Menghias halaman dengan tanaman Dianthus Merah

389 views

Kebun.Net – Tanaman hias Dianthus Merah atau yang lebih dikenal dengan bunga Dianthus Merah merupakan salah satu tanaman hias yang banyak disukai orang. Bunga Dianthus Merah disukai karena bunga ini memiliki warna bunga yang indah, cerah, mencolok dan terang sehingga sangat cocok digunakan untuk tanaman hias. Perawatan tanaman hias ini tidaklah rumit, hanya memerlukan beberapa treatment saja.Selain mudah perawatannya, tanaman hias ini juga mudah untuk dibudidayakan karena setiap bunga yang mekar akan menghasilkan biji yang dapat dibudidayakan.

Menghias halaman dengan tanaman Dianthus Merah

Dianthus Merah

Memiliki rumah dengan dilengkapi sebuah taman pasti akan membuat penampilan rumah menjadi lebih segar dan indah untuk di lihat. Taman merupakan salah satu hal yang membuat seseorang merasa betah dirumah, dengan adanya taman yang dihiasi dengan berbagai macam tanaman hias akan membuat mood seseorang menjadi lebih baik.Supaya tanaman ini tetap berbunga maka memerlukan beberapa perawatan khusus. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya tanaman ini tetap tumbuh dengan baik antara lain:

  • Lakukan pengecekan pH tanah setiap hari

Tanaman dianthus merah hanya dapat tumbuh dengan baik  pada tanah yang memiliki pH 6-7,5. Jika tanah anda memiliki pH lebih dari 7,5 maka anda harus mengoreksi keasaman tanah dengan cara melakukan pencampuran antara tanah dengan batu kapur dolomit.

  • Selalu jaga kesuburan dan kegemburan tanah disekitar tanaman hias

Tanaman dianthus hanya dapat tumbuh ditanah yang gembur saja, dan memerlukan sinar matahari secara langsung. Tanaman ini memerlukan sinar matahari 3-4 jam setiap hari.

  • Siram tanaman di setiap pagi hari

Penyiraman air akan memiliki dampak pada tanaman, karena bila terlalu sedikit menyiram air maka tanaman akan menjadi kering dan mati tetapi bila menyiram air terlalu banyak akan membuat akar tanaman menjadi busuk, jadi anda hanya perlu melakukan penyiraman sehari sekali saja karena tanaman ini tidak memerlukan air terlalu banyak.

  • Pastikan tanaman tidak terendam air

Pada saat menyiram air pada tanaman atau setelah hujan maka segeralah periksa tanaman karena tanaman tidak boleh tergenang air, hal tersebut dapat membuat tanaman membusuk dan terkena berbagai penyakit yang dapat menyerang tanaman.

  • Pupuklah tanaman setiap 2-4 Minggu

Lakukan pemupukan setiap 2-4 minggu, akan lebih baik bila pemupukan menggunakan pupuk alami yang bebas dari bahan kimia seperti menggunakan kotoran hewan, pupuk kompos, campuran nutrisi makro. Semakin murni kandungan pupuk yang digunakan akan membuat tanaman menjadi semakin subur dan tidak mudah layu.

  • Lingkungan disekitar tanaman selalu bersih

Jauhkan bunga dari sampah menumpuk seperti sampah plastik dan botol, selain itu jauhkan juga bunga dari bunga yang sudah mengering supaya tidak ada biji bunga yang jatuh di sekitar tanaman sehingga pertumbuhan tanaman tidak terganggu

 

Saat menggunakan bunga dianthus sebagai tanaman hias di taman, yang perlu diperhatikan yaitu bentuk dan struktur tanah. Jaga kualitas tanah dengan memberikan nutrisi seperti pupuk kompos. Jagalah selalu kebersihan taman dengan menghindari penumpukan sampah dari plastik, botol dan sampah lain yang tidak dapat diurai. Jangan membuang bekas minuman seperti kopi, teh atau minuman bersoda di sekitar taman karena akan berdampak pada tanaman hias dianthus merah yang ditanam di taman.

 

Memiliki taman yang indah karena adanya bunga dianthus merah akan membuat suasana rumah menjadi lebih indah, berwarna dan menarik. Rumah dengan taman yang penuh dengan warna bunga yang mencolok dari dianthus merah akan membuat rumah semakin hidup dan asri.