Daftar Tanaman Berbunga Sepanjang Tahun

165 views

Daftar Tanaman Berbunga Sepanjang Tahun – Siapa sih yang tidak ingin mengoleksi jenis tanaman yang bisa berbunga sepanjang tahun? Tentu semua orang menginginkannya, terkhusus Anda para pecinta bunga hias. Sebagai informasi tambahan, berikut ini kami rangkum beberapa daftar tanaman rambat yang bisa berbunga sepanjang tahun.

Mandevilla

Mandevilla

Mandevilla

Di posisi pertama ada tanaman rambat dari keluarga Mandevilla. Tanaman cantik ini memiliki bunga yang harum dan tumbuh melimpah. Terdapat beberapa pilihan warna menarik bunga Mandevilla yang populer di Indonesia seperti Mandevilla mewah, pink dan putih. Biasanya, tanaman Mandevilla akan ditanam di dekat pagar besi sehingga mudah merambat. Ada banyak keuntungan menanam Mandevilla, salah satunya karena Mandevilla termasuk tanaman yang sangat menyukai sinar matahari alias cukup tahan cuaca panas. Semakin banyak terpapar sinar matahari, maka semakin banyak dan semakin baik pula bunga Mandevilla yang tumbuh.

Flame of Irian

Flame of Irian

Flame of Irian

Flame of Irian termasuk salah satu jenis tanaman hias yang berasal dari Papua. Tanaman yang satu ini bisa berbunga sepanjang tahun sehingga sering kali dijadikan koleksi utama oleh para pecinta tanaman hias. Hanya saja, Flame of Irian cukup sulit ditemukan di daerah Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Hanya saja, Flame of Irian termasuk tanaman yang bisa tumbuh di seluruh wilayah Indonesia karena iklim tropis. Sebagai rekomendasi, Flame of Irian sangat cocok dijadikan tanaman rambat untuk kanopi rumah karena tanaman ini akan tumbuh menggantung ke bawah. Bentuk bunganya menyerupai kuku dan berwarna jingga.

Petra Volubilis

Petra Volubilis

Petra Volubilis Sumber Gambar : naturalezatropical.com

Di daftarnya selanjutnya ada Petra Volubilis sebagai salah satu tanaman berbunga sepanjang tahun. Ada beberapa varian warna menarik Petra Volubilis yang populer, seperti biru, blue bird vine, purple vine hingga queen’s wreath. Petra Volubilis ialah sejenis tumbuhan merambat yang berasal dari kawasan Amerika Tengah namun tetap tumbuh dengan baik di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia. Dilihat sekilas, Petra Volubilis sangat menyerupai lavender karena sama-sama berwarna ungu dan akan mekar di sepanjang batangnya. Menariknya, sebelum gugur bunga Petra Volubilis mengalami perubahan warna dari ungu menjadi hijau dan gugur.

Dipladenia

Dipladenia

Dipladenia Sumber : google.com

Bagi Anda yang menyukai tanaman bunga merambat yang akan berbunga terus-menerus, maka rekomendasi terbaik ialah memilih bunga Dipladenia. Tanaman cantik ini masih satu keluarga dengan Mandevilla, hanya saja Dipladenia memiliki ukuran daun yang lebih kecil dibandingkan daun Mandevilla. Sekilas, Dipladenia cukup mirip dengan Adenium karena warna bunganya merah cerah. Bagi Anda yang ingin menanamnya, maka pastikan untuk menanam Dipladenia di tempat yang terkena sinar matahari sehingga bisa tumbuh baik dan subur. Selain itu, tanamlah Dipladenia di sekitar pagar besi, tiang atau dinding rumah sehingga bisa merambat dengan mudah. Tertarik memiliki salah satu jenis tanaman berbunga sepanjang tahun?

Tinggalkan pesan "Daftar Tanaman Berbunga Sepanjang Tahun"

Penulis: 
    author