Mengenal Jenis-jenis Tanaman Bunga Di Indonesia

99 views

Mengenal Jenis-jenis Tanaman Bunga Di Indonesia – Indonesia dikenal dengan jenis jenis tanaman bunga yang cukup beragam. Beberapa diantaranya cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah dan ada juga yang bagus jika ditanam di halaman depan ataupun belakang rumah. Bagi Anda yang tengah melakukan pencarian dari jenis bunga yang cocok untuk ditanam di bagian taman atau pun pekarangan rumah, maka cobalah untuk memilih beberapa jenis tanaman bunga di bagian bawah ini :

  1. Melati

Bunga Melati Putih (Jasminum sambac)

Melati dikenal sebagai jenis tanaman bunga yang dijadikan sebagai lambang nasional Indonesia. Hal ini tidak lepas dari keberadaan bunga melati itu sendiri yang dikenal sebagai bunga dengan lambang kesucian serta kemurnian. Sebagai jenis tanaman yang tumbuh di kawasan tropis dengan suhu hangat, melati terdiri dari sekitar 200 spesies tumbuhan. Selain itu, ia pun dikenal sebagai jenis tanaman yang hidup menahun dengan tampilan warna putih yang cantik dan juga memiliki aroma wangi.

  1. Kembang Sepatu 

Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis, L). (Foto: Nursery Live Wikipedia)

Kembang sepatu masuk dalam jenis tanaman yang berasal dari kawasan Asia Timur. Sejak jaman dahulu, jenis bunga ini seringkali dijadikan sebagai tanaman hias,utamanya di kawasan daerah dengan iklim tropis serta subtropis. Kembang sepatu memiliki ciri khas dari bentuknya yang cukup besar, tidak berbau dan memiliki warna merah yang menarik. Kembang sepatu juga memiliki fungsi yang beragam, beberapa negara lain bahkan menggunakannya sebagai bahan untuk menyemir sepatu, pewarna makanan, dijadikan sebagai bahan minuman teh serta digunakan sebagai bunga persembahan.

  1. Anggrek 
Bunga Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis)

Bunga Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis)

Anggrek dikenal sebagai jenis tanaman favorit karena cukup banyak dicari oleh masyarakat. Jenis tanaman bunga ini pun hadir dengan spesies yang cukup beragam dan bahkan beberapa orang berpendapat bahwa bunga anggrek memiliki spesies pembagian jenis bunga terbanyak. Bunga anggrek memiliki bentuk yang khas dan berbeda dengan tampilan dari bunga lainnya. Dalam sistem jual beli, tanaman yang satu ini dapat dijual per pot atau pun sebagai bunga potong. Di Indonesia ada banyak pilihan dari jenis bunga anggrek dan tidak terkecuali untuk jenis anggrek bulan, yaitu bunga dari pesona bangsa Indonesia dan juga dikenal sebagai lambang nasional dari Negara Thailand serta Singapura.

  1. Teratai 
Bunga Teratai

Bunga Teratai

Berbeda dengan jenis tanaman yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi. Untuk jenis tanaman yang satu ini, ia tidak tumbuh di bagian atas tanah secara langsung, melainkan harus ditanam di pekarangan rumah yang memiliki kolam air. Hal ini dikarenakan jenis bunga tersebut yang umumnya tumbuh di dalam air tenang dengan posisi daun serta bunga yang keluar pada bagian permukaan airnya, sedangkan tangkai serta akarnya justru terdapat di bagian dasar kolam. Teratai dikenal sebagai tumbuhan dengan 50 spesies berbeda dan dapat tumbuh di kawasan tropis juga subtropis.

Keempat jenis tanaman bunga di bagian atas tadi tentunya dapat Anda temukan dengan mudah di Indonesia. Selain memiliki tampilan menarik, jenis jenis tanaman bunga tersebut juga dapat menghiasi pekarangan rumah Anda dengan lebih indah.

Tinggalkan pesan "Mengenal Jenis-jenis Tanaman Bunga Di Indonesia"

Penulis: 
    author