Jenis Jambu Air Paling Baik Untuk Dibudidayakan

650 views

Kebun.net – Pembahasan kali ini adalah mengenai jenis jambu air yaitu mengenal jenis-jenis varietas jambu air apa sajakah yang ungggul.Serta jenis jambu air yang layak untuk ditanam pada pekarangan atau kebun anda. Mungkin anda pernah mendengar tentang jambu air king rose, jambu air madu serta jambu citra. Nah, pada pembahasan di bawah kita akan coba kenali beberapa jenis jambu air tadi, apa sajakah keunggulannya, bagaimana ciri-ciri untuk membedakannya dan cara membudidayakannya. Banyak sekali yang membudidayakan jambu air karena rasanya yang begitu menyegarkan. Dan jika berbuah menghasilkan buah jambu yang banyak sekali.

Jambu air madu serta jambu air citra termasuk dua jenis jambu air yang kedua-duanya disenangi sebab rasanya yang manis dan segar. Bila ingin membudidayakan kedua varietas tanaman jambu air tersebut, maka perawatan yang tepat akan sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Jambu air madu populer dengan rasanya yang begitu manis serta menyerupai madu. Tanaman ini berasal dari Deli. Jambu air madu dapat dibudidayakan dimana saja, baik di dalam pot maupun di luar ruangan seperti pekarangan rumah. Sedangkan jambu air citra termasuk buah asli Indonesia. Kelebihan dari jambu air citra ialah mempunyai ukuran yang besar. Keunikan dari rasa jambu air citra ini akan berasa lebih manis apabila musim kemarau.

Baca juga:
Cara Sukses Merawat Jambu Madu Deli Super Manis
Jenis Jambu Air Paling Baik Untuk Dibudidayakan
Karakteristik Dan Manfaat Jambu Mawar Si Wangi Kraton

Bagaimana Caranya Tanaman di Pot dapat Berbuah Lebat???

Menanam Jambu Air Madu

Agar jambu air madu bisa hidup dan berbuah dengan baik, maka perlu dilakukan cara berikut dalam menanam serta merawatnya. Varietas  unggul perlu dipilih supaya buahnya juga berkualitas baik. Selain itu keuntungan memilih benih yang berasal dari varietas unggulan bisa menjadikan jambu mempunyai daya tahan yang bagus. Sehingga hasil panen juga bagus serta daya jualnya menjadi tinggi. Apabila ingin menanam di tanah sebaiknya dibuat lubang yang dalamnya 3 meter supaya jambu dapat berkembang dengan sempurna. Kemudian jika ingin menanam di dalam pot harus menggunakan metode tabulampot. Jangan menggunakan pot yang ukurannya terlalu kecil sebab dapat mengakibatkan pertumbuhannya tidak harmonis.

Sebaiknya menyiram tnaman jambu sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Banyaknya penyiraman bisa ditingkatkan menjadi 3 sampai 4 kali dalam sehari saat cuaca sangat panas. Agar bisa tumbuh dengan optimal maka jangan lupa untuk memberinya dengan pupuk. Pemberian pupuk kandang serta pupuk NPK perlu dilakukan supaya kesuburan tanahnya bisa selalu terjaga. Agar buah jambu mempunyai kualitas yang bagus maka pemberantasan hama juga harus dilakukan. Pemberantasan hama dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida serta pestisida. Dapat juga dilakukan dengan cara membungkusnya dengan kertas koran ataupun plastik agar buah terjaga dari serangan ulat.

Jambu Air Madu Kesuma Merah

Jambu air madu jenis Kesuma Merah merupakan jambu madu air yang berwarna merah, dagingnya padat serta sangat rapuh. Warnanya yang merah menggoda seringkali menggoda banyak para pelanggan untuk memilih jambu merah ini. Kekurangan dari membudidayakan jambu madu kesuma merah ini adalah pada waktu berbuahnya. Jambu kesuma merah mempunyai waktu yang lebih lama untuk berbuah disebabkan pohonnya yang besar dibandingkan dengan jambu madu lainnya. Akan tetapi buah jambu ini banyak sekali penggemarnya karena bentuknya dan warna nya yang sangat menggoda para konsumen.

Demikianlah ulasan tentang jenis jambu air yang paling baik untuk dibudidayakan. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Untuk menambah wawasan anda baca juga ulasan mengenai cara mencangkok pohon jambu.