Membuat Pestisida Organik Alami dari Bawang Putih untuk Membasmi Hama

Kebun.net – Kali ini kita akan membahas bagaimana membuat pestisida alami dengan menggunakan bawang putih. Pestisida atau biasa disebut membasmi hama yaitu bahan yang dipakai untuk mengendalikan atau membasmi organisme pengganggu atau berbagai macam hama. Pestisida berasal dari bahas inggris, Pest adalah hama, sedangkan cida adalah pembunuh atau pembasmi.

Ketika kita ingin memulai berkebun, salah satu masalah utama yang kita hadapi adalah hama. Hama tidak terlepas dari dunia pertanian. Hama adalah sekelompok oranisme yang datang atau menempel pada tanaman yang dapat mengganggu pertumbunan tanama atau dapat memakan daun-daun tumbuhan. Sedangakan penyakit tanaman yaitu sekelompok mikroorganisme atau patoten yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman para petani. Untuk membasmi hama tanaman ini, berbagai cara atau metode yang dilakukan untuk mengendalikan masalah hama ini, dari penggunaan pestisida kimia maupun pestisida alami yang berbagai ragam bahan dasar dan fungsinya.

Pada kesempatan ini kita akan menjabarkan dengan lengkap bagaimana cara membuat pestisida alami yang berbahan dasar bawang putih yang fungsinya untuk mengendalikan hama tanaman. Mari kita simak step demi step cara membuat pestisida berbahan dasar bawang putih:

Bahan dan Alat:
– 85 gram bawang putih
– 50 ml minyak sayur
– 10 ml deterjen/sabun
– 950 ml air
– Alat penyaring
– Botol


Cara Pembuatan:

– Kupaslah kulit bawang putih, lalu parut atau blender (lebih disarankan di parut).
– Setelah selesai di parut, campurkan dengan minyak sayur.
– Aduk hingga merata dan diamkan selama 24 jam.
– Lalu Tambahkan air dan sabun, aduk lagi hingga merata, lalu diamkan selama 3 hari.
– Setelah semua ampas mengendap, saring ampas tadi dan masukan cairan kedalam botol. dan siap digunakan.

Cara Penggunaan:
– Campurkan larutan dengan air, perbandingannya 1:19 atau 50 ml larutan dengan 950 ml air.
– Cara penggunaannya, kocok terlebih dahulu lalu semprotkan kebagian tanaman yang terserang hama. Cara ini dilakukan pada pagi dan sore hari.
– Untuk perawatan secara maksimal, bisa anda semprotkan per 2 hari sekali atau seminggu sekali.

Keterangan:
– Sabun cair: meningkatkan efek kualitas larutan, jangan sekali-kali mengganti dengan bubuk detergen karena mempunyai kandungan zat kimia yang cukup keras.
– Mengganti bawang putih yang masih mentah dengan produk-produk yang sudah dikeringkan dan berbentuk bubuk mungkin tidak akan memiliki efek yang sama karena cairan yang terdapat didalam bawang putih yang mentah yang diperlukan untuk anti hama.

Baca juga:
Bawang Merah dan Bawang Putih Hidroponik
Pupuk Perangsang Buah Alami Buatan Sendiri
Tanaman Obat Diabetes Alami Paling Ampuh
Tumbuhan Obat Sakit Gigi Tabulampot

Dengan ramuan ini, hama yang bisa ditanggulangi yaitu:
– Hampir 90% hama tanaman bisa ditanggulangi, baik pada daun ataupun media tanam.
– Tidak mempunyai efek mematikan untuk ulat daun.
– Dapat mematikan untuk siput bercangkang berukuran besar sebesar kelereng dan dengan dosis yang lebih besar, dapat mematikan siput telanjang.

Dari beberapa penelitian yang telah diuji kebenarannya, dapat disimpulkan bawang putih memiliki potensi sebagai insektisida alami dan tak dapat diragukan lagi bawang putih bisa dikembangkan sebagai salah satu insektisida alamiah yang bagus dan tepat guna untuk saat ini.

Demikin artikel tentang Membuat Pestisida Organik Alami dari Bawang Putih untuk Membasmi Hama. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para petani untuk membasmi hama-hama tanaman yang mengganggu.