnesium (Mg) untuk unsur makro tanaman hidroponik. Sementara untuk unsur mikro tanaman hidroponik yaitu Besi (Fe), Mangan (Mn), Seng (Zn), Boron (B), dan Molibdenum (Mo).

Cara membuat nutrisi hidroponik AB Mix yaitu dengan mencampurkan pupuk A dan B. Pupuk AB banyak dijual dengan bentuk kemasan dan dalam bervariasi ukuran. Pupuk A dan B dapat ditemukan secara terpisah (konsumen harus mencampurkan kedua pupuk tersebut sendiri) dan ada pula yang tersedia dalam kemasan larutan pupuk AB yang siap pakai. Untuk komposisinya pun berbeda antara pupuk A dan juga pupuk B.

Pupuk A mengandung unsur Kalsium (Ca), sementara pupuk B kaya akan kandungan unsur Sulfat (S) dan juga Fosfat (P). Campuran ketiga unsur tersebut (Ca, S, P) tidak boleh dicampur dalam kondisi pekat. Hal ini dikarenakan agar campuran ketiga unsur tersebut tidak timbul endapan. Endapan pupuk nutrisi hidroponik buatan sendiri tersebut tidak baik untuk tumbuhan karena berakibat menghambat penyerapan unsur-unsur hara pada tanaman.

Jika anda mendapatkan pupuk A dan pupuk B secara terpisah, anda bisa mencampurkannya dengan melarutkan masing-masing pupuk dalam wadah terpisah. Sebagai contoh, pupuk A dan pupuk B berukuran 5 liter. Larutkan pupuk A ke wadah pertama yang berisi 5 liter air. Aduk hingga tercampur rata. Campuran yang sempurna akan menghasilkan warna hijau kecoklatan dan keruh. Lakukan cara yang sama pada larutan pupuk B. Campuran yang sempurna akan menghasilkan warna putih keruh.

Larutan pupuk A dan juga larutan pupuk B tersebut dapat menghasilkan 1.000 liter larutan pupuk AB mix berkualitas tinggi. Sementara jika anda membelinya dalam campuran pupuk AB mix siap pakai (konsentrat), anda hanya perlu menambahkan air bersih secukupnya sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan. Selain pupuk organik cair, pupuk AB mix ini banyak digemari masyarakat untuk pertumbuhan tanamannya. Pupuk AB mix memberikan hasil yang lebih optimal pada tanaman.

Demikianlah ulasan mengenai nutrisi hidroponik AB Mix selengkapnya untuk anda sekalian. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar produk, teknologi, teknik perkebunan, budidaya, pertanian, maupun kehutanan.