KHASIAT DAN MANFAAT BUNGA SEDAP MALAM

96 views

Kebun.Net – Bunga Sedap Malam (Sundal Malam – Melayu) yang cantik dan harum ini merupakan tanaman asli Mexico dengan nama latin Polianthes tuberosa dan menjadi primadona malam. Bunga ini banyak digunakan sebagai bahan parfum dikarenakan aromanya yang sangat eksotik.

Selain indah dan juga harum, bunga yang mekar di malam hari ini juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat bunga sedap malam yang bisa kita tanam dengan mudah di pekarangan atau pot sebagai penghias rumah kita,

MANFAAT BUNGA SEDAP MALAM
1. Mengobati Bisul dan Bengkak

Bunga sedap malam ini dapat dimanfaatkan bagian akarnya untuk mengurangi rasa sakit pada bengkak dan juga memudahkan untuk memecahkan bisul. Cara penggunaannya juga sangatlah mudah yaitu dengan mengambil sedikit akar sedap malam lalu cuci dan tumbuk sampai halus. Kemudian hasilnya tadi dioleskan ke bagian yang bengkak atau pada bisul.

2. Mengobati Radang Tenggorokan

Lagi-lagi bagian akar bunga ini dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya dengan mencampurkan akar sedap malam dengan sambiloto segar sebanyak masing-masing kurang lebih 20-25 gram ke dalam air 600 ml lalu rebus hingga tersisa setengahnya. Setelah itu saring dan minum dua kali (150 ml sekali minum).

KHASIAT BUNGA SEDAP MALAM

3. Mengobati Katarak

Bagian kelopak dari bunga sedap malam ini juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, yaitu ubat katarak. Cara penggunaannya yaitu dengan merebus kurang lebih 50 lembar kelopak bunga sedap malam ke dalam 1,5 liter air. Setelah dingin air rebusan kelopak bunga sedap malam tadi dipakai untuk mencuci mata.

KHASIAT DAN MANFAAT BUNGA SEDAP MALAM

4. Sebagai Campuran Parfum

Selain khasiatnya bagi kesehatan, ternyata bunga sedap malam ini juga dapat membuat seseorang lebih PD karena mempunyai bau yang mambuat pakaian lebih wangi. Benar sekali, sedap malam sudah lama digunakan oleh suku Asmat untuk dijadikan sebagai minyak wewangian. Sampai saat ini, sudah banyak sekali produsen wewangian yang memanfaatkan campuran bahan yang salah satunya adalah bunga sedap malam.