Mendapatkan Pepaya dengan Bunga Lengkap

1 comment 236 views

Mendapatkan Pepaya dengan Bunga Lengkap. Perilaku tanaman pepaya yang menghasilkan tiga jenis bunga berkaitan dengan adanya sifat genetik yang dikendalikan oleh tiga gen yang berda pada satu tanaman, yaitu M1 (jantan), M2 (Lengkap) dan m (Betina). Tanaman dengan bunga jantan memiliki genotipe heterozigot (Mm), sedangkan tanaman dengan bunga betina memiliki genotipe homozigot (mm). Kombinasi gen-gen domina seperti MM, MM menyebabkan tanaman letal atau Mati.

Mendapatkan Pepaya dengan Bunga Lengkap

Mendapatkan Pepaya dengan Bunga Lengkap

Dengan pola genetik yang relatif kompleks, tidak mungkin diperoleh benih yang di[astikan menghasilkan tanaman yang hermafrodit 100%.

Simak Juga

Cara Tepat Budidaya Pepaya Agar Hasil Melimpah

Proporsi benih yang menghasilkan tanaman yang berbunga lengkap sangat tegantung pada kombinasi tetuanya, dengan pola sebagai berikut:

1. Bunga betina diserbuki oleh bunga jantan akan menghasilkan keturunan jantan dan betina dengan jumlah yang sama.

2. Bunga betina yang diserbuki oleh benang sari yang bersal dari bunga lengkap akan menghasilkan keturuna betina dan hermafrodit dengan jumlah yang sama.

3. Bunga lengkap disebuki oleh beang sari yang berasal dari bunga lengkap lian, baik dengan peyerbukan sendiri maupun peyerbukan silang akan menghasilkan keturunan betina dan hermafrodit dengan perbandingan 1:2.

4. Bunga lengkap atau hermafrodit yang diserbuki oleh bunga jantan akan menghasilkan keturunan jantan, betina, dan hermafrodit dengan jumlah yang sama.

Mendapatkan Pepaya dengan Bunga Lengkap tinggi

Mendapatkan Pepaya dengan Bunga Lengkap tinggi

Untuk mendapatkan tanaman pepaya dengan peluang bunga lengkap tinggi, benihnya harus dipastikan diperoleh dari persilangan bunga lengkap dengan bunga lengkap, karena peluangnya mencapai 2/3 dari total biji yang dikecambahkan. Dengan demikian, setiap polybag cukup diisi dua benih untuk mendapatkan kepastian penanaman tanaman yang berbunga lengkap dikebun.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah dalam satu tanaman bisa berbentuk lebih dari satu jenis bunga. kecendrungan perubahan jenis bunga atau ekspresi seks sangat dipengaruhi oleh faktor iklim sseperti kekeringa, suhu yang bervariasi, dan kandungan hara yang tidak seimbang.

Fase kritis dalam upaya mendatkan tanaman dengan bunga lengkap terjadi saat penanaman awal, terutama tiga bulan pertama dilahan. keadaan ini mensyaratkan saat pembentukan bunga pertama tanaman harus cukup air, suhu udara tidak terlalu tinggi dan berfluktuasi, serta mendaptkan pemupukan yang berimbang. (Baca  Memilih Lokasi Budidaya Pepaya Red Lady)

Faktor bunga lengkap selanjutna penting dalam upaya mendaptkan produksi tinggi. Jika tanaman kekurangan air, suhu terlalu tinggi dan berfluktuasi, serta hara yang tidak berimbang, akan terjadi banyak perubahan pembentukan bunga menjadi jantan, sehingga tidak terbentuk buah. Fenomena ini disebut skip, yakni ketika dalam batang terdapat kekosongan buah. untuk mengatasi hal ini, pada musim kemarau tanaman harus mendapatkan pengairan yang cukup dan pemupukan yang berimbang.

Dengan Pembahasan Mendapatkan Pepaya dengan Bunga Lengkap, semoga anda jadi terbantu saat budidaya pepaya. Simak juga artikel yang lain