Jenis Tanaman Hias Hidroponik yang Mudah Ditanam

121 views

Jenis tanaman hias hidroponik – Tidak bisa dipungkiri, belakangan ini ada banyak jenis tanaman hias yang dikoleksi dengan sistem hidroponik. Hidroponik sendiri merupakan sistem budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah, melainkan memanfaatkan larutan khusus yang mempunyai kandungan nutrisi kebutuhan tanaman. Jika sebelumnya, sistem penanaman ini lebih banyak digunakan untuk tanaman sayuran maka saat ini sistem hidroponik juga banyak digunakan sebagai metode penanaman tanaman hias. Terdapat beberapa jenis tanaman hias yang ditanam dengan sistem hidroponik, yuk cari tahu apa saja!

Bunga Matahari

Bunga Matahari

Bunga Matahari

Bunga matahari ialah tanaman yang biasanya tumbuh di lahan yang cukup luas. Siapa sangka jika tanaman cantik ini juga bisa ditanam pada media hidroponik. Anda bisa mengganti media tanam dari tanah menjadi arang sekam atau pasir. Selain itu, Anda bisa menempatkannya dalam sebuah pot, meletakkannya di halaman rumah menggunakan rak bersusun untuk menghemat lahan. Bunga matahari biasanya hidup penuh di penyinaran matahari sehingga dalam penanamannya Anda harus memposisi bunga matahari di luar ruangan. Untuk penyiraman bunga menggunakan larutan nutrisi, Anda bisa melakukannya sebanyak sekali sehari.

Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya juga termasuk salah satu jenis tanaman hias hidroponik yang paling banyak dibudidayakan hari ini. Penggunaan sistem hidrogel atau arang sekam untuk penanaman lidah buaya akan membuat tanaman ini tumbuh dengan sangat baik. Selain menempatkannya di luar ruangan, Anda bahkan juga bisa meletakkannya sebagai tanaman hias di meja ruang tamu lho. Untuk penanaman lidah buaya, ada baiknya Anda memilih pot dari asbes atau pot kaca sehingga hidrogel lebih terlihat. Lidah buaya termasuk tanaman yang cukup tahan terhadap  kekeringan sehingga Anda bisa menyiraminya sebanyak dua hari sekali.

Anggrek

Bunga Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis)

Bunga Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis)

Jenis tanaman hias yang satu ini memang sangat populer di kalangan pecinta bunga. Selain ditanam di media tanah, anggrek rupanya juga sangat sering ditanam menggunakan sistem hidroponik. Beberapa bahan tanam yang biasanya digunakan ialah pecahan genting, arang, kayu pakis dan sabut kelapa. Tanaman hias ini bisa ditanam menggunakan pot dari tanah liat dan disusun pada rak ataupun ditanam menempel di dinding dan digantung sehingga tidak mudah terserang hama. Anggrek sangat disukai karena bukan karena alasan cantiknya saja, melainkan juga karena nilai mahal dibaliknya.

Suplir

Suplir

Suplir

Terakhir ada tanaman hias hidroponik dari keluarga suplir. Tanaman yang satu ini sangat populer di era 90-an. Cukup mudah menemukannya karena suplir biasanya tumbuh di sisi selokan yang lembab. Tanaman ini juga memiliki beragam jenis varietas sehingga Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan selera. Tidak hanya bisa ditanam di media tanah saja, jenis tanaman hias hidroponik ini juga bisa ditanam di media pot khusus yang sudah diberikan larutan hidroponik.

Tinggalkan pesan "Jenis Tanaman Hias Hidroponik yang Mudah Ditanam"

Penulis: 
    author