Contoh Limbah Pertanian Beserta Manfaatnya Dalam Kehidupan

Sebelumnya telah dibahas alat pertanian modern. Kali ini  akan dibahas limbah pertanian. Limbah pertanian adalah bagian yang terbuang di sektor pertanian.  Pertanian adalah sektor yang masih luas terhampar di wilayah Indonesia. Banyaknya pembangunan di sektor industri dan pemukiman penduduk belum dapat menggeser sektor pertanian sebagai icon Indonesia yang terkenal dengan negara agraris. Pembangunan pertanian saat ini sudah mencapai pengembangan agribisnis dan agroindustri. Pengembangan itu telah mendorong pertumbuhan sektor pertanian tetap terjadi peningkatan. Begitu juga halnya yang terjadi pada subsektor peternakan. Walaupun saat ini Indonesia tengah menghadapi krisis, peternakan di indonesia masih tetap eksis bahkan menunjukkan peningkatan. Produksi yang meningkat didorong untuk memenuhi permintaan dalam maupun luar negeri disisi lain membuat dampak negatif bagi lingkungan.

contoh-limbah-pertanian-beserta-manfaatnya-dalam-kehidupan

Limbah pertanian yang berupa limbah tanaman merupakan hasil sampingan dari tanaman yang dibudidayakan petani. Dan kaya bahan organik yang bisa dimanfaatkan kembali sebagai  pupuk tanaman itu. Selain itu limbah pertanian juga bisa berupa sisa pestisida. Limbah Pertanian dimaksudkan sebagai bahan yang dibuang di sektor pertanian. Contohnya sabut dan tempurung kelapa,jerami serta dedak padi dan lain lain. Secara garis besar limbah pertanian itu dibagi ke dalam limbah pra dan Saat panen serta limbah pasca panen. Limbah sesudah panen juga bisa terbagi dalam kelompok limbah sebelum diolah dan limbah setelah diolah ataupun limbah industri pertanian.

Contoh Limbah Pertanian

Pemanfaatan limbah untuk pakan ternak merupakan suatu alternative bijaksana dalam usaha memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ternak. Karena penyediaan rumput dan hijauan pakan lainnya sangat terbatas. Limbah yang terbuat dari limbah tanaman pangan seperti jerami, padi, dan lain-lain. Ketersediaan ini sangat dipengaruhi oleh pola pertanian tanaman pangan di suatu tempat. Apabila melimpah secara non-konfensional limbah ini dimanfaatkan. Tapi penggunaan limbah kurang optimal apabila tidak dibantu oleh peran bakteri. Untuk meningkatkan potensi limbah pertanian tersebut yang digunakan sebagai pakan ternak yaitu dengan cara fermentasi menggunakan berbagai macam bakteri. Limbah pertanian yang sebelumnya mempunyai kandungan nutrisi yang kurang optimal. Atau kurang diserap oleh ternak jadi tinggi nutrisi yang terkandung.

Limbah kopi yang digunakan untuk pakan ternak yang berasal dari kulit kopi. Hasil yang diperoleh dari penggunaan limbah kopi ini sangat baik yaitu dapat menghasilkan pertambahan berat badan dari hewan ternak. Kelapa sawit merupakan salah satu bahan pakan yang memiliki potensi sangat tinggi dibandingkan dengan limbah hasil pertanian dan perkebunan lainnya. Akan tetapi, potensi limbah kelapa sawit yang tinggi, ternaya belum banyak dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak. Daun dan pelepah kelapa sawit merupakan salah satu bahan pakan ternak yang memiliki potensi yang cukup tinggi.  Tetapi kedua bahan pakan tersebut belum digunakan secara optimal oleh peternakan sapi. Sebab berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kedua bahan pakan tersebut terdapat lignin yang sangat tinggi dibandingkan dengan jerami padi yang hanya mengandung 13% BK saja.

Pemanfaatan Limbah

Tingginya kadar lignin di dalam pakan akan mengakibatkan jadi rendah palatibilitas nilai gizi serta daya cerna terhadap pakan ternak . Limbah agroindustri banyak terdapat dan beragam dalam jenis di daerah tropis yang jadi sumber utama untuk meningkatkan produktivitas dari ternak. Contoh Limbah pertanian adalah limbah jagung adalah salah satu contoh bahan baku pakan ternak yang tersedia di dalam negeri. Akan tetapi limbah tanaman jagung belum digunakan secara optimal untuk pakan ternak, sebab kualitas yang rendah dan mengandung serat kasar yang tinggi.