Karakteristik dan Manfaat Bunga Gelombang Cinta

696 views

Kebun.net – Bunga gelombang cinta ini pada beberapa tahun lalu sangatlah diburu para pecinta tanaman hias. Sebab bunga gelombang cinta ini mempunyai keindahan yang sangatlah berbeda dari pada tanaman hias lain. Dinamakan bunga gelombang cinta tetapi sejatinya tanaman ini tidaklah tanaman hias yang dinikmati indahnya bunga. Akan tetapi daunnya yang begitu unik serta indah. Ya, tetapi sesungguhnya gelombang cinta ini memang ada dua macam. Yaitu jenis gelombang cinta daun dan ada juga jenis gelombang cinta bunga. Mengapa tanaman ini pada beberapa tahun lalu memiliki harga yang begituĀ  fantastis ? Sebab tanaman gelombang cinta ini pada jaman dulu adalah tanaman hias yang begitu digemari oleh para raja jawa saat zaman kuno dahulu.

Sebab itulah, bunga anthurium ataupun gelombang cinta ini umumnya dijadikan sebagai hiasan di taman istana atau di tempatkan didalam istana. Untuk ciri fisik dari daunnya sendiri yaitu berwarna hijau tua dengan mempunyai urat serta tulang daun yang menonjol dan besar. Sebab hal itulah tanaman ini mempunyai kesan yang eksklusif serta juga mewah. Tanaman yang populer sebagai anthurium ini punya bentuk daun yang lebar serta unik. Berbeda dengan daun pada tipe bunga dan juga tanaman hias yang lainnya. Hal inilah yang bikin tanaman anthurium ini di masa kejayaannya mempunyai harga jual yang begitu tinggi, walaupun saat ini sudah tidak lagi.

Ciri-ciri Bunga Gelombang Cinta

Anthorium merupakan keluarga Araceae yang memiliki perakaran yang banyak, batang serta daun yang kokoh. Dan bunga berbentuk ekor. Tanaman dengan daun indah ini masih berkerabat dengan berbagai macam tanaman hias populer. Yang semacam aglaonema, philodendron, keladi hias, serta alokasia. Pada keluarga araceae, anthurium merupakan genus dengan jumlah jenis paling banyak. Diperkirakan terdapat sekitar 1000 jenis anggota marga anthurium. Bunga gelombang cintaa dalah salah satu tanaman hias indoor yang punya daya tarik tersendiri. Sebab bentuk daun serta bunganya unik. Ada dua jenis anthurium, yaitu anthurium daun serta anthurium bunga. Anthurium daun dinikmati sebab keindahan daunnya sedangkan anthurium bunga sebab keindahan bunganya.

Baca juga:
Cara Menanam Bunga Adenium di Pot
Manfaat Dan Efek Samping Tanaman Bunga Terompet
Ciri-Ciri Bunga Melati Beserta Kasiat Dan Manfaatnya

 

Manfaat Bunga Gelombang Cinta

Manfaat pertama dari bunga gelombang cinta ini yaitu sebagai hiasan. Ya, memanglah gelombang cinta termasuk salah satu jenis tanaman yang punya bentuk yang begitu indah. Bunga gelombang cinta ini cocok sekali menjadi tanaman hias di dalam rumah anda, ataupun pada teras rumah anda. Tanaman bunga gelombang cinta ini punya warna yang juga sangat indah dan juga menarik. Serta tentu saja salah satu solusi paling baik untuk anda yang ingin mempercantik ruang tamu atau pada bagian teras rumah anda.

Tanaman anthurium atau bunga gelombang cinta ini adalah salah satu macam tanaman berdaun lebar serta melakikan proses fotosintesis. Anda pasti telah memahami mengenai proses fotosintesis ini. Ya, proses fotosintesis ini termasuk proses dimana tanaman memasak makanannya sendiri. Dengan memakai klorofil serta juga cahaya matahari, tanaman bunga gelombang cinta ini dapat memasak makanannya sendiri. Proses fotosintesis ini menghasilkan tumbuhan atau daun akan melepaskan gas CO2.

Gas CO2 inilah yang begitu penting untuk manusia. Jika diletakkan pada ruang tamu, selain dimanfaatkan untuk dijadikan penghias. Tanaman gelombang cinta ini bisa membantu meningkatkan kandungan O2 yang terdapat pada dalam ruangan anda. Dan tentu saja hal ini dapat membantu menyegarkan ruangan anda serta meningkatkan sirkulasi udara di dalam ruangan rumah anda.