Cara Merawat Tanaman Hias Di Pot Agar Subur

1371 views

Cara Merawat Tanaman Hias Di Pot Agar Subur. Jika anda sedang menanam sesuatu, maka hal yang paling penting bahkan wajib untuk anda ketahui adalah cara merawat tanaman hias. Ada banyak tanaman memang yang bisa ditanam dan salah satu tanaman yang banyak ditanam adalah tanaman hias.

Tanaman hias ini memiliki fungsi untuk memperindah ruangan atau biasa juga disimpan di depan rumah. Keindahan tanaman bisa mempercantik rumah anda, bahkan bisa memberikan sensasi fresh ketika anda melihatnya. Namun pastinya, seperti disebutkan diatas, anda harus mengetahui dengan baik cara merawat tanaman hias tersebut agar tumbuh subur dan tidak mati.

Cara Merawat tanaman hias pada pot sendiri memiliki aturan-aturan tertentu dan tidak asal-asalan, Sebenarnya cara merawatnya pun tidak sulit hanya saja harus memiliki ketelatenan yang cukup agar tanaman yang kita tanam dan rawat tetap tumbuh dengan baik dan benar.

Tanaman juga butuh perawatan agar selalu tumbuh dengan segar. Dalam merawat tanaman buah dalam pot harus memerhatikan beberapa faktor. Seperti penyiraman di musim kemarau sangat diperlukan. Karena jika memakai air PAM, yang biasanya mengandung kaporit, sebaiknya endapkan dulu semalam dan esoknya baru disiramkan.Usahakan benar-benar jangan sampai air siraman menggenang lebih dari 12 jam.

Tanaman sangat tergantung pada penyiraman, khususnya tanaman dalam pot. Apabila penyiraman terlambat, maka tanaman akan cepat layu dan akhirnya mati karena penguapan dari sel-sel di dalam tanaman. Sedangkan jika kelebihan penyiraman akan tidak baik juga, karena dapat menyebabkan akar tidak dapat bernapas dan menjadi busuk.

Berbeda halnya apabila kita menanam tanaman langsung di tanah terbuka, meskipun kekurangan air masih dapat bertahan sebab dalam tanah masih banyak cadangan makanan dan air.

cara-merawat-tanaman-hias-di-pot-agar-subur

Cara Merawat Tanaman Hias Di Pot

Mempercantik rumah mungkin menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap orang agar tetap memiliki rasa nyaman untuk tinggalatau menetap di rumah. Hal ini penting dilakukan karena rumah merupakan tempat kita untuk beristirahat dari aktivitas kerja harian.

Salah satu cara yang paling banyak dilakukan untuk mempercantik rumah adalah dengan menanam tanaman di taman atau kebun di rumah agar rumah tampak lebih hijau sehingga akan mendatangkan suasana yang sejuk dan tenang.

Menanam pohon ditaman atau kebun rumah mungkin menjadi pilihan utama, dikarenakan seperti yang sudah banyak kita ketahui bersama bahwa pohon merupakan sumber oksigen bagi kita.

Namun, bagaimana jika taman atau kebun kita hanya merupakan area yang sempit atau terbatas? kita pastinya tidak bisa menanam pohon yang mungkin ukurannya cukup besar. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa alternatif mulai dari menggunakan media polybag, pot, atau bahkan saat ini sudah bisa menggunakan media tanam yang terbuat dari air.

Pilih Tanaman Terbaik

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah masalah tanaman yang akan anda tanam tersebut dan menjadi bagian pertama dalam cara merawat tanaman hias. Seperti kita tahu bahwa ada banyak sekali tanaman termasuk tanaman hias yang bisa kita tanam, namun pastinya jangan asal pilih. Pada umumnya, tanaman hias yang biasa ditanam adalah tanaman bunga tertentu karena ini biasanya menghasilkan bunga yang bisa menambah keindahan pada saat melihatnya.

Pilih Media Tanam

Selanjutnya, media tanam juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena media tanam ini memberikan pengaruh yang kuat terhadap kesuburan tanaman yang anda tanam nanti. Media tanam pada umumnya biasa dilakukan dalam dua media yakni tanah secara langsung dan atau menggunakan pot. Pada umumnya, untuk jenis tanaman hias akan lebih baik jika ditanam menggunakan media tanah di dalam pot.

