Jenis Dan Manfaat Tanaman Obat Keluarga

217 views

Tanaman obat keluarga adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Budidaya tanaman obat untuk keluarga dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Jenis Dan Manfaat Tanaman Obat Keluarga

Khususnya di Indonesia, tanaman obat keluarga atau dikenal dengan apotik hidup merupakan tanaman yang ditanam pada area di sekeliling rumah, halaman rumah, ditempatkan dalam pot atau ditanam pada kebun yang luasnya berukuran kecil. Hal tersebut dilakukan oleh pemiliknya untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan herbal keluarga. Adanya apotik hidup yang tak jauh dari tempat tinggal kita, tentu saja akan sangat bermanfaat, baik nantinya digunakan sebagai obat tradisional yang sifatnya mencegah atau mengobati berbagai penyakit akut hingga kronis sekalipun, sebagai bumbu pelengkap masakan atau menambah nilai estetika tersendiri jika tertanam dengan tertata rapi.

Tanaman Obat Dan Khasiatnya

Dengan mengetahui besarnya manfaat dari tanaman obat keluarga, pastinya semua orang ingin membudidayakan tanamanĀ  obat keluarga. Jika hendak membuat sebuah tanaman obat keluarga yang akan ditempatkan pada pot atau perkarangan kosong di tempat tinggal anda, beberapa tanaman obat keluarga berikut ini mungkin bisa menjadi referensi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Kunyit
Tanaman obat keluarga iniĀ  biasanya digunakan sebagai bumbu dapur atau yang biasanya digunakan oleh masyarakat Bangka Belitung untuk membuat masakan lempah kuning. Berbagai penyakitpun dapat diatasi oleh nya diantaranya : anti mikroba, pencegah kanker, mengatasi penyakit maag, menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah, anti oksidan, mengatasi rasa mual, pembalut luka dan menghilangkan gatal – gatal pada kulit. Tanaman kunyit ini bermanfaat menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah adalah dengan meminum airnya yang didapat dari memarut kunyit kemudian ambil sarinya berupa air. Lakukan hingga kadar lemak dan kolesterol turun.

2. Jahe
Sejak zaman dahulu, rimpang jahe dimanfaatkan untuk mengatasi keluhan masuk angin, mabuk kendaraan serta sakit kepala dan pusing. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam rimpang jahe bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menghambat oksidasi kolesterol.

3. Bawang Putih
Tanaman bawang putih selain untuk bumbu dapur juga memiliki manfaat yang sangat beragam, dapat dimanfaatkan untuk mengobati flu, batuk, dan mampu membunuh bakteri serta virus jahat yang menyebabkan penyakit. Penelitian menunjukkan jika konsumsi bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi yang mana dapat mengurangi risiki hipertensi dan penyakit jantung.

4. Sambiloto
Tanaman sambiloto ini mudah dijumpai karena banyak tumbuh di pekarangan. tanaman ininmempunyai daun yang kecil memanjang dan rasanya sangat pahit. Hasil dari penelitian mengatakan jika kandungan Andrigrapholide, senyawa lakton diterpenoid bisiklik yang terdapat di dalam sambilito bersifat melindungi hati serta terbukti efektif menjaga kesehatan hati dari berbagai efek negatif parasetamol maupun galaktosamin, sambiloto juga mampu memperlambat pertumbuhan serta perkembangan sel kanker.

Dengan menggunakan beberapa tanaman herbal di atas disamping tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya berobat seperti halnya ketika batuk melanda tak perlu pergi berobat cukup pergi ke pekarangan rumah untuk mengambil tanaman ini dan membuat ramuannya. Demikian nartikel saya tentang tanaman obat keluarga, mudah mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya.