Jambu Air Madu Deli dan Tips Perawatannya

No comment 372 views

Jambu air madu deli merupakan salah satu potensi alam hasil perkebunan di wilayah Sumatera Utara yang kini telah menyebar di seluruh pelosok Tanah Air. Buah jambu air madu deli memiliki ukuran yang relatif lebih besar daripada jambu air pada umumnya. Selain itu, jambu air madu deli ini juga memiliki keunggulan lain yaitu rasa yang dihasilkan relatif sangat manis seperti madu. Hal inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa jambu air ini dinamakan jambu air madu deli.

Jambu Air Madu Deli dan Tips Perawatannya

Di wilayah asalnya, jambu air madu deli biasa ditanam dalam perkebunan luas ataupun pot-pot. Namun teknik tabulapotlah yang paling banyak diminati. Tabulapot adalah cara terbaik bagi para pekebun jambu air yang tidak memiliki lahan yang cukup luas. Pohon yang dihasilkan pun relatif lebih pendek sehingga lebih mudah perawatannya dan memudahkan saat panen tiba.

Tips Perawatan Jambu Air Madu Deli

Pada dasarnya merawat jambu air madu deli tidak begitu sulit. Langkah pertama yang harus diperhatikan yaitu pemilihan bibit jambu air madu deli tersebut. Selanjutnya adalah cara menanam jambu madu tersebut. Setiap pohon jambu madu yang hendak ditanam sebaiknya diberi jarak sekitar 2 sampai 3 meter. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan pohon jambu tersebut tidak terganggu. Lakukan penyiraman pohon setiap pagi dan sore hari.

Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan pemupukan sekali dalam seminggu. Pupuk yang baik digunakan yaitu campuran pupuk NPK dan pupuk kandang. Apabila sedang berbuah, lakukan dua kali pemupukan dalam seminggu. Namun berhati-hatilah dalam pemupukan, jangan sampai terkena batang pangkal. Selain pupuk, penanganan hama juga perlu diperhatikan.

Itulah ulasan mengenai jambu air madu deli dan tips perawatannya selengkapnya untuk Anda sekalian. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda yang mencari informasi seputar budidaya, kehutanan dan perkebunan serta pertanian saat ini.