Cara Tepat Budidaya Pepaya Agar Hasil Melimpah

631 views

Cara Tepat Budidaya Pepaya Agar Hasil Melimpah. Biji tanaman pepaya dapat ditanam langsung dikebun atau disemai dulu dipersemaian. Seperti telah diketahuitnaman pepaya mimiliki sifat daya regenerasi akar yang kecil. oleh karena itu, menanam biji langsung di kebun merupakan cara yang sesuai dengan sifat tanaman ini.

Cara Tepat Budidaya Pepaya Agar Hasil Melimpah

Cara Tepat Budidaya Pepaya Agar Hasil Melimpah

Dengan melakukan penanaman langsung di lahan maka bibit tidak akan mengalami stagnasi pertumbuhan seperti pada bibit yang dipindah dari persemaian. Selain itu dengan cara penanaman tersebut maka petani tidak perlu melakukan kegiatan pembuatan persemaian, pemindahan semaian, dan penanaman dari persemaian. Hanya pemeliharaan tanaman jadi bertambah.

setiap tanaman muda harus dapat dipelihara satu-persatu. penyiramannya harus dilakukan ke seluruh kebun. bila karena sesuatu hal tanaman mati, maka perlu dilakukan penyulaman sehingga mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi tidak seragam.

Pemeliharaan tanaman menjadi tumpang tidih. selain itu, tanaman semaian yang baru tumbuh sangat peka terhadap penyakit layu dan hama tungau.

Baca

Apa Saja Syarat Tumbuh Pepaya

Cara penanaman yang lain, yaitu dengan menyemai biji terlbih dahulu kemudian baru dipindahkan ke kebun. Dalam persemain hanya tanaman yang sehat dan seragam pertumbuhannya saja yang dipilih untuk ditanam di kebun.

Dengan cara ini pemeliharaan tanaman akan lebih mudah dan teratur. untuk area pertanaman yang luas, khususnya di daerah yang bermusim kering 3-4 bukan dan tidak memiliki air irigai, penanaman pepaya sebaiknya dilakukan dengan menyemai biji terlebih dahulu.  (Baca  Memilih Lokasi Budidaya Pepaya Red Lady)

Cara Budidaya Pepaya Agar Hasil Melimpah

Penyemaian Biji Pepaya

Baca Juga

Cara terbaik budidaya benih sayuran Pare Paria

Penyemaian biji pepaya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

a. Penyemaian di lahan

Untuk melakukan penyemaian biji di peremaian maka harus disediakan lahan khusus untuk penyemaian dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Lahan persemaian dicangkul sedalam kira-kira 20 cm lalu digemburkan sampai halus. kemudian lahan diberi pupuk kandang sebanyak 40 kg/m2 lalu diratakan. pupuk kadang yang diberikan harus sudah matang atau layak terlebih dahulu.

 Untuk minghidari siraman hujan lebat, persemaian diberi atap. Biji disemai sedalam 1/2 cm dengan jarak 10 x 10 xm semaian haru disemai setiap hari. biji akan berkecambah 12-14 hari ssetelah tanam.
Saat bibit berumur 2-3 Minggu, Semaian ini dapat dipindahkan ke dalam kantong-kantong plastik.

sebelum digunakan, bagian bawah kantong-kantong plastik tersebut diberi lubang-lubang kecil tempat pembuangan air. selanjutnya kantong plastik diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Pencabutan atau pemindahan bibit semaian tidak boleh dilakukan secara kasar. Bibit harus diangkut beserta tanahnya dengan menggunakan sepotong bambu atau sendok penanam. Pemindahan bibit semaian ke kantong plastik ini dilakukan hanya untuk bibit yang sehat dan seragam pertumbuhannya. Kedalam setiap kantong plstik ditanam tiga bibit semaian.

Helaiaan daun yang tua dari bibit antara 2-3 helai dipotong dengan gunting dengan tujuan untuk mengurangi penguapan. Bibit tersebut diletakkan di tempat yang cukup lembap, tetapi harus cukup mendapat sinar matahari. Pada umur 40-50 hari tinggi tanaman berkisar antar 15-25 cm dan dapat dipindahkan ke kebun.

Cara  Budidaya Pepaya

b. Penyemaian di polibag atau kantung plastik berukuran tinggi 20cm dan lebar 15 cm.

Cara penyemaian ini adalah dengan menanam biji didalam kantong-kantong plastik. caranya sama seperti yang telah ditrangkan diatas. dalam penyemaian ini ke dalam setiap kantong plastik dan efisien, tapi kadang-kadang pertumbuhan bibit tidak sergam. Waktu dan cara pemindahan bibit ke kebun sama seperti diatas.

Baca

Buah Tin dan Sejuta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Semoga dengan artikel Cara Tepat Budidaya Pepaya Agar Hasil Melimpah membuat anda jadi lebih terbantu