Ini Dia 6 Tanaman Hias Merambat Paling Populer

363 views

Beragam tanaman hias rambat sering membuat para penghobi tanaman hias berlama-lama di toko tanaman. Tanaman hias rambat sangat cocok di tanam didekat dinding rumah. Dengan adanya tanaman hias rambat tersebut, lingkungan tampak nyaman, asri dan tidak terlihat kaku. Menanam tanaman rambat tersebut merupakan salah satu tips untuk menghias area eksterior rumah. Tanaman hias rambat itu sendiri terdiri atas tanaman berkayu dan ada pula tanaman batang lunak.

Dibandingkan tanaman hias rambat batang lunak, tanaman hias rambat berkayu terbilang lebih sulit diatur karena batang kayunya keras, akibatnya tanaman hias rambat berkayu tersebut lebih sulit diarahkan untuk mengikuti alur sulurnya. Beragam jenis tanaman hias rambat dapat menjadi pilihan favorit anda. Untuk mengetahui deretan tanaman hias rambat tersebut, sebaiknya anda langsung simak saja macam-macam tanaman hias merambat berikut ini.

Ini Dia 6 Tanaman Hias Merambat Paling Populer

Aneka Tanaman Hias Merambat

1. Alamanda

Kuntum bunga alamanda ada yang kecil dan ada pula yang besar. Warna tanaman hias merambat berbunga tersebut juga beragam, mulai dari kuning, ungu, hingga ungu kekuningan. Alamanda mampu tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun tinggi. Tumbuhan ini biasa ditanam sebagai pagar hijau. Jika hendak menjadikannya tanaman untuk pergola, pastikan pergola anda memiliki rangka yang kuat, karena alamanda tumbuh sangat lebat.

2. Jalaran Api

Jika dinding warna anda gelap atau kegelapan, menjadikan tanaman hias merambat di dinding ini merambat didinding rumah anda dengan keindahan yang sangat cocok. Dengan bunga berwarna orange menyala dapat membuat lingkungan rumah menjadi segah dan meriah.

3. Dolar Rambat (Ficus Pumila)

Tanaman dollar merupakan jenis tanaman hias rambat yang paling banyak digunakan untuk ditanam melapisi dinding luar rumah. Tanaman dollar terdiri atas yang berdaun lebar dan yang berdaun kecil. Tanaman hias merambat untuk kanopi ini tidak berbunga, hijau sepanjang tahun, dan bisa tumbuh sangat lebat. Akarnya bisa menembus dan merusak dinding, jadi Anda harus selalu berhati-hati dan mengawasi pertumbuhannya.

4. Mawar Rambat

Terdapat beberapa jenis mawar memang tumbuh merambat sehingga dikategorikan sebagai jenis tanaman bunga merambat. Umumnya, jenis tanaman mawar rambat ini memiliki kuntum bunga yang besar. Warna bunganya sangat beragam, mulai dari merah, kuning, putih, sampai perpaduan warna merah dan kuning muda.

5. Daun Sirih

Tanaman sirih biasanya lebih dikenal sebgai tanaman herbal. Namun karena memiliki batang yang merambat dan daun yang banyak, menanam sirih sebagai tanaman hias dinding tentu bukan tanpa sebab. Banyak jenis sirih yang memiliki daun yang menawan yang bisa dijadikan tanaman hias rambat. Dengan menanam Sirih, Selain penyegar suasana, barangkali suatu waktu kita membutuhkan daun sirih sebagai obat, seperti tanaman obat diabetes alami.

6. Mandevilla

Warna bunga mandevilla yang umum dijumpai yaitu merah muda dan putih. Sekarang, tanaman hias rambat mandevilla ini sedang tren dirambatakan dirambatan besi. Tanaman hias rambat mandevilla ini mampu tumbuh tinggi. Batang tanaman hias mandevilla tidak selalu mengikuti sulur jadi sesekali perlu ditali dengan rafia, jika ingin tumbuhnya mengikuti alur pergola. Tanaman hias rambat yang satu ini cukup kuat menahan serangan hama serangga dan mudah tumbuh di iklim tropis. Tanaman hias rambat mandevilla tersebut banyak digemari masyarakat.

Itulah ulasan mengenai tanaman hias merambat selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar tanaman hias.