Perhatikan Pupuk

Pupuk bisa menjadi hal penting juga yang mempengaruhi pada tingkat kesuburan tanaman hias. Sebaiknya penggunaan pupuk dilakukan dengan dua cara yakni dengan menggunakan pupuk dasar dan juga pupuk tambahan. Pupuk dasar sebaiknya menggunakan pupuk organik yang kemudian dicampur dengan tanah. Selanjutnya, untuk pupuk tambahan, anda bisa menggunakan pupuk kimia namun gunakan yang sesuai dan tidak terlalu banyak.

Siram secara Teratur

Tanaman layaknya manusia yang memerlukan air. Jika tanaman kekurangan air, maka akan kering dan layu. Oleh karenanya, sebaiknya anda menyiramnya secara teratur karena jika tidak maka tanaman anda bisa membuat tanaman anda mati. Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman adalah pada waktu sore hari dan juga pada pagi hari. Dengan siraman yang baik dan teratur, maka dapat dipastikan tanaman anda akan subur.

Rawat Secara Detail

Selanjutnya, anda perlu merawatnya secara detail termasuk membersihkan ranting yang kering atau membersihkan tanaman lain yang ada di dekat tanaman hias tersebut. Akan lebih baik dibiarkan tanaman hias anda tumbuh sendiri dan jangan biarkan ada tanaman lain yang menghinggapinya dengan seksama dan ini menjadi bagian penting dari merawat tanaman hias.

cara-menanam-tanaman-hias-dalam-pot

Cara Menanam Tanaman Hias Dalam Pot

Kebanyakan tanaman yang dapat ditanam pada media atau lahan yang terbatas adalah tanaman hias. Selain memiliki banyak manfaat juga dapat mempercantik tampilan rumah anda. Nah, pada artikel kali ini akan membahas mengenai Cara menanam dan cara merawat tanaman hias dalam pot secara benar.

Ada beberapa tahapan penting yang anda harus lakukan sebelum memulai menanam tanaman hias dalam pot, berikut ulasannya:

  1. Langkah pertama, anda harus menyediakan medianya tentunya yakni sebuah pot. Baiknya periksa apakah dibawah pot sudah terdapat sebuah lubang untuk drainase, jika belum sebaiknya anda lubangi. Lubang tersebut berfungsi sebagai saluran air, sebaiknya anda beri 3-5 lubang. Selain itu perhatikan pula ukuran potnya, ukuran pot harus sesuai dengan jenis dan ukuran tanaman.
  2. Setelah itu berikan batu kerikil, kemudian lapisi dengan ijuk.
  3. Setelah diberi ijuk dan kerikil, masukkan media tanamnya sekitar 1/3 dari pot, media tanam baiknya merupakan campuran tanah, pupuk kompos dan pasir.
  4. Setelah itu masukkan tanaman yang ingin di tanam.
  5. Setelah tanaman masuk ke dalam pot, tutup dengan media tanam yang tersisa dan padatkan. Usahakan untuk tidak mengisi pot sampai penuh. Beri sedikitnya sisa 2 cm agar saat disiram air tidak meluber. Jangan lupa bersihkan kotoran-kotoran yang menempel di dinding luar pot agar tanaman dalam pot terlihat lebih cantik.
  6. Selain pemilihan pot yang benar dan tepat, hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah penempatan posisi pot. Beberapa jenis tanaman hias harus mendapatkan asupan cahaya matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik, oleh karenanya letakkan pot pada posisi yang tepat.

Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur Dengan Baik

Untuk kaum hawa terutama ibu rumah-tangga menjaga tanaman hias yaitu hal yang mengasyikkan. Serta bisa memperindah perkarangan rumah maupun ruang dalam rumah.Nah, dalam artikel ini kami bakal memberi panduan perihal langkah menanam serta menjaga tanaman hias.

Mempunyai tanaman yang cantik, anggun serta menarik dipandang yaitu hal yang di berharap dari tanaman hias sebagai penghias ruang ataupun pekarangan rumah. Oleh karenanya butuh penanaman serta perawatan yang benar supaya tanaman bisa tumbuh dengan sehat.

