Cara Sukses Merawat Jambu Madu Deli Super Manis

922 views

Kebun.net – Selain populer dengan buah durian yang tiada tanding, Sumatera Utara ternyata mempunyai potensi lain dari hasil perkebunan nya yaitu jambu madu deli. Mungkin sebagian dari Anda telah akrab mendengar nama buah ini. Untuk, buah ini merupakan buah yang lagi populer di Sumatera Utara dan termasuk produk buah unggul. Yang sekarang telah merambah ke wilayah lain di Indonesia. Berbeda pada buah jambu air pada umumnya, jambu madu deli mempunyai ukuran yang sangat besar. Kelebihan jambu air ini yaitu mempunyai rasa yang sangat manis semanis madu. Jadi ya tidak heran jika jambu ini mendapat julukan sebagai jambu madu.

Dari permasalahan gagalnya berkebun jambu madu, ternyata ada sekitar 80% tanaman bibit yaitu yang berasal dari kualitas yang tak terjamin dengan perawatan yang minim. Sampai pada saat jambu madu sudah siap berbuah, banyak bunga jambu yang berguguran serta rontok setelah beberapa minggu jadi buah muda. Untuk itu bila Anda berniat menanam jambu madu ini di rumah atau kebun. Seharusnya Anda berhati-hati saat memilih bibit agar pada saat berbuah kelak Anda tidak akan memperoleh hasil yang mengecewakan. Seperti halnya rasa jenis jambu air yang asam, warnanya tidak hijau, warna buah putih bahkan bentuk jambunya jadi ceper.

 

Tekhnik Merawat Jambu Madu Deli

Merawat jambu madu deli sebetulnya tidak sulit, selama Anda menyempatkan waktu paling tidak 2 jam setiap hari. Bisa dipastikan jambu madu Anda dapat berbuah sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu media tanam jambu madu juga tak memerlukan ruang yang besar. Pada halaman rumah sendiri pun dapat digunakan untuk berkebun jambu madu dengan cara Tabulapot. Untuk memperoleh buah yang berkualitas bagus, pemilihan bibit merupakan hal utama yang harus dilakukan. Anda harus pintar dalam memilih bibit jambu madu dengan kualitas baik. Jika di Langkat, Sumatera Utara, bibit jambu madu kualitas bagus dapat dengan mudah Anda temui, jadi disarankan Anda mendatangkan bibit jambu madu dari sana.

Baca juga:
Jenis Jambu Air Paling Baik Untuk Dibudidayakan
Karakteristik Dan Manfaat Jambu Mawar Si Wangi Kraton

Bagaimana Caranya Tanaman di Pot dapat Berbuah Lebat???

Menanam jambu madu bisa dilakukan dengan teknik tabulapot, dan ini merupakan langkah terbaik yang dilakukan oleh pekebun jambu madu di Lankat. Kelebihan dari cara ini adalah Anda tidak membutuhkan lahan yang luas. Pohon yang diperoleh lebih pendek, lebih mudah dalam perawatan hariannya dan juga lebih memudahkan pada saat pemanenan. Setiap pohon jambu madu yang ditanam, dikasih jarak sekitar 2,5 sampai 3,0 meter. Supaya pertumbuhan pohon tidak saling mengganggu. Lakukan penyiraman pohon pada pagi serta sore hari. Tapi bila cuaca sangat panas maka intensitas penyiraman dapat ditambah menjadi 3-4 kali setiap hari. Penyiraman bisa menggunakan teknik manual atau melalui irigasi tetes ataupun dengan kran otomatis.

Mencangkok pohon jambu

Pemupukan bisa dilakukan 1 kali seminggu dengan campuran pupuk NPK serta pupuk kandang. Tapi jangan sampai terkena batang pangkal. Akan tetapi apabila sedang berbuah maka intensitas pemberian pupuk bisa ditambah menjadi 2x dalam seminggu. Untuk mendapatkan buah yang memiliki kualitas bagus, penanganan terhadap hama juga perlu dibutuhkan. Salah satu cara yang paling ampuh yaitu dengan memasang kelambu untuk menghindari serangga perusak, misalnya burung dan sebagainya. Selain itu dapat juga dengan cara membungkus buah jambu madu dengan plastik yang sebelumnya sudah dilapisi dengan koran. Tujuannya untuk mencegah ulat serta serangga perusak buah lainnya.

 

Harga Jambu Madu di Pasaran

Dari segi bisnis, menanam jambu madu memanglah begitu menguntungkan. Ini sudah terbukti dari tingginya minat pasar akan buah jambu yang mempunyai rasa super manis ini. Harga tiap kilo jambu madu hijau dengan rata-rata 5 sampai 7 buah di bandrol lumayan mahal. Yaitu berkisar antara Rp 30.000 sampai Rp 60.000 tergantung dengan kualitasnya. Bahkan harganya bisa meningkat tajam waktu masuk ke pasar-pasar modern seperti Swalayan ataupun Supermarket. Tapi bila dilihat dari segi ekonomisnya, pangsa pasar untuk jambu madu deli ini masih begitu besar.