Menghias ruang tamu dengan bunga Peace lily

609 views

Di Jaman yang semakin modern ini, semua sudah mengalami banyak perubahan salah satunya adalah ruang tamu yang dihias dengan tanaman hias. Memiliki ruang tamu yang dihias dengan tanaman hias akan membuat  ruang tamu menjadi cantik dan suasana menjadi segar. Banyak tanaman hias yang dapat digunakan untuk menghiasi ruang tamu, salah satunya adalah bunga Peace lily. Bunga Peace Lily tidak hanya digunakan untuk mempercantik taman atau halaman saja, tetapi dapat digunakan untuk mempercantik ruang tamu.

Bunga Peace Lily yang memiliki nama latin Spathiphyllum termasuk dalam keluarga araceae ini memiliki warna bunga yang berwarna putih dan bau yang harum. Bunga peace lily memiliki daun yang berwarna hijau tua dengan panjang 12-65 cm dengan diameter 3-25 cm. Bunga peace lily termasuk dalam tanaman pembersih ruangan dengan daun yang tipis dan bergelombang dan tumbuh secara berkelompok bila ditaruh didalam ruangan dapat bertahan hingga 14 hari tanpa terkena sinar matahari. Bila ingin menaruh bunga peace lily dalam jangka waktu yang lama di ruang tamu, maka bunga harus dijemur setiap dua hari sekali dibawah matahari selama beberapa menit.

Bunga Peace lily

Bunga Peace lily

Ruang tamu dapat menggambarkan pemilik rumah, dengan memiliki ruang tamu yang rapi, wangi dan indah menggambarkan pemiliknya yang bersih, sabar dan ramah. Banyak orang memilih menggunakan bunga Peace Lily untuk mempercantik ruang tamu di rumah mereka karena bunga Peace lily memiliki warna yang sangat cantik dan aroma yang harum. Keunggulan lain yang dimiliki bunga Peace Lily untuk mempercantik ruang tamu yaitu tanaman dapat terus berbunga meskipun ditaruh didalam ruangan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya bunga peace lily dapat terus berbunga meskipun berada di dalam ruangan yaitu:

  • Tanaman peace lily diletakkan di bawah lampu

Bunga peace lily merupakan tanaman yang alami dan tidak memerlukan sinar matahari yang banyak dengan kata lain hanya memerlukan sedikit sinar saja, sehingga meskipun diletakkan di dalam ruangan masih dapat tetap tumbuh dan berbunga.

  • Kelembaban tanaman selalu terjaga

Jaga selalu kelembaban tanaman dengan cara menyiram secara rutin setiap harinya. Pada musim kemarau bunga lily memerlukan kelembaban yang tinggi seperti saat berada di hutan hujan supaya bunga lily dapat tumbuh dengan subur, tetapi jangan terlalu banyak air karena akan membuat akar bunga lily menjadi busuk.

  • Media tanam yang sesuai

Gunakan campuran tanah, pupuk kompos dan pasir untuk media tanam bunga peace lily supaya dapat tumbuh dengan baik dan berbunga indah.

  • Pemupukan

Supaya bunga lily dapat terus berbunga saat berada di dalam ruangan, maka pupuklah tanaman secara rutin minimal seminggu sekali. Yang perlu diperhatikan pada saat memberikan pupuk yaitu jenis pupuknya, akan lebih baik bila menggunakan pupuk organik atau pupuk kompos, apabila kita menggunakan pupuk kimia akan membuat tanah menjadi tidak subur dan harus diganti dengan tanah yang baru.

  • Hindari matahari secara langsung

Tanaman bunga peace lily merupakan salah satu tanaman yang tidak memerlukan banyak sinar matahari, sehingga akan lebih baik bila meletakkan bunga peace lily ini ditempat yang teduh atau tidak terkena matahari secara langsung. Apabila daun sudah terlihat pucat menunjukkan bahwa bunga lily terkena banyak matahari sehingga harus segera dipindahkan.

Dalam dunia desain interior, bunga menjadi salah satu komponen aksesoris yang memiliki nilai magis tersendiri. Mendekorasi atau menata ruang tamu dengan menggunakan bunga dari tanaman hias dapat memberikan efek instan bagi sebuah ruangan sehingga membuat ruangan terlihat seperti baru.