Cara Menanam Dan Merawat Mawar Pelangi Yang Mudah

269 views

Mawar rainbow atau mawar pelangi selalu jadi primadona bagi para pecinta tanaman hias. Perpaduan warna mawar rainbow sangat indah seperti halnya sebuah pelangi.  Sekarang ini anda tidak perlu repot-repot membuat persilangan aneka jenis mawar untuk mendapatkan benih mawar rainbow ini. Sebab sudah banyak toko-toko tanaman hias yang menjual benih mawar rainbow. Atau bila kamu merasa tidak ada waktu untuk pergi ke penjual tanaman hias. Atau cukup pesan di toko-toko online dengan harga sekitar Rp 3.500 per biji. Di kalangan orang yang awam, mereka rupanya tidak percaya kalau memang benar ada yang namanya bunga mawar rainbow. Padahal dikalangan pecinta tanaman hias, bunga rainbow sendiri sudah menjadi salah satu icon yang paling diminati dan banyak dicari.

cara-menanam-dan-merawat-mawar-pelangi-yang-mudah

Mawar rainbow awalnya ditemukan oleh seorang ahli yang berasal dari kebangsaan Belanda dan bernama Van de Werken. Untuk bisa memperoleh bunga mawar rainbow yang indah, Van de Werken menerapkan persilangan dengan berbagai macam warna bunga mawar. Jika Anda ingin membudidayakan mawar rainbow. Sekarang ini tidak perlu khawatir lagi sebab sekarang di toko-toko tanaman hias banyak yang menjual bibit bunga mawar rainbow. Pada waktu menanam benih mawar rainbow, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Antara lain terkait media tanam dan juga pengairannya. Nah, Untuk media tanamnya, tanah yang dipakai untuk menanam benih mawar rainbow antara lain tanah berhumus dan didukung pula dengan pengairan yang cukup.

Cara Menanam Mawar Pelangi

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menanam bibit mawar rainbow. Media tanam yang dibutuhkan untuk penanaman bibit mawar rainbow harus berupa tanah yang berhumus serta pengairan yang cukup baik. Mawar jenis ini biasanya tumbuh kurang subur jika media tanamnya terlalu berpasir ataupun terlalu gembur. Mawar rainbow bakal rajin berbunga serta tumbuh subur pada saat sinar matahari yang diterimanya cukup. Sehingga perhatikanlah pula sinar matahari yang masuk ke tempat menanam mawar pelangi ini. Hal yang begitu penting ketika menanam mawar pelangi yaitu proses penanaman benihnya. Sebab akan menentukan apakah tanaman mawar rainbow tumbuh dengan baik ataupun tidak.

Buatlah lubang menggunakan sekop melengkung supaya lubang yang dihasilkan berbentuk silindris. Untuk Ukuran lubang 45x45x45 cm. Kedalaman yang baik itu jika kedudukan bagian bud union (percabangan utama) posisinya sejajar dengan permukaan tanah. Pada saat tanaman diletakkan dalam lubang. Cukup dengan mencangkul sekitar 45-55 cm. Kedalaman yang cukup itu bila percabangan utama pada bibit mawar letaknya sejajar padape rmukaan tanah. Pada saat mawar ditanam pertama kali. Jangan menanam terlalu dalam sebab mawar rainbow, akarnya tidak bisa menembus terlalu dalam.

Media dalam polybag yang berisi bibit mawar rainbow sebaiknya disiram sampai cukup basah. Angkatlah polybag, kemudian balikkan posisinya. Tekuk-tekuk pada bagian dasar polybag supaya bibit mawar, tanah, serta akar-akarnya terlepas dari polybag. Nah, Untuk polybag yang berukuran besar, pengeluaran bibit mawar rainbow bisa dengan cara menyobek bagian  polybag. Tanamkan bibit mawar pelangi ke dalam lubang tanam yang sudah disiapkan. Letakan bibit mawar rainbow tepat di tengah-tengah pada lubang tanam. Kemudian tutup dengan tanah sampai penuh sambil dipadatkan. Siramlah tanah di sekeliling perakaran tanaman mawar rainbow hingga cukup basah. Bibit mawar rainbow akan tumbuh segar tanpa melewati proses pelayuan atau istirahat dulu. Perawatannya sama dengan perawatan pada mawar kuning.