Hutan Hujan Tropis di Indonesia dan Persebarannya

918 views

Hutan hujan tropis pada dasarnya merupakan hutan di areal tropis yang mendapatkan hujan sepanjang tahun. Hutan hujan tropis umunya juga sering dikenal dengan sebutan hutan everwet (selalu basah) atau evergreen (selalu hijau). Di dalam hutan hujan tropis ini terdapat beraneka jenis tanaman dan binatang. Lebih dari setengah spesies tumbuhan dan binatang menempati hutan hujan tropis tersebut.

Hutan Hujan Tropis di Indonesia dan Persebarannya

Berdasarkan Corlett dan Primack (2011), hutan hujan tropis memiliki 3 tipe yang diwakili 3 blok besar. Namun ternyata ada 2 blok kecil dengan keunikan tersendiri yang menjadi pembeda ketiga blok besar tersebut. Dengan demikian secara garis besar hutan hujan tropis memiliki 5 wilayah persebaran dengan keunikan tersendiri pada ekosistem di sekitarnya. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini wilayah persebaran hutan hujan tropis di Indonesia.

Hutan Hujan Tropis Asia Tenggara

Wilayah hutan hujan tropis di Indonesia merupakan tipe hutan hujan tropis terbesar ketiga di dunia. Hutan hujan tropis Asia Tenggara ini juga terletak di semenanjung Malaya. Di wilayah Indonesia itu sendiri terletak di hampir setiap pulau besar, misalnya Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi atau yang sering dikenal dengan Sunda Besar.

Hutan hujan tropis Asia Tenggara di bagian semenanjung Malaya meliputi kawasan Kamboja, Laos, Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Myanmar. Ada juga sebagian wilayah lain seperti Cina bagian Selatan dan Taiwan. Untuk blok hutan hujan tropis di Pulau Papua memiliki karakteristik flora dan fauna yang berbeda dengan blok Asia Tenggara.

Itulah ulasan mengenai hutan hujan tropis di Indonesia dan persebarannya selengkapnya untuk Anda sekalian. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda yang mencari informasi seputar budidaya, kehutanan dan perkebunan serta pertanian saat ini.

Tags: #Hujan #Hutan #Indonesia #kehutanan #Persebarannya #Tropis