Jenis Tanaman Obat Vertigo

227 views

Vertigo merupakan kondisi medis yang ditandai dengan rasa pusing yang di alami oleh penderitanya, sehingga penderita merasakan sekelilingnya berputar. Kondisi berputar ini mulai dari ringan sampai parah. Pada kasus yang sangat parah, vertigo dapat menyebabkan penderitanya mual dan muntah. Sebagian besar kasus penyakit vertigo terjadi ketika penderitanya tiba-tiba mengubah posisi kepala, seperti ketika bangun atau berdiri dengan cepat. Vertigo jenis ini diakibatkan karena adanya masalah yang terjadi di telinga bagian dalam, yang dikenal dengan sebutan vertigo posisi paroksismal jinak.

Jenis Tanaman Obat Vertigo

Sering penderita vertigo mengungkapkan keluhannya menggunakan kata yang tidak sesuai atau kata dengan arti yang tak lazim difahami oleh seorang dokter. Oleh karena itu dokter umumnya akan meminta agar penderita mengemukakan keluhannya secara terperinci dan jelas. Hal ini penting dilakukan untuk menegakkan diagnosis yang tepat. Misalnya apa yang dimaksud penderita bila ia mengeluhkan rasa sempoyongan, rasa mumet, dan puyeng.

Pengobatan Vertigo Secara Alami

Mengingat demikian kompleksnya penyebab vertigo ini maka sangat dianjurkan untuk menjelaskan semua keluhan yang diderita kepada dokter yang merawat penderita agar dokter bisa mengetahui penyebabnya sehingga obat yang diberikan juga bisa sesuai, selain itu dianjurkan agar terus mengkonsumsi obat herbal secara rutin tentunya dengan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli herbal. Dengan kombinasi pengobatan modern dan tradisional ini mudah-mudahan penyakit vertigo bisa hilang dan penderita bisa normal kembali. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi buah-buahan atau tanaman obat keluarga sebagai mediasi untuk menyembuhkan atau memperingan vertigo.

Tanaman Obat Vertigo

Jenis tanaman yang bisa mengobati vertigo yaitu jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki ciri umumnya bulat, berwarna hijau atau kuning, mempunyai diameter 3-6 cm dan mempunyai rasa yang sangat asam serta agak pait. Jeruk nipis ini berbeda dengan jeruk limau yang biasa digunakan perasan isi buahnya untuk memasamkan berbagai jenis makanan. Khasiat jeruk nipis dalam pengobatan herbal sudah tidak perlu diragukan lagi. Untuk mengatasi vertigo, anda perlu menyediakan setengah genggam daun jeruk nipis dan air perasan jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan. Cara pengobatanya mudah yaitu dengan cara menggosokkan ramuan yang telah dibuat ke bagian tengkuk, pelipis dan dahi. Lakukan seperti ini sebanyak 2x dalam satu hari.

Selain jeruk nipis, buah manggis juga bisa untuk menyembuhkan vertigo. Buah untuk mengobati vertigo Kulit buah manggis dipercaya sebagai obat untuk vertigo, asma, alzheimer, jerawat, disentri, diare, sariawan, bronchitis, pneumonia, parkinson, bisul, osteoporosis, HIV, asam urat, menurunkan kadar kolestrol, dan anti-depresi. Karena kandungan zat bagus pada kulit manggis sangat membantu dalam mengobati berbagai macam penyakit, maka mengkonsumsi ekstrak kulit manggis akan sangat berguna bagi tubuh kita. Ekstrak kulit manggis akan membantu meringankan dan mengobati vertigo. Oleh karena itu, mengkonsumsi ekstrak kulit manggis akan sangat menjadi pilihan yang bijak.

Seperti diketahui, kulit manggis mengandung antioksidan tinggi (xanthone), vitamin B1, B2 dan C, serta kaya akan kalsium, sodium, potassium dan zat besi. Xanthone pada kulit manggis juga mempunyai sifat anti-depresi, anti kanker, membantu menurunkan tekanan darah, menjaga stamina tetap prima, dan masih banyak lagi. Sedangkan daun sirsak memiliki kandungan seperti acetogenins, lemak, fosfor, fruktosa, besi, vitamin A, kalsium dan vitamin B. Senyawa acetogenins dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, stress, serta depresi. Kandungan ini juga dapat menyeimbangkan system syaraf yang kurang baik, dan berguna untuk mengobati penyakit vertigo.