Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Flamboyan

443 views

Kebun.net – Bunga Flamboyan adalah salah satu pohon yang memiliki bunga yang cantik dan indah. Pohon ini asalnya dari Madagascar, Afrika serta termasuk pohon besar yang rindang serta memiliki bunga yang indah. Tanaman hias ini dapat memekarkan bunganya pada waktu musim semi serta musim panas. Manfaat dari tanaman pohon flamboyan yang berbentuk seperti payung serta mempunyai bunga dengan warna cerah. Antara lain merah, orange, serta kuning ini dipakai sebagai peneduh. Dan juga sebagai penghias suasana sebab keindahannya. Pohon ini begitu cocok bila di tanam di Indonesia sebab Indonesia mempunyai iklim yang tropis. Di indonesia juga tidak ada musim dinginnya, jadi bunga flamboyan bisa berbunga pada tiap tahunnya di musim panas. Langkah menanam flamboyan juga tidak begitu sulit. Pohon ini juga tidak butuh perawatan yang ekstra.

Bunga flamboyan sering disebut sebagai Royal Flamboyan, ada juga yang memberikan nama pohon api. Nama pohon api dikarenakan di bagian atas pohon dapat tumbuh bunga dengan warna merah seperti merahnya api. Masih adalagi nama lain dari pohon flamboyan ini antara lain royal ponciana. Guna menanam pohon flamboyan ini tidak begitu sulit, cara menanam flamboyan sangat gampang. Biasanya saat akan menanam pohon flamboyan masalah awal yang tampak adalah bagaimana cara membuat biji flamboyan berubah jadi kecambah. Hal ini jadi problem karena biji flamboyan memiliki bentuk yang besar serta tertutup rapat. Bila anda hanya menanamnya dengan cara ditanam biasa saja dipastikan biji flamboyan tidak dapat tumbuh.

Budidaya Bunga Flamboyan

Untuk solusi masalah ini bisa dipecahkan dengan dua cara. Dua langkah ini dapat anda pilih salah satu untuk mulai budidaya bunga flamboyan pada rumah anda. Langkah yang pertama yaitu dengan cara menggosok biji flamboyan dengan amplas dalam waktu beberapa detik di seluruh sisinya. Lalu setelah diamplas direndam dengan air dalam satu malam. Sesudah direndam kulit luar biji dapat mengelupas, lalu langsung tanam biji tersebut pada pot. Anda juga bisa menggunakan langkah yang kedua ialah dengan merendam biji di air hangat kurang lebih 24 jam. Lalu tanamlah pada pot. Kedua langkah ini semuanya bisa dibuktikan serta akan berhasil. Jika berhasil pada pembenihan bunga flamboyan akan tumbuh pada waktu 4 hingga 6 hari. Cara menanam bunga flamboyan pada awal penanaman memanglah sedikit sulit tapi seterusnya akan gampang.

Baca juga:
Cara Menanam Bunga Adenium di Pot
Manfaat Dan Efek Samping Tanaman Bunga Terompet
Ciri-Ciri Bunga Melati Beserta Kasiat Dan Manfaatnya

Cara menanam flamboyan juga perlu memperhatikan pH tanah serta tingkat kelembaban udara. PH tanah yang benar untuk menanam pohon flamboyan ini ialah sekitar 5, 6 hingga 6, 0. Pohon flamboyan ini juga begitu cocok ditanam di daerah dengan iklim tropis. Pohon flamboyan juga bisa tumbuh pada waktu musim kering. Tidak masalah bila ditanam pada daerah yang panas serta asin sebab pohon ini bisa tumbuh dengan pasokan air yang memadai pada waktu musim panas. Yang harus diingat ialah pohon flamboyan tidak dapat tumbuh pada waktu musim dingin serta bersalju. Salju hanya bisa menghambat pertumbuhan budidaya pohon bunga flamboyan. Bahkan bisa membuat akar flamboyan menjadi busuk.

Perawatan Bunga Flamboyan

Pohon flamboyan ini merupakan dalam pohon yang besar, pada tiap tahunnya bisa tumbuh sampai lima meter. Langkah menanam flamboyan begitu mudah serta perawatannya juga mudah. Sebab pohon ini cepat tumbuh besar anda bisa melakukan pemotongan supaya pohon tetap tampak indah. Saat memotong dahan bagian atasnya, anda bisa langsung membentuknya menjadi seperti kanopi besar. Sesudah tumbuh besar pohon ini tidak membutuhkan banyak perawatan dan bisa digunakan untuk berteduh serta juga tempat piknik bersama keluarga. Sebab bentuk pohonnya yang besar juga bisa digunakan untuk membuat rumah pohon.