Menghias kamar mandi dengan bunga Anggrek

333 views

Kebun.Net – Selain halaman atau taman disekitar rumah, bagian dalam rumah seperti kamar mandi juga perlu diperhatikan keindahan dan kebersihannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperindah kamar mandi yaitu dengan menggunakan tanaman hias. Salah satu tanaman hias yang dapat digunakan untuk mempercantik kamar mandi yaitu bunga anggrek. Bunga Anggrek yang memiliki nama lain Orchidaceae merupakan salah satu tanaman bunga yang memiliki kelembaban air yang cukup tinggi.

Menghias kamar mandi dengan bunga Anggrek

Anggrek

Bunga anggrek memiliki daging bunga yang tebal sehingga dapat tetap hidup dan bertahan dengan ketersediaan air yang terbatas. Anggrek dipilih sebagai tanaman hias untuk kamar mandi karena perawatannya yang mudah dan memiliki warna bunga yang mencolok dan bentuk bunga yang unik. Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk waktu yang lumayan lama, baik untuk sekedar mandi maupun bermalas-malasan di dalam bathtub. Ada beberapa cara perawatan yang harus dilakukan supaya tanaman anggrek tetap tumbuh dan berbunga saat diletakkan di dalam kamar mandi yaitu:

  • Matahari yang cukup

Meletakkan bunga anggrek di kamar mandi yang harus diperhatikan yaitu bunga anggrek cukup terkena sinar matahari, cukup diletakkan di dekat jendela saja karena bunga anggrek tidak memerlukan matahari secara langsung. Cara mengetahui bunga anggrek mendapatkan sinar matahari yang cukup yaitu dengan merentangkan tangan pada sinar matahari lalu lihat bentuk tangan apakah nampak jelas, bila iya itu menandakan bahwa sinar matahari terlalu banyak untuk bunga anggrek, bila tangan terlihat buram atau samar-samar maka sinar matahari cukup untuk bunga anggrek.

  • Temperatur ruangan tetap terjaga

Suhu ruangan harus tetap terjaga, suhu ruangan yang sesuai untuk bunga anggrek yaitu 14 derajat celcius pada malam hari dan 21-27 derajat celcius pada siang hari. Temperatur suhu yang tidak tetap akan membuat bunga anggrek berguguran sebelum mekar.

  • Pemotongan secara rutin

Lakukan pemotongan daun secara rutin sebelum bunga anggrek layu. Selain daun yang perlu dipotong juga adalah batang pohon anggrek yang sudah terdapat benjolan atau batang yang berada tepat diatas batang pertama. Selain itu ada beberapa tangkai yang harus dipotong juga, tangkai yang bunganya telah gugur dapat dipotong, dapat dimulai dari bagian dasar tanaman. Batang yang tersisa akan menumbuhkan bunga anggrek terbaru dalam waktu 8-12 minggu. Untuk merangsang supaya tanaman cepat berbunga, usahakan suhu ruangan di kamar mandi sekitar 4 derajat celcius di malam hari.

  • Cukup Air

Saat pemberian air pada bunga anggrek, lebih baik menggunakan air hangat minimal 1 minggu sekali. Saat penyiraman, usahakan air mengenai daun hingga daerah tanah dan jangan sampai air terkena ke kelopak bunga anggrek.

  • Rajin mengganti pot

Menggunakan bunga anggrek sebagai tanaman hias di kamar mandi yang harus diperhatikan yaitu pergantian pot. Pot bunga anggrek dapat diganti minimal 1-2 tahun, pot dapat diganti sesuai ukuran dan kesuburan bunga. Saat mengganti pot, letakkan ditempat yang lebih lembab. Gunakan pot yang terbuat dari plastik, karena bahan plastik dapat menahan air lebih baik.

  • Rajin memberi pupuk

Memberi pupuk sesuai jadwal akan membuat bunga anggrek tumbuh subur, pemberian pupuk lebih baik dicairkan dahulu dengan dicampur air supaya dapat merasuk dengan baik hingga ke akar tanaman. Pemberian pupuk pada tanaman anggrek dilakukan sebulan sekali.

 

Tanaman hias Anggrek ini akan membuat anda betah saat berada di kamar mandi. Bunga anggrek akan membuat kamar mandi anda menjadi lebih cantik dan segar, sehingga saat berada di dalam kamar mandi anda akan menjadi lebih tenang dan memperbaiki mood anda yang sedang memburuk.