Tanaman hias dapat kita rawat lewat cara yang baik, dimana ada langkah yang pas untuk menjaga supaya tanaman itu tak rusak serta terserang hama. Dibawah ini yaitu langkah untuk menjaga tanaman hias

Peletakan tanaman

Anda bisa menaman tanaman hias pada taman anda langsung ataupun pada media pot. Bila anda pilih menanam tanaman hias pada pot jadi pastikan ukuran yang sesuai sama tanaman serta ruang peletakan tanaman.

Penanaman

Media tanam tanaman hias bisa berlainan bergantung type tanaman yang bakal kita tanam. Umumnya karakteristik media tanam mesti lembab, kering ataupun kombinasi keduanya. Untuk tanaman hias dengan karakteristik kelembapan pakai ½ tanah serta ½ pupuk kompos.

Untuk type kering pakai ½ pasir serta ½ pupuk kompos. Serta untuk type kombinasi pakai ke tiga unsur tanah, pasir serta pupuk dalam pot tanaman anda. Langkah pamungkas yaitu memasukan tanaman pada media tanam.

Perawatan

Perawatan tanaman hias mesti dengan cara intensif serta berkala supaya tanaman senantiasa tampak sehat serta indah selama saat. Tersebut disini cara-cara menjaga tanaman hias yang butuh dikerjakan, yakni :

  • Pemangkasan, supaya tanaman tampak rapi serta terbentuk sesuai sama yang kita berharap jadi memerlukan pemangkasan.
  • Pemupukan, tanaman membutuhkan beragam unsur hara (nutrisi) supaya bisa tumbuh serta berkembang. Pada intinya tanah mempunyai unsur itu, tetapi jumlahnya bisa tidak sama bergantung keadaan ruang tanah. Oleh karena itu dibutuhkan pemupukan supaya nutrisi pada tanaman bisa tercukupi.
  • Penyiraman, air adalah unsur utama untuk sistem metabolik pada tanaman. Air juga berperan sebagai penggembur tanah supaya mempermudah akar dalam mengambil unsur hara dalam tanah. Penyiraman juga dikerjakan di bagian tanaman sebagaimana batang serta daun untuk kurangi tingkat penguapan lantaran sinar matahari.
  • Pergantian pot, jika keadaan pot telah mulai rusak ataupun mulai sesak lantaran akar tanaman jadi butuh pergantian pot. Ini mempunyai tujuan supaya tanaman tampak rapi serta tak menghalangi perkembangan tanaman.

Perawatan tanaman bisa tidak sama bergantung type tanaman serta cuaca. Oleh karenanya butuh di ketahui type ciri-ciri dari tanaman hias anda. Tanaman hias ada yang sukai terserang cahaya matahari langsung sebagaimana mawar membutuhkan cahaya matahari penuh, tetapi ada pula yang tak sukai terlampau kerap terserang sinar matahari atau teduh, misal tanaman hias yang sukai teduh yaitu anthurium.

Oleh karenanya, pastikan tanaman hias yang gampang dalam perawatannya. Misal tanaman hias yang gampang untuk dirawat sebagaimana : kembang kertas, kembang sepatu, melati, kenanga serta masih banyak yang lain.

hama-dan-penyakit-tanaman-hias

Hama dan Penyakit Tanaman Hias

Hama dan Penyakit Hama : kutu daun, ulat, thrips, lalat putih, dan jamur

  • Ulat, tanda-tandanya daun berlubang dan banyak kotoran ulat disekitarnya. Cara mengatasinya, musnahkan ulat dan bersihkan tanaman dari gulma-gulma yang dapat mengundang ulat.
  • Kutu Daun, tanda-tandanya tanaman menjadi kerdil, daunnya kering atau menggulung, daun dan batangnya lemah. Cara mengatasinya, singkirkan tanaman supaya tidak menyerang tanaman lain, bersihkan daunnya dengan air hangat seminggu sekali dan semprot dengan obat yang sesuai dengan jenis tanaman dan takaran.
  • Thrips, tanda-tandanya tanaman akan mengalami kegagalan dalam membentuk bunga dan akhirnya rontok, bercak-bercak pada daun, serta daun melepuh kemudian rontok. Cara mengatasinya, tanaman bersihkan dengan air hangat, kemudian semprot daerah yang terkena hama dengan dengan obat yang sesuai dengan jenisnya seminggu sekali.
  • Lalat Putih, tanda-tandanya permukaan baigian tas dan belakang menjadi hitam dan terdapat kerumunan semut. Lalat ini meletakan telurnya diprtmukaan bawah daun. Cara mengatasinya, semut dimusnahkan, kemudian tanaman dibersihkan dengan air sabun atau air hangat dan disemprot dengan obat yang sesuai.
  • Jamur, tanda-tandanya tanaman kelihatan layu, mahkota rontok, pucuk daun keriting, serta tangkai dan akar membusuk. Cara mengatasinya, bagian-bagian yang rusak dibuang, kemudian media tanam diganti dengan komposisi yang tepat, dan disemprot dengan obat yang sesuai dengan dengan tanaman.

