Jual Bibit Manggis Putih Unggulan

No comment 538 views

Tak hanya berwarna ungu, buah manggis ternyata juga memiliki varian warna putih. Buah manggis putih adalah jenis manggis yang paling unggul dengan harga jual yang lebih mahal. Meski cukup langka, buah manggis putih banyak ditemui di daerah Lingsor, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Disana buah manggis putih banyak dibudidayakan dengan beragam bibit manggis lingsar yang unggul.

Jual Bibit Manggis Putih

Buah manggis putih dibalut dengan warna kulit putih. Warna putih ini muncul ketika buahnya masih muda. Akan tetapi saat telah masak, warna putih buah manggis ini memudar. Warna putih tersebut berubah menjadi merah keunguan seperti halnya buah manggis pada umumnya. Di daerah Lingsor tersebut merupakan sentra jual bibit pohon manggis.

Cara Membuat Bibit Manggis

Benih manggis dapat diambil dari buah manggis tua yang berisi 5-6 segmen daging buah dengan 1-2 segmen berbiji sempurna. Beratnya minimal 1 gram dari pohon yang berusia sekitar 10 tahun. Cara membuat bibit manggis dapat dilakukan dengan cara sambungan. Bibit manggis sambung memerlukan batang bawah dan pucuk yang masih hijau. Setelah itu lanjutkan dengan teknik penyemaian bibit manggis super.

Penyemaian bibit manggis dapat dilakukan di dalam polybag yang berukuran sekitar 20 x 30 cm. Persemaian bibit sebaiknya disiram 1-2 hari sekali dengan penambahan urea dan SP-36 sebanyak 2-3g/tanaman setiap bulan. Setelah 2 tahun, bibit tersebut telah dapat ditanam lahan yang lebih luas. Pada dasarnya manggis putih dapat hidup dalam berbagai kondisi. Oleh karena itu, saat ini telah banyak beredar agen jual bibit buah manggis putih, jual bibit manggis tanpa biji, dan bahkan jual bibit manggis unggul.

Itulah ulasan mengenai jual bibit manggis putih selengkapnya untuk anda sekalian. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar teknik budidaya tanaman, pertanian, kehutanan, serta berbagai tips perkebunan.