Cara Menanam Tanaman Tomat

1 comment 246 views

Kebun.net – Tomat adalah salah satu jenis sayuran yang sudah sangat terkenal dan juga banyak sekali digunakan untuk bahan baku masakan. Cara menanam tomat agar bisa berbuah disepanjang tahun memang terbilang cukup mudah sekali. Apalagi bila Anda menanam dengan menggunakan metode hidroponik. Nah, apakah Anda ingin tahu bagaimana cara menanam tanaman tomat dengan cara hindroponik? Jika iya, silakan simak beberapa ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara menanam tanaman tomat

Langkah yang pertama untuk menanam tanaman tomat dengan metode hidroponik ini adalah dengan memilih benih tomat. Tomat yang dapat Anda pilih adalah tomat yang bagus, bisa juga dengan cara mendapatkannya di toko pertanian atau pun lewat online. Sangat dianjurkan sekali untuk memilih benih tomat unggul dengan kualitas yang sangat baik. Lalu, benih tomatnya disemai, direkomendasikan untuk memakai media tanam rockwool sebab mudah sekali proses pemindahannya. Pertamanya, rockwool dipotong kotak dengan bentuk dadu, lalu rendamlah dengan air yang sudah diberi nutrisi, langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan benih tomatnya ke dalam rockwool.

Baca juga:
Tekhnik Budidaya Tomat Cherry Agar Cepat Berbuah
Tomat Buah atau Sayur? Ini Jawabannya
Cara Pemberian Pupuk CABAI, TOMAT DAN TERONG yang benar

Tempatkan saja bibit pada tempat yang teduh sampai tumbuh kecambah, lalu biarkan hingga mempunyai daun sejati sejumlah 4 hingga 6 daun, kemudian pindah ke tempat yang lebih besar lagi supaya pertumbuhannya tidak terhambat. Tanaman tomat yang sudah tumbuh daunnya ini sejatinya Anda pindahkan ke wadah pot atau pun botol plastik. Yang harus Anda perhatikan di sini adalah usahakan akar tanamannya tidak sampai terendam seluruhnya, beri jarak antara akar dan air nutrisi, supaya akarnya bisa mendapat oksigen.

Selanjutnya adalah proses pembesaran tanaman dengan cara hidroponik. Caranya sangat sederhana, yakni dengan menggunakan sistem wick. Anda hanya perlu memakai wadah yang sesuai lalu tambahkan dengan media tanam contohnya saja hidroton atau pun kerikil. Apalagi tanaman tomat hidroponik ini bertambah besar, maka Anda bisa menggunakan sulur untuk membantu batang tanamannya, supaya tetap tegak berdiri. Pakai nutrisi hidroponik khusus untuk tanaman yang ditanam secara hidroponik.

Itulah sedikit informasi yang dapat kami bagikan pada Anda semuanya tentang cara menaman tanaman tomat. Semoga bermanfaat.