Mengenal Nama Nama Tanaman Hias Dan Manfaatnya

1159 views

Tanaman hias adalah tanaman yang paling banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Umumnya mereka banyak budidaya tanaman hias guna mengisi waktu luang ataupun menyalurkan hobi dalam bercocok tanaman. Selain dikarenakan tanaman yang indah, tanaman hias faktanya juga bermafaat untuk para pemiliknya. Sebagai contoh selain guna menyalurkan hobi manfaat lainnya untuk menghilangkan rasa stres yang berlebih. Nah, dengan kegiatan menanam tanaman hias seseorang menjadi lebih sabar, rajin, serta selalu berusaha merawatnya. Dan dari situlah rasa stress kita dapat hilang dengan sendirinya. Di Indonesia ada banyak sekali nama-nama tanaman hias yang dapat dibudidayakan dengan gampang dan tidak memerlukan biaya yang begitu mahal.

mengenal-nama-nama-tanaman-hias-dan-manfaatnya

Tanaman yang sering kita jumpai tersebut kebanyakan merupakan tanaman hias, baik itu tanaman hias daun maupun tanaman hias bunga. Dari kedua nama nama tanaman hias itu ada berbagai jenis tanaman yang sudah cukup populer dikenal dengan berbagai macam namanya. Setiap tanaman hias ini memiliki nama populernya tersendiri serta nama latinnya. Pada mulanya tanaman hias digunakan sebagai penghias halaman rumah dan kantor, namun berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa diantara beragam tanaman hias tersebut, sebagian memiliki khasiat obat. Tanaman tersebut dapat diramu menjadi obat tradisional untuk berbagai penyakit yang lazim diderita oleh masyarakat.

Nama Nama Tanaman Hias

Kenanga atau biasa disebut cananga odorata yaitu nama bagian sejenis bunga  serta pohon yang menghasilkannya. Tanaman kenanga ini banyak  di tanaman serta dijumpai di lingkungan sekitar rumah.  Bunga kenanga yang kerap di tanam di sekitar rumah misalnya ialah jenis kenanga perdu atau cananga odorata fruticosa. Kenanga biasa  termasuk tumbuhan asli dari indonesia. Di indonesia, tanaman kenanga banyak berperan di dalam upacara-upacara khusus contohnya upacara perkawinan. Kenanga termasuk flora identitas aceh serta  provinsi sumatera utara. Di daerah aceh bunga kenanga populer dengan nama Bungong seulanga.  Bungong yang populer dengan keharumannya ini jadi bunga favorit masyarakat aceh. Flora satu ini bahkan menjadi identitas dari wilayah aceh.

Mengobati berbagai jenis penyakit tersebut disebabkan tanaman ini mengandung berbagai komponen kimia penting. Di antaranya, flavonoida, saponin, polifenol, serta terkandung minyak atsiri. Terutama minyak atsirinya yang memiliki bau yang begitu khas ini mengandung banyak komponen yang penting. Yang bisa dipakai juga sebagai insektisida alami. Sejumlah komponen tersebut antara lain adalah eugenol, linalool, dan geraniol. Insektisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk memberantas hama serangga. Berdasarkan pada tingkat ketahanan serangganya, insektisida dibedakan menjadi tiga macam.

Manfaat Nama Nama Tanaman Hias

Bunga matahari atau Helianthus annus terdapat quercimeritrin, helianthoside, Asam oleanolat, sam echinocystat. Ada juga zat prostaglandin E, asam chlorogenic, asam quinat, serta lemak. Bunga matahari bermanfaat menurunkan hipertensi, sakit kepala, sakit gigi, kanker lambung, neyri lambung. Tanaman inin juga bisa menyembuhkan dismenorrhea (nyeri haid), radang payudara, rematik serta mempermudah kelahiran, dll.

Bunga mawar atau Rosa chinensis jacq terdapat Zat sitral, sitronelol, geraniol.  Ada juga zat linalol, nerol, eugenol, feniletilalkohol, farnsol, serta nonilaldehida. Bunga mawar manfaat melancarkan haid, mengobati keputihan, dan pembengkakan payudara. Bisa juga mengobati campak, disentri, TBC kelenjar leher, paru-paru, batuk darah. Dan bisa menyembuhkan radang usus, rematik, sakit kepala, menghaluskan kulit dll. air mawar juga banyak manfaatnya.

Sirih mengandung beberapa minyak asiri seperti betlephenol, kavikol, seskueterpen, hidroksikavikol. Ada juga kandungan cavibetol, estragol, eugenol, serta karvakrol. Daun sirih bermanfaat  mengurangi ASI yang berlebihan, keputihan, jantung, sifilis. Tanaman sirih juga bisa menyembuhkan alergi, diare, pendarahan gusi, sakit gigi berlubang, bronkhitis. Manfaat lainnya adalah menyembuhkan batuk, eksim, gatal-gatal sesudah melahirkan, menghilangkan bau mulut, jerawat, dll. Demikianlah ulasan tentang nama nama tanaman hias. Untuk menambah wawasan tentang nama nama tanaman hias baca juga bunga terompet yang sebelumnya telah diulas. Semoga bermanfaat bagia anda.