Kelebihan Dan Kekurangan Budidaya Tanaman Hias Dalam Pot

Semua jenis tanaman itu bisa anda tanam dengan mudah dalam pot, dan tentunya anda juga harus memperhatikan kesesuain tanaman dengan potnya, terdapat beberapa kelebihan membudidayakan tanaman dalam pot, diantaranya yaitu:

  • Sebagai solusi terbaik ketika anda tidak memiliki lahan untuk menanam.
  • Dapat membuat suasana rumah menjadi lebih indah dan rapih, tentu dengan penempatan pot yang sesuai, seperti diletakkan secara rapih di halaman rumah, teras rumah, di sudut ruangan, di atas meja,  atau tempat lainnya.
  • Pot bisa dipindahkan sesuai keinginan, terutama ketika anda ingin mencoba suasana baru.
  • Dengan memilih jenis pot yang cantik, maka dapat mempercantik tanaman.

Selain itu, adapun kekurangan menanam tanaman di dalam pot, namun, hal ini tidak akan menjadi hambatan bagi anda yang ingin bertanam, diantaranya yaitu:

  • Pertumbuhan tanaman di dalam pot lebih lambat, karena diameter pot yang tetap sehingga tidak sesuai dengan pertumbuhan akar tanaman yang semakin membesar. Untuk itu, sebaiknya anda perlu memilih pot yang sesuai dengan ukuran tanaman.
  • Perawatannya yang mungkin agak merepotkan, karena tanaman pot yang ditaruh di dalam ruangan, sebaiknya dikeluarkan untuk mendapat cahaya matahari selama 2-3 jam, sehingga tidak menghambat pertumbuhannya.
  • Anda harus selalu membersihkan pot sebelum memasukkannya ke dalam ruangan, dan usahakan agar bagian bawah pot tidak basah. Untuk itu, anda bisa menggunakan alas untuk pot tersebut, terutama pot yang ditaruh di atas meja.

Tips Praktis Memelihara Tanaman Hias Dalam Pot

Banyak orang yang menanam tanaman hias dalam pot hanya bersemangat di awalnya saja, ketika mulai menanamnya saja. Satu bulan dua bulan masih dipelihara. Tapi selanjutnya, dibiarkan. Padahal itu merupakan tindakan yang termasuk menyiksa tanaman.Kita tahu ruang dalam pot itu terbatas, tidak sebebas seperti ditanam langsung di tanah. Untuk itu,  yang perlu kita lakukan adalah dengan mempraktekan tips praktis memelihara tanaman hias ini.

Banyak orang yang hanya bersemangat ketika mulai menanam tanaman hias itu saja . Selanjutnya tanaman dibiarkan tumbuh sendiri tanpa sentuhan apa-apa. Sungguh disayangkan, karena bisa mengakibatkan tanaman jadi merana, bahkan mati pelan-pelan. Maka, kita harus tetap menjaga semangat untuk memelihara tanaman hias dalam pot itu secara rutin.Artinya, setiap saat yang diperlukan, tanaman hias itu harus mendapat perlakuan khusus.

Lakukan tips ini di waktu senggang kita:

  • Lihat dan amati tanaman hias dalam pot milik kita itu. Bila kelihatan pertumbuhannya bagus, tentu kita tidak harus melakukan apa-apa untuk sementara waktu, kecuali sudah saatnya memberi perlakuan khusus yang telah dijadwalkan.
  • Lakukan tindakan bila dilihat ada sesuatu masalah pada daun, batang atau bunga tanaman hias dalam pot itu.Maksudnya, bila ada hama atau penyakit yang menyerang tanaman hias itu, segera lakukan tindakan untuk memberantasnya.