Eksploitasi Sumber Daya Alam Dalam Ekosistem Lingkungan Hidup

Sumber daya alam dalam ekosistem lingkungan hidup memiliki pengaruh besar dalam ekologi bumi. Oleh karena itu, sumber daya alam harus dimanfaatkan sebaik mungkin dengan menerapkan etika-etika. Sumber daya alam yang dimanfaatkan tanpa batas (eksploitasi) tentunya akan menimbulkan dampak negatif, apalagi eksploitasi sumber daya alam yang tidak terbarukan seperti gas bumi dan minyak.

Eksploitasi Sumber Daya Alam Dalam Ekosistem Lingkungan Hidup

Pada dasarnya eksploitasi sumber daya alam dapat didefinisikan sebagai bentuk atau upaya pemanfaatan sumber daya alam di suatu wilayah untuk pemenuhan kebutuhan banyak orang. Eksploitasi sumber daya alam yang tidak bertanggung jawab menjadikan habitat sumber daya alam rusak dan punah. Rusaknya habitat sumber daya alam ini mengakibatkan rusaknya ekosistem dan rantai makanan kehidupan.

Eksploitasi Sumber Daya Alam

Eksploitasi sumber daya alam dapat terjadi di areal lahan, baik di suatu pertanian, kehutanan maupun perkebunan. Deferostasi merupakan salah satu bentuk eksploitasi lahan tersebut. Deferostasi diartikan sebagai penggantian lingkungan hidup asli. Sebagai contoh, kegiatan merubah areal hutan menjadi lahan pertanian. Aktivitas tersebut dapat mengakibatkan degradasi lahan. Degradasi lahan tersebut dapat berakibat buruk seperti hilangnya flora dan fauna bahkan berkurangnya sumber air.

Selain eksploitasi lahan, eksploitasi biotik juga sering terjadi. Dalam memanfaatkan sumber daya alam hewan dan tumbuhan harus diperhatikan dengan lebih teliti. Hal ini dilakukan agar hewan dan tumbuhan tersebut tidak mengalami kepunahan. Lain halnya dengan eksploitasi pesisir dan lautan, eksploitasi yang berlebihan di areal ini akan mengakibatkan terjadinya abrasi.

Itulah ulasan mengenai ekspolitasi sumber daya alam dalam ekosistem lingkungan hidup selengkapnya untuk Anda sekalian. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda yang mencari informasi seputar budidaya, kehutanan dan perkebunan serta pertanian saat ini.