Cara Merawat Bunga Kamboja Jepang Agar Tetap Subur

295 views

Membuat Adenium atau biasa disebut Kamboja Jepang rajin berbunga. Banyak orang mengenalnya mawar gurun, dilihat dari namanya, jika tanaman hias berbunga yang satu ini memiliki ketahanan jika kekurangan air. Memang, kamboja mempunyai habitat asli di gurun. Yang aslinya berdaerah kering. Meskipun adenium tergolong tanaman yang cocok kering. Namun suplai air yang cukup masih diperlukan. Hal ini agar memberikan kesegaran dan daya tahan pada bungannya. Adenium memerlukan pencahayaan sinar matahari yang penuh. Dengan media tanam yang diperlukan adalayaitu media yang porous, media yang tak banyak menyimpan air. Media pasir sangat cocok untuk kamboja, sesuai karakteristik gurun. Untuk Pasir malang dapat dicampur cocopit atau arang sekam.

cara-merawat-bunga-kamboja-jepang-agar-tetap-subur

Keindahan motif dan ragam warna bunga adenium, yang menjadi daya tarik para penggemar. Dengan bunga serempak serta  tahan lama membuat adenium idaman. Adenium sesungguhnya adalah tanaman hias yang mudah berbunga. Ada beberapa penggemar adeniumnya susah berbunga. Memang, sebenarnya jika dibiarkan adenium akan berbunga. Tapi hanya sedikit saja bunganya . Bukan itu yang diinginkan serta di idamkan. Membuat adenium berbunga serempak, tahan lama serta rajin berbunga, itulah yang diharapkan oleh pecinta kamboja. Ada trik sederhana untuk mendapatkan tujuan tersebut. Namun harus dilakukan dengan tepat, agar memperoleh hasil yang baik pula.

Tekhnik Puasa Air

Tujuan teknik ini sesungguhnya untuk merontokkan daun. Dan untuk merangsang tumbuhnya tunas baru. Dengan munculnya tunas baru akan bersamaan keluarnya kuncup bunga kamboja. Dengan langkah ini akan keluar bunga dengan cara serempak dan tanaman adenium tersebut juga akan rajin berbunga. Biasanya bisa 3 – 4 kali dalam satu tahun. Langkahnya sederhana, adenium tidak disiram air selama satu minggu. Setelah puasa selama se minggu tanaman tersebut disiram dengan larutan pupuk NPK berkalium tinggi yang perbandingan N-P-K : 10:10:55 atau juga  6:30:30. Dosis sesuai yang dianjurkan dari pabrik pupuk yang digunakan. Setelah itu gunakan teknik ini lagi selama seminggu. Kemudian disiram lagi dengan pupuk NPK yang kalium tinggi.

Bila kuncup bunga belum juga keluar, perlakuan puasa-siram ulanglah terus sampai kuncup bunganya keluar. Biasanya setelah perlakuan 2x puasa-siram, kuncup bunga telah keluar. Kemudian tinggal merawat supaya bunga tahan lama. Untuk bikin bunga tahan lama, perawatan harus dilakukan. Pola penyiraman serta pemupukan sangat penting pada hal ini. Supaya kebutuhan hara masih tepenuhi. Frekuensi penyiraman dilakukan 2 hari sekali. Melakukan pemupukan seminggu sekali dengan NPK yang komposisinya berbeda dengan diroling.Bila minggu pertama dengan pupuk tinggi N, minggu selanjutnya dipupuk dengan kandungan N yang rendah. Sampai akan dihasilkan tanaman adenium yang bunganya bagus, juga daun yang sehat serta segar.

Cara Merawat Bunga Kamboja

Tidak hanya rajin dalam berbunga, beberapa penggemar menginginkan adenium tumpuknya berbunga sepanjang musim.  Persiapkan plastik hitam ataupun plastik bening sebagai penutup media tanam serta tali plastik. Plastik ditutupkan di media tanam, lalu ikat agar air tidak masuk pada media tersebut. Sungkup selama 1 sampai 2 minggu dan letakkan di tempat yang teduh dan jangan pernah disiram. Ini dilakukan sampai tanah benar benar kering. Berikutnya, buka sungkup tersebut dan siram tanaman seperti biasa atau dua kali dalam seminggu.

Usahakan pot tidak langsung menyentuh lantai . Anda bisa berikan ganjalan agar air lebih cepat turun ke bawah.  Letakkan tanaman di tempat yang teduh tapi tetap dapat mendapatkan sinar matahari, sampai muncul calon bunganya. Hindarkan dari kucuran air hujan dengan  langsung sebab dapat menyebabkan bunga yang sudah mulai muncul jadi rontok semua