Mengenal Lebih Dekat Jenis Buah Tin Paling Mahal

2748 views

Buah tin memiliki nama latin Ficus carica yang merupakan spesies tanaman berbunga di genus Ficus. Buah tin ini berasal dari keluarga Moraceae. Pohon tin itu sendiri masih berkerabat dengan pohon beringin. Pohon tin dapat tumbuh besar hingga mencapai ketinggian 6.9-10 meter. Pohon tin tersebut bercirikan batang lunak yang berwarna abu-abu halus agak coklat. Selain itu, pohon tin memiliki getah lateks yang mengandung susu getah (latisifer) yang dapat membuat kulit manusia iritasi.

Buah tin memiliki khasiat yang tinggi dalam segi kesehatan. Buah dan daunnya dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh beragam penyait. Banyak orang yang salah menganggap bahwa buah tin sama dengan buah ara. Padahal buah tin sangat berbeda dengan buah ara. Buah ara tidak dianjurkan untuk dimakan manusia. Buah ara hanya boleh dijadikan makanan untuk hewan pemakan buah. Untuk mengetahui buah tin secara lebih detail, simak saja semua tentang buah tin berikut ini.

Mengenal Lebih Dekat Jenis Buah Tin Paling Mahal

Mengenal Tanaman Buah Tin

Selain mengetahui jenis tanaman buah mangga, sebaiknya anda juga mengetahui tentang jenis buah tin. Pohon tin dapat tumbuh dengan subur di wilayah dataran mediteranian, di tempat tropis, dan juga belahan bumi dengan 4 musim. Di setiap iklim tersebut memiliki jenis buah tin terbaik masing-masing. Seperti halnya jenis buah tin yang paling bagus ditanam di Indonesia yakni Brown Turki, Green Yordania, Purple Yordania, Panachee, Conadria, Red Israel, dan masih banyak lagi lainnya. Berbagai jenis buah tin termahal tersebut dapat tumbuh dengan subur dan banyak berbuah. Lain halnya dengan varietas yang berasal dari belahan bumi yang memiliki 4 musim. Varietas buah tin yang hidup di wilayah tersebut harus mendapatkan perawatan khusus saat ditanam di wilayah tropis.

Buah tin berbentuk lonjong bulat dengan diameter 3-5 cm. Kulit buah tin berwarna hijau muda, dan jika telah matang akan berwarna hijau, kuning, coklat, dan bahkan ungu tergantung dari jenisnya. Sementara untuk daging buah tin muda bercirikan basah serta lembut, dan jika telah matang akan berwarna colat atau ungu tergantung jenis buah tersebut. Sepanjang musim di Indonesia, buah tin dapat berbuah 3-4 kali per tahunnya. Buah tin sendiri memiliki daun yang berwarna hijau terang, tunggal, dan berukuran cukup besar. Daun tersebut ada menjari sebanyak 3 atau bahkan 5 lobus. Daun buah tin memiliki panjang 12-25 cm dengan lebar antara 10-18 cm tergantung jenis buah tin tersebut. Daun buah tin terasa kasar pada permukaan atasnya, sementara di bagian bawahnya terasa lebih lembut.

Pada umumnya buah tin terdapat 3 jenis, yakni Caducous, Persistent, dan Intermediate. Untuk jenis buah tin Caducous (Myrna) membutuhkan peryerbukan lebah buah tin dengan serbuk sari caprifigs untuk dapat berkembang, seperti jenis Calimyrna, Marabout, dan juga Zidi. Lain halnya jenis Persistent. Jenis buah tin Persistent (umum) tidak membutuhkan penyerbukan untuk berkembang. Jenis buah yang satu ini merupakan varietas buah tin yang paling umum ditanam. Sementara untuk jenis buah tin Intermediate yaitu varietas buah tin yang tidak membutuhkan penyerbukan untuk mengantur tanaman Breva, akan tetapi memerlukan penyerbukan. Di beberapa daerah, setidaknya buah tin jenis Intermediate (San Pedro) menjadi tanaman utamanya.

Itulah ulasan terupdate mengenai jenis buah tin paling mahal selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar kumpulan jenis tanaman buah